Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Memotivasi Karyawan


n Motivasi adalah kesediaan melakukan usaha tingkat tinggi guna mencapai sasaran organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan usaha tersebut memuaskan kebutuhan sejumlah individu.

n Kebutuhan adalah keadaan batin yang membuat hasil-hasil tertentu tampak menarik.
n  Teori-Teori Awal Tentang Motivasi
n   Teori Hirarki Kebutuhan Maslow
    Teori Maslow bahwa ada hirarki dari lima kebutuhan manusia: fisik, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri.

n   Teori X dan Teori Y Mcgregor
    Teori X asumsi bahwa para karyawan tak menyukai pekerjaan, malas, menghindari tanggung jawab, dan harus dipaksa bekerja.
    Teori Y asumsi bahwa karyawan kreatif, menikmati pekerjaan, bertanggung jawab, dan dapat berlatih mengarahkan diri.
n   Teori Motivasi Higienis Herzberg
    Teori motivasi yang menyatakan bahwa faktor intrinsik terkait dengan kepuasan dan motivasi kerja, sedangkan faktor ekstrinsik terkait dengan ketidakpuasan kerja.

n  5 Kebutuhan Hirarki pada Diri Tiap Orang
n  Faktor Higienis adalah faktor yang menghilangkan ketidakpuasan kerja tetapi tidak memotivasi
Motivator adalah faktor yang meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi.
n  Teori Kontemporer Tentang Motivasi
Ø     Teori Tiga Kebutuhan
Ø     Teori Penentuan Sasaran
Ø     Teori Penguatan
Ø     Merancang Pekerjaan yang Memotivasi
Ø     Teori Kesetaraan (Equity Theory)
Ø     Teori Pengharapan
Ø     Memadukan Teori-Teori Kontemporer Mengenai Motivasi

n  Teori Tiga Kebutuhan
Teori yang mengatakan tiga kebutuhan yakni:
n  Kebutuhan akan pencapaian prestas Dorongan untuk unggul, untuk berprestasi menurut serangkaian standar, untuk berusaha keras supaya berhasil.
n  Kebutuhan akan kekuasaan
   Kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dengan cara yang sebenarnya tidak akan mereka lakukan jika tidak dipaksa.
n  Kebutuhan akan afiliasi
   Keinginan akan hubungan antar-pribadi yang bersahabat dan erat.
n  Teori Penentuan Sasaran
Teori penentuan sasaran adalah pendapat bahwa sasaran spesifik (rinci) meningkatkan kinerja dan bahwa sasaran yang sulit, bila diterima, menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada sasaran yang gampang.


Efektivitas diri adalah keyakinan seseorang bahwa ia mampu melaksankan suatu tugas.

n  Teori Penguatan
Teori penguatan mengatakan bahwa perilaku merupakan fungsi dari konsekuensi-konsekuensinya.


Penguat-penguat adalah setiap akibat yang langsung mengikuti suatu tanggapan yang meningkatkan kemungkinan bahwa perilaku tersebut akan diulang.
n  Merancang Pekerjaan yang Memotivasi

q     Perancangan pekerjaan adalah cara penggabungan tugas-tugas untuk membentuk pekerjaan yang lengkap.

q     Jangkauan pekerjaan adalah jumlah tugas yang berbeda-beda yang diperlukan dalam pekerjaan tertentu dan frekwensi pengulangan tugas-tugas itu.
q     Pemekaran pekerjaan adalah perluasan pekerjaan secara horisontal; dengan meningkatkan jangkauan pekerjaan.
q     Pengayaan pekerjaan adalah perluasan pekerjaan secara vertikal dengan menambahkan tanggung jawab perencanaan dan pengevaluasian.
q     Model karakteristik pekerjaan adalah jumlah tugas-tugas yang beraneka ragam yang diperlukan dalam suatu pekerjaan dan frekwensi di mana tugas-tugas ini diulangi.


n  Lima dimensi pekerjaan inti menurut model karakteristik pekerjaan
ж           Keragaman keterampilan
     Tingkat sejauh mana suatu pekerjaan menuntut berbagai macam kegiatan sehingga seorang karyawan dapat menggunakan sejumlah bakat dan keterampilan yang berbeda.
ж           Identitas tugas
     Tingkat sejauh mana pekerjaan menuntut penyelesaian seluruh bagian pekerjaan yang dapat diidentifikasi.
ж           Signifikansi tugas
     Derajat sejauh mana suatu pekerjaan mempunyai dampak berarti terhadap pekerjaan atau orang-orang lain.
ж           Otonomi
     Derajat sejauh mana suatu pekerjaan memberikan kebebasan, kemandirian, dan keleluasaan yang benar kepada seseorang dalam menjadwal dan melaksanakan pekerjaannya.
ж           Umpan balik
     Derajat sejauh mana pelaksanaan kegiatan-kegiatan tugas yang dituntut oleh suatu pekerjaan menyebabkan orang tersebut mendapatkan informasi langsung dan jelas mengenai efektifitas kinerjanya.

n  Tindakan yang disarankan model karakteristik pekerjaan
Ì   Gabungan tugas-tugas.
Ì   Ciptakan unit-unit kerja alami.
Ì   Bentuklah hubungan dengan klien.
Ì   Perluaslah pekerjaan secara vertikal.
Ì   Membuka saluran umpan balik.
n  Teori Kesetaraan (Equity Theory)
Teori kesetaraan adalah teori bahwa karyawan memperbandingkan rasio input-hasil pekerjaannya dengan rasio orang lain yang relevan yang kemudian mengoreksi setiap ketidak-setaraan.

Pembanding adalah orang, sistem, atau diri yang dijadikan rujukan oleh individu untuk memperbandingkan diri mereka sendiri guna menilai kesetaraan.
n  Teori Pengharapan
Tiga variabel teori;
a  Pengharapan atau kaitan usaha-kinerja
a  Instrumentalitas atau kaitan kinerja- imbalan
a  Valensi atau daya tarik imbalan.
n  Persoalan-Persoalan Terbaru di Bidang Motivasi

Р  Memotivasi Angkatan Kerja Yang Beragam
Р  Program Upaya Berdasar Kinerja
    Adalah rancangan kompensasi yang membayar para karyawan berdasarkan pengukuran kinerja.
Р  Manajemen Buku Terbuka
    Adalah pendekatan motivasi di mana laporan keuangan organisasi (“pembukuan keuangan”) dibuka dan disampaikan kepada semua karyawan.
Р  Memotivasi Angkatan Kerja Baru
n  Memotivasi Angkatan Kerja Yang Beragam
Jenis jadwal kerja yang fleksibel;
ÿ   Minggu kerja dipadatkan adalah minggu kerja dimana para karyawan bekerja dengan jam kerja lebih lama per hari tetapi lebih sedikit hari kerjanya per minggu.
ÿ   Jam kerja fleksibel adalah sistem penjadwalan dimana para karyawan diminta bekerja sejumlah jam tertentu per minggu tetapi bebas, mengubah-ubah jam kerja dalam batas-batas tertentu.
ÿ   Berbagi pekerjaan adalah praktik menyuruh dua orang atau lebih berbagi kerja penuh waktu.
ÿ   Telekomuting adalah pendekatan pekerjaan dimana para karyawan bekerja di rumah dan terhubung ke tempat kerja oleh komputer dan modem.
n  Dari Teori ke Praktek: Saran untuk Memotivasi Karyawan
n  Mengakui perbedaan individu
n  Mencocokkan orang dengan pekerjaan
n  Gunakan sasaran
n  Pastikan bahwa sasaran dapat dicapai
n  Individualisasi imbalan
n  Kaitkan imbalan dengan kinerja
n  Periksa kesetaraan pada sistem
n  Jangan mengabaikan uang

0 komentar:

Posting Komentar