Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Skala Data Penelitian


Data dapat dipisahkan menurut Skala. Skala merupakan suatu prosedur pemberian angka atau symbol lain kepada sejumlah ciri suatu obyek agar dapat menyatakan karakteristik angka pada ciri tersebut.  Berdasarkan skala data dapat dipisahkan menjadi:

1.  Skala Nominal
Skala yang paling sederhana di mana angka yang diberikan kepada suatu kategori tidak menggambarkan kedudukan kategori tersebut terhadap kategori lainnya tetapi hanya sekadar kode atau label.
Contoh :   Jenis kelamin  : 1  = pria   dan  2  = wanita
                Status              : 1  = menikah dan 2 = tidak menikah


2.  Skala Ordinal
Skala ini mengurutkan data dari tingkat paling rendah ke tingkat paling tinggi atau sebaliknya dengan interval yang tidak harus sama.

Contoh ; Nilai ujian 5 mahasiswa diurutkan dari yang paling besar ke yang paling kecil sbb:
3.  Skala Interval
Skala ini mengurutkan obyek berdasarkan suatu atribut yang memberikan informasi tentang interval antara satu obyek dengan obyek lainnya adalah sama.


Contoh: nilai prestasi yang telah ditransfer dalam bentuk huruf A, B, C, D dan E selanjutnya diberi bobot masing-masing 4, 3, 2, 1 dan 0 sehingga interval A dan C sama dengan interval C dan E atau interval A dan B sama dengan interval D dan E. Tetapi ada ciri lain yaitu tidak adanya titik 0. Misalkan jika bobot A = 4 diubah menjadi A = 0 bukan berarti bahwa nilai prestasi B, C, D dan E juga menjadi 0, tetapi dapat berubah menjadi berturut-turut –1, -2,-3 dan –4.

Jika jarak interval pada skala ini tidak diperhatikan, skala ini bertindak sebagai skala ordinal. Jasi skala interval dapat bertindak sebagai skala ordinal dan skala nominal.

4.  Skala Ratio
Skala ini mencakup ketiga skala yang disebutkan di atas ditambah dengan sifat lain yaitu bahwa ukuran ini mempunyai nilai nol. Karena adanya titik 0 inilah maka ukuran rasio dapat dibuat dalam perkalian maupun pembagian. Angka pada skala ini merupakan ukuran yang sebenarnya dari obyek yang diukur.

Contoh Agus Salim dan Budi Wasito adalah dua orang karyawan PT Maju yang masing-masing bergaji Rp 2000.000 dan Rp 5.000.000. Hitungan ukuran rasionya ; gaji Budi Wasito adalah 2,5 kalilipat gaji Agus Salim. Gaji ini mempunyai titik nol (misalnya perusahaan tidak menggaji pegawainya karena bangkrut, artinya kedua karywan bergaji Rp 0).



Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar