Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

METODE DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA



A. Kerangka Teoritik dan Pengukuran Construct (Variabel)

Bagaimana variabel diukur ??

Berbagai obyek dapat diukur dengan mudah :
Misalnya :
·       Berapa tinggi badan saudara?
·       Berapa lama saudara telah bekerja?

·       Apa jabatan saudara ?
·       Berapa usia saudara ?
Jawaban pertanyaan diatas : memiliki alat pengukuran yang sesuai dan obyektif.

Bagaiman apabila pertanyaan :
·       Bagaimana perasaan (feelings) anda setelah mengikuti kegiatan ini ?
·       Bagaimana sikap (attitudes) mahasiswa gunadarma terhadap perubahan proses pembelajaran?
·       Bagaimana persepsi (perceptions) mahasiswa terhadap pengajarnya?

Pertanyaan diatas sukar untuk dijawab dan diukur karena bersifat abstrak.

Salah satu cara yang dilakukan adalah mengurangi karakteristik yang abstrak dari konsep-konsep seperti motivasi, keterlibatan (involvement), kepuasan (Satisfactions), perilaku konsumen (consumer behavior) dll.

Misalnya :
Konsep kecenderungan perilaku konsumen dalam pembelian bersifat abstrak. Tetapi kita dapat menduga kecenderungan perilaku tersebut dari apa yang akan dilakukan konsumen.

Misalnya :
·       Apakah konsumen tersebut mengatakan hal-hal positif mengenai produk atau merk kepada orang lain ?

·       Apakah konsumen merekomendasikan produk/merk tersebut kepada orang yang meminta pendapatnya?
·       Apakah mendorong teman-temannya atau kenalannya untuk membeli produk tersebut?
·       Apakah akan tetap memilih produk tersebut apabila harganya dinaikkan?

Dengan demikian kita dapat mengukur kecenderungan pembelian konsumen melalui indikator-indikator tersebut walaupun contruct kecenderungan perilaku konsumen tersebut bersifat abstrak.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar