Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Peristiwa Andi Azis di Makasar



Andi Azis beserta para pengikutnya (bekas pasukan KNIL) melakukan pemberontakan terhadap pemerintah pada tanggal 5 April 1950. Sebelum pemberontakan, Andi Azis beserta anak buahnya telah terima oleh APRIS pada 30 Maret 1950. Ia diangkat sebagai komandan kompi dengan angkat kapten. Pengangkatan tersebut disaksikan oleh Letkol A. Y. Mokoginta.
Beberapa hari setelahnya pada pukul 05.00, Andi Azis beserta pasukannya menyerang maracas TNI di Makasar dan terjadilah pertempuran antara Andi Azis dan TNI. Pasukan TNI dapat dikalahkan dengan mudah karena jumlahnya sedikit. Banyak anggota TNI yang menjadi korban dan tawanan termasuk Mokoginta.
Setelah menguasai Makasar, Andi Azis menuntut agar APRIS diberi kekuasaan untuk menjaga keamanan wilayah Indonesia Timur. Tapi tuntutan tersebut ditolak oleh pemerintah, bahkan pemerintah mengeluarkan ultimatum bahwa Andi Azis harus datang ke Jakarta dan mempertanggungjawabkan perbuatannya dalam tempo 4 x 24 jam. Setelah batas ultimatum terlewati Andi Azis belum juga menyerahkan diri sehingga pemerintah mengirim sejumlah pasukan yang di pimpin oleh Kolonel Alex Kawilarang untuk menumpas gerombolan Andi Azis. Hasilnya pada 15 April 1950 Andi Azis terpaksa menyerahkan diri ke Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar