• Perencanaan (Planning)
• Pengorganisasian (Organizing)
• Pengarahan dan pengimplementasian (Directing/Leading)
• Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)
• Fungsi Perencanaan
• proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi
kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang
tepat untuk mewujudkan target dan tujuan
organisasi.
• Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan
• Menetapkan tujuan dan target bisnis
• Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
• Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
• Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan
target bisnis
• Fungsi Pengorganisasian
•
proses yang
menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam
perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh,
sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa
semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna
pencapaian tujuan organisasi
• Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian
•
Mengalokasikan sumber
daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
•
Menetapkan struktur
organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
•
Kegiatan perekrutan,
penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
•
Kegiatan penempatan
sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
• Fungsi Pengarahan dan Implementasi
•
proses implementasi
program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses
memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan
penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
• Kegiatan dalam
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
•
Mengimplementasikan
proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja
agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
•
Memberikan tugas dan
penjelasan rutin mengenai pekerjaan
• Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
• Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
•
proses yang dilakukan
untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,
diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang
diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis
yang dihadapi.
• Kegiatan dalam
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
•
Mengevaluasi
keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator
yang telah ditetapkan
•
Mengambil langkah
klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
•
Melakukan berbagai
alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan
dan target bisnis
Kegiatan dalam
Fungsi-fungsi Manajemen
0 komentar:
Posting Komentar