Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Peristiwa PRRI di Sumatera



Pemberontakan PRRI muncul sebagai akibat timbulnya pertentangan antara pemerintah pusat dengan beberapa daerah. Pokok permasalahannya berpangkal pada masalah otonomi dan pertimabngan keuangan antara pusat dan daerah yang tidak adil. Pada 9 Februari 1958 dilakukan pertemuan di Sungai Dareh Sumatera Barat. Pertemuan ini dihadiri para panglima pendiri dewan – dewan dan tokoh - tokoh pihak sipil. Mereka memperbincangkan tentang pembentukan pemerintah baru.
Keesokan harinya diadakan rapat raksasa di Padang yang dipimpin oleh Letkol Ahmad Husein yang memutuskan agar Presiden kembali ke kedudukan semula sebagai Presiden Konstitusional. Tapi ultimatum tersebut ditolak, bahkan Ahmad Husein dkk dipecat dari angkatan darat. Suasana bertambah genting tatkala Ahmad Husein mengumumkan berdirinya pemerintah revolusioner Republik Indonesia.
Pemerintah RI menilai gerakan separatis di Sumatera ini tidak boleh dibiarkan berlarut – larut. Gerakan tersebut harus ditumpas dengan kekuatan senjata. Pemerintah lantas membentuk operasi gabungan. Salah satu yang terkenal adalah Operasi Agustus yang dipimpin oleh Kolonel Ahmad Yani.
Dalam waktu singkat operasi ini dapat menumpas perlawanan PRRI pada 29 Mei 1961. Ahmad Husein beserta pasukannya menyerahkan diri dan berakhirlah pemberontakan PRRI.

0 komentar:

Posting Komentar