Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

ANALISIS INDUSTRI DAN PERSAINGAN


1. Analisis Situasi Untuk Pembuatan Strategi
Analisis situasi bertujuan untuk mempertimbangkan keadaan baik situasi
internal perusahaan maupun lingkungan eksternal, yang langsung
mempengaruhi peluang dan pilihan strategi. Analisis industri dan persaingan
menekankan pada pengaruh lingkungan eksternal sedangkan analisis situasi
perusahaan berdasarkan pada pengaruh lingkungan internal. Termasuk dalam
lingkungan eksternal adalah faktor-faktor yang lebih luas di luar perusahaan
seperti situasi politik, hukum, sosial, ekonomi, kependudukan dan lain-lain.
Sedangkan yang tergolong lingkungan internal adalah faktor-faktor yang lebih
sempit dan dekat dengan perusahaan seperti faktor internal perusahaan,
pesaing, suplier, distributor, konsumen dan lain-lain. Industri merupakan suatu

kelompok usaha, dimana produknya mempunyai kesamaan atribut dan bersaing
untuk pembeli yang sama. Persaingan antar perusahaan bank disebut industri
perbankan ; perusahaan motor/mobil disebut industri otomotif dan lain-lain.


Menurut pendapat Certo dan Peter, maka ada tiga peran utama dalam analisis
lingkungan yakni :
1. Policy-Oriented Role
Peran yang dimaksud disini adalah peran analisis yang berorientasi pada
kebijakan manajemen tingkatan atas dan bartujuan untuk memperbaiki
kinerja organisasi dengan memberikan informasi bagi manajemen tingkat
atas tentang kecenderungan utama yang muncul dalam lingkungan.
2. Integrated Strategic Planning Role
Peran ini bartujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi dengan membuat
manajemen tingkat atas dan manajer divisi menyadari segala isu yang terjadi
di lingkungan perusahaan yang memiliki implikasi langsung pada proses
perencanaan.
3. Function-Orinted Role
Peran ini bartujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi dengan
menyediakan informasi lingkungan yang memberi perhatian pada efektivitas
kinerja fungsi organisasi tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar