Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

PENGERTIAN / ARTI ADMINISTRASI


Dari kalangan ilmuwan, ilmu administrasi masih selalu diperselisihkan tentang arti atau namanya. Administrasi dalam bahasa Belanda adalah tata usaha, yaitu segala kegiatan yang meliputi tulis menulis, mengetik, korespondensi, kearsipan dan lain-lain yang berupa pekerjaan kantor.
Kalau diambil dari bahasa Yunani, berasal dari suku kata AD dan Ministrasi yang berarti pengabdian atau service atau pemberian jasa di dalam suatu usaha guna mencapai suatu tujuan. Drs. The Liang Gie mengartikan administrasi ialah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Segi-segi administrasi ada tiga macam, yaitu:
1.      Administrasi dalam arti institusional adalah merupakan kelompok orang yang menjalankan proses kegiatan ke arah tercapainya suatu tujuan bersama.

2.      Administrasi dalam arti fungsional adalah segala kegiatan yang mendahulukan ke arah mencapai suatu tujuan.
3.      Administrasi dalam arti proses adalah segala kegiatan sejak dari rumusan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapai suatu tujuan.
Menurut Drs. The Liang Gie, ilmu administrasi di Indonesia ini dapat diperinci dari dua sudut:
1.      Perincian menurut unsur administrasi.
a.                                                                                                                                                                              Organisasi.
b.                                                                                                                                                                              Management.
c.                                                                                                                                                                               Tata Hubungan.
d.                                                                                                                                                                              Administrasi Kepegawaian.
e.                                                                                                                                                                               Administrasi Keuangan.
f.                                                                                                                                                                                Administrasi Perbekalan.
g.                                                                                                                                                                               Administrasi Perkantoran.
h.                                                                                                                                                                              Administrasi Humas.

2.      Perincian menurut suasana lingkungan serta tujuannya.
a.     Administrasi Negara
Administrasi negara dapat diperinci dalam cabang pengetahuan khusus seperti:
1)      Administrasi tentang pajak
2)      Administrasi tentang pengajaran
3)      Administrasi tentang kesehatan
4)      Administrasi tentang kemiliteran atau administrasi militer
Segala proses dalam penyelenggaraan wewenang untuk kepentingan penduduk dalam suatu negara adalah kegiatan administrasi negara, ada tiga unsur penting dalam suatu administrasi negara, yaitu:
a)      Organisasi
b)      Management
c)      Keuangan
Berorganisasi adalah mengatur suatu usaha dengan jalan bekerja sama di antara sekelompok manusia dalam lingkungan masyarakat.
Maksud berorganisasi di sini adalah:
a)      Menghimpun tenaga sebanyak mungkin menjadi satu kekuatan.
b)      Menghimpun tenaga yang berbakat.
Untuk  bisa berorganisasi dan supaya dapat menjalankan tindakan. Harus mempunyai pegangan hukum yaitu yang tercantum dalam asas-asas yang dijadikan dasar untuk menjalankan atau melakukan pekerjaan sehari-hari.
b.      Administrasi Swasta.
1)      Administrasi perusahaan
2)      Administrasi kemasyarakatan
3)      Yang terdiri dari macam-macam golongan atau partai
4)      Administrasi internasional

c.                               Administrasi Sosial
Contoh: UNESCO, UNO

0 komentar:

Posting Komentar