Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Hubungan Data dengan Riset


Apa hubungan antara data dan riset?

Riset pada dasarnya adalah usaha mencari data yang akan dipergunakan untuk mengetahui sesuatu atau untuk menguji suatu hipotesa, serta untuk memecahkan suatu persoalan tertentu.  

Data adalah bahan baku riset

Data dapat terbagi menjadi beberapa tingkatan yakni data mentah, data diolah dan data hasil analisa. Data hasil analisa mempunyai peringkat paling tinggi Karena langsung dapat digunakan untuk membuat keputusan.

Menurut sifatnya data terbagi menjadi :

1.  data kualitatif : yaitu data yang tidak berbentuk angka, misalnya: Jakarta Fair sepi, keamanan mantap, harga stabil, karyawan bersemangat, penjualan menurun dll

2.  data kuantitatif : yaitu data yang berbentuk angka,
misalnya hara beras Rp 3000/kg, karyawan yang tidak bersemangat hanya 10%, rata-rata gaji/upah karyawan Rp 1.500.000/bulan, produksi padi mencapai 20 juta ton/bulan.


Menurut sumber, data terbagi menjadi:
1.  data internal yaitu data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut.
Misalnya : jumlah karyawan, jumlah modal, jumlah produksi, kebutuhan bahan mentahnya dll.

2.  data external yaitu data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan factor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi.
Misalnya daya beli masyarakat mempengaruhi penjualan perusahaan, bantuan luar negri akan mempengaruhi hasil pembangunan suatu negara dll.


Menurut cara memperolehnya data terbagi menjadi:
1.  data primer yaitu data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi langsung melalui objeknya.
Misalnya Uniliver ingin mengetahui konsumsi margarine blue band langsung menghubungi rumah tangga, BPS untuk memperoleh data harga langsung menghubungi pasar dll

2.  data sekunder : yaitu data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah berupa publikasi. Data sudah dikumpulkan oleh pihak/instansi lain. Misalnya suatu perusahaan (departemen) ingin mengetahui data penduduk, pendapatan nasional, Indeks harga Konsumen dari BPS, data perbankan dari BI, dll


Menurut waktu pengumpulannya, data terbagi menjadi:
1.    Data cross section ialah data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at appoint of time) untuk menggambarkan keadaan & kegiatan pada waktu tersebut.

Analisa yang didasarkan atas data cross section disebut analisa cross section yang sifatnya statis, oleh Karena itu tidak memperhitungkan perubahan–perubahan yang terjadi, yang disebabkan oleh perubahan waktu

2.  Data berkala (time series data) adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan selama periode tersebut.

Misalnya perkembangan uang beredar, perkembangan harga 9 macam bahan pokok , perkembangan penduduk dll.

Menurut kondisi hubungan/ketergantungan dengan variabel lain, data dikelompokkan menjadi
1.    data/variabel terikat : data/variabel yang tergantung pada data variabel lain.

2.    data/variabel bebas: data/variabel yang tidak tergantung pada variabel lain.

Misalanya adalah data hasil penjualan suatu produk tergantung oleh harga, promosi, distribusi dan produk itu sendiri. Data hasil penjualan merupakan variabel terikat sedangkan variabel harga, prpmosi, distribusi dan produk itu sendiri adalah variabel bebas.


Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar