•
Definisi
•
Manajemen adalah
proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha
para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar
mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner).
•
Manajemen merupakan
ilmu dan seni.
•
Ada 4 fungsi utama
dalam manajemen: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing),
Pengarahan (Actuating/Directing), dan Pengawasan (Controlling)
• Definisi (Lanjutan)
•
Seni dalam
menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
•
Sebuah proses yang
dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta
sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)
•
Seni atau proses
dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan.
(Ernie&Kurniawan, 2005)
• Faktor-faktor dalam Pencapaian Tujuan
•
Adanya penggunaan
sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi
lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam,
sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
•
Adanya proses yang
bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan.
•
Adanya seni dalam
menyelesaikan pekerjaan.
• Sumber Daya Organisasi
• Sumber Daya Manusia
• Sumber Daya Informasi
• Sumber Daya Fisik
• Sumber Daya Keuangan
• Sumber Daya Alam
• dll
• Pengertian Efektif dan Efisien (Drucker)
Efektif :
•
mengerjakan pekerjaan
yang benar
atau tepat
Efisien :
mengerjakan pekerjaan
dengan benar atau tepat
0 komentar:
Posting Komentar