Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

TOPOLOGI DATA


Menurut Webster’s New World Dictionary, data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap diketahui artinya sesuatu yang sudah terjadi merupakan fakta (bukti), dengan demikian data dianggap mempunyai dua arti:


1.  suatu pernyataan (statement) tentang sesuatu yang sudah terjadi akan tetapi belum diketahui (belum dilaporkan), sering disebut sebagai hipotesis.


2.  suatu pernyataan tentang sesuatu yang belum terjadi, bisa terjadi bisa juga tidak disebut ramalan (forecasting).

Contoh :
·       Seseorang ditanya berapa umurnya, dan menjawab umurnya 40 th à data.
·       Kepala BULOG menganggap bahwa persediaan beras cukup à data

Karena anggapan atau asumsi dapat benar dapat juga salah, maka apabila akan dipergunakan untuk membuat keputusan, anggapan yang berupa hipotesa harus diuji terlebih dahulu dengan jalan mengumpulkan data serta menggunakan criteria tertentu.

Suatu riset sering dilakukan untuk menguji hipotesis atau anggapan yang mungkin benar mungkin juga tidak. Angapan yang salah akan menghasilkan keputusan yang salah.

Data dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan. Data penduduk memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan penduduk misalnya tentang jumlahnya, perkembangannya, pendidikannya, penyebarannya menurut daerah, pendapatan yang menggambarkan standart hidup.

Data merupakan alat bagi pengambil keputusan untuk dasar pembuatan keputusan atau pemecahan persoalan. Keputusan yang baik hanya bisa diperoleh dari pengambil keputusan yang baik (jujur, pandai dan berani membuat keputusan yang obyektif), dimana keputusan tersebut didasarkan atas data yang baik.




Data yang baik ialah data yang bisa dipercaya kebenarannya (reliable), tepat waktu dan mencakup ruang lingkup yang luas atau bisa memberikan gambaran tentang suatu masalah secara menyeluruh.

Data berguna untuk:
1.    mengetahui atau memperoleh gambaran tentang sesuatu keadaan atau persoalan
2.    membuat keputusan atau memecahkan persoalan.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar