n Motivasi adalah kesediaan melakukan
usaha tingkat tinggi guna mencapai sasaran organisasi, yang dikondisikan oleh
kemampuan usaha tersebut memuaskan kebutuhan sejumlah individu.
n Kebutuhan adalah keadaan batin yang
membuat hasil-hasil tertentu tampak menarik.
n Teori-Teori Awal Tentang Motivasi
n Teori Hirarki Kebutuhan Maslow
Teori Maslow
bahwa ada hirarki dari lima kebutuhan manusia: fisik, keamanan, sosial, harga
diri, dan aktualisasi diri.
n Teori X dan Teori Y Mcgregor
Teori X
asumsi bahwa para karyawan tak menyukai pekerjaan, malas, menghindari tanggung
jawab, dan harus dipaksa bekerja.
Teori Y
asumsi bahwa karyawan kreatif, menikmati pekerjaan, bertanggung jawab, dan
dapat berlatih mengarahkan diri.
n Teori Motivasi Higienis Herzberg
Teori
motivasi yang menyatakan bahwa faktor intrinsik terkait dengan kepuasan dan
motivasi kerja, sedangkan faktor ekstrinsik terkait dengan ketidakpuasan kerja.
n 5 Kebutuhan Hirarki pada Diri Tiap
Orang
n Faktor Higienis adalah faktor yang
menghilangkan ketidakpuasan kerja tetapi tidak memotivasi
Motivator adalah faktor yang
meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi.
n Teori Kontemporer Tentang Motivasi
Ø Teori Tiga Kebutuhan
Ø Teori Penentuan Sasaran
Ø Teori Penguatan
Ø Merancang Pekerjaan yang Memotivasi
Ø Teori Kesetaraan (Equity Theory)
Ø Teori Pengharapan
Ø Memadukan Teori-Teori Kontemporer
Mengenai Motivasi
n Teori Tiga Kebutuhan
Teori yang mengatakan tiga kebutuhan yakni:
n Kebutuhan akan pencapaian prestas
Dorongan untuk unggul, untuk berprestasi menurut serangkaian standar, untuk
berusaha keras supaya berhasil.
n Kebutuhan akan kekuasaan
Kebutuhan
untuk membuat orang lain berperilaku dengan cara yang sebenarnya tidak akan
mereka lakukan jika tidak dipaksa.
n Kebutuhan akan afiliasi
Keinginan akan
hubungan antar-pribadi yang bersahabat dan erat.
n Teori Penentuan Sasaran
Teori penentuan sasaran adalah
pendapat bahwa sasaran spesifik (rinci) meningkatkan kinerja dan bahwa sasaran
yang sulit, bila diterima, menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada
sasaran yang gampang.
Efektivitas diri adalah keyakinan
seseorang bahwa ia mampu melaksankan suatu tugas.
n Teori Penguatan
Teori penguatan mengatakan bahwa
perilaku merupakan fungsi dari konsekuensi-konsekuensinya.
Penguat-penguat adalah setiap akibat
yang langsung mengikuti suatu tanggapan yang meningkatkan kemungkinan bahwa
perilaku tersebut akan diulang.
n Merancang Pekerjaan yang Memotivasi
q Perancangan pekerjaan adalah cara
penggabungan tugas-tugas untuk membentuk pekerjaan yang lengkap.
q Jangkauan pekerjaan adalah jumlah
tugas yang berbeda-beda yang diperlukan dalam pekerjaan tertentu dan frekwensi
pengulangan tugas-tugas itu.
q Pemekaran pekerjaan adalah perluasan
pekerjaan secara horisontal; dengan meningkatkan jangkauan pekerjaan.
q Pengayaan pekerjaan adalah perluasan
pekerjaan secara vertikal dengan menambahkan tanggung jawab perencanaan dan
pengevaluasian.
q Model karakteristik pekerjaan adalah
jumlah tugas-tugas yang beraneka ragam yang diperlukan dalam suatu pekerjaan
dan frekwensi di mana tugas-tugas ini diulangi.
n Lima dimensi pekerjaan inti menurut
model karakteristik pekerjaan
ж
Keragaman
keterampilan
Tingkat
sejauh mana suatu pekerjaan menuntut berbagai macam kegiatan sehingga seorang
karyawan dapat menggunakan sejumlah bakat dan keterampilan yang berbeda.
ж
Identitas
tugas
Tingkat
sejauh mana pekerjaan menuntut penyelesaian seluruh bagian pekerjaan yang dapat
diidentifikasi.
ж
Signifikansi
tugas
Derajat
sejauh mana suatu pekerjaan mempunyai dampak berarti terhadap pekerjaan atau
orang-orang lain.
ж
Otonomi
Derajat
sejauh mana suatu pekerjaan memberikan kebebasan, kemandirian, dan keleluasaan
yang benar kepada seseorang dalam menjadwal dan melaksanakan pekerjaannya.
ж
Umpan
balik
Derajat
sejauh mana pelaksanaan kegiatan-kegiatan tugas yang dituntut oleh suatu
pekerjaan menyebabkan orang tersebut mendapatkan informasi langsung dan jelas
mengenai efektifitas kinerjanya.
n Tindakan yang disarankan model
karakteristik pekerjaan
Ì Gabungan tugas-tugas.
Ì Ciptakan unit-unit kerja alami.
Ì Bentuklah hubungan dengan klien.
Ì Perluaslah pekerjaan secara vertikal.
Ì Membuka saluran umpan balik.
n Teori Kesetaraan (Equity Theory)
Teori kesetaraan adalah teori bahwa
karyawan memperbandingkan rasio input-hasil pekerjaannya dengan rasio orang
lain yang relevan yang kemudian mengoreksi setiap ketidak-setaraan.
Pembanding adalah orang, sistem, atau
diri yang dijadikan rujukan oleh individu untuk memperbandingkan diri mereka
sendiri guna menilai kesetaraan.
n Teori Pengharapan
Tiga variabel teori;
a Pengharapan atau kaitan usaha-kinerja
a Instrumentalitas atau kaitan kinerja-
imbalan
a Valensi atau daya tarik imbalan.
n Persoalan-Persoalan Terbaru di Bidang
Motivasi
Ð Memotivasi Angkatan Kerja Yang
Beragam
Ð Program Upaya Berdasar Kinerja
Adalah
rancangan kompensasi yang membayar para karyawan berdasarkan pengukuran
kinerja.
Ð Manajemen Buku Terbuka
Adalah
pendekatan motivasi di mana laporan keuangan organisasi (“pembukuan keuangan”)
dibuka dan disampaikan kepada semua karyawan.
Ð Memotivasi Angkatan Kerja Baru
n Memotivasi Angkatan Kerja Yang
Beragam
Jenis jadwal kerja yang fleksibel;
ÿ Minggu kerja dipadatkan adalah minggu kerja dimana para
karyawan bekerja dengan jam kerja lebih lama per hari tetapi lebih sedikit hari
kerjanya per minggu.
ÿ Jam kerja fleksibel adalah sistem penjadwalan dimana
para karyawan diminta bekerja sejumlah jam tertentu per minggu tetapi bebas,
mengubah-ubah jam kerja dalam batas-batas tertentu.
ÿ Berbagi pekerjaan adalah praktik menyuruh dua orang
atau lebih berbagi kerja penuh waktu.
ÿ Telekomuting adalah pendekatan pekerjaan dimana
para karyawan bekerja di rumah dan terhubung ke tempat kerja oleh komputer dan
modem.
n Dari Teori ke Praktek: Saran untuk
Memotivasi Karyawan
n Mengakui perbedaan individu
n Mencocokkan orang dengan pekerjaan
n Gunakan sasaran
n Pastikan bahwa sasaran dapat dicapai
n Individualisasi imbalan
n Kaitkan imbalan dengan kinerja
n Periksa kesetaraan pada sistem
n Jangan mengabaikan uang
0 komentar:
Posting Komentar