Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

DEDUKSI DAN INDUKSI



        Hasil penelitian harus dijelaskan dengan argumen yang dapat diterima. Argumen memungkinkan periset untuk menjelaskan, mengintepretasikan, mempertahankan, menentang dan mencari arti lebih lanjut  (Cooper dan Schindler, 2003).

Dua bentuk proses argumentasi yang digunakan dalam riset adalah deduksi dan induksi.


Pendekatan saintifik menggunakan struktur teori untuk membentuk hipotesis dan kemudian menggunakan fakta atau data empiris untuk menguji hipotesis dan untuk mendapatkan kesimpulan atau konsklusi. Proses mengambil kesimpulan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan data empiris disebut sebagai proses deduksi dan metodenya disebut dengan metode deduktif serta riset yang menguji hipotesis disebut riset deduktif.

Deduksi adalah proses pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisis data. Urutan proses riset dari pendekatan deduktif adalah:
a.          membangun hipotesis berbasis struktur teori
b.          mengumpulkan fakta atau data empiris
c.           menggunakan data untuk menguji hipotesis
d.          mengambil kesimpulan (memeberikan argumen).

Pendekatan naturalis menggunakan data untuk mengambil kesimpulan tanpa menggunakan hipotesis (let the data speak for themselves). Pada pendekatan ini jika hipotesis harus digunakan, umumnya hipotesis dibentuk dari data yang diobservasi dan dikumpulkan terlebih dahulu. Proses pembentukan hipotesis berdasarkan data yang ada dan pengambilan keputusan seperti ini disebut proses induksi dan metodenya disebut metode induktif serta riset disebut riset induktif.

Pendekatan induksi didefinisikan sebagai proses mengambil kesimpulan (atau pembentukan hipotesis) yang didasarkan pada satu atau lebih fakta atau bukti-bukti.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar