Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Fungsi Sumber Daya Alam



a.) Sumber daya alam sebagai faktor produksi
Bumi sebagai tempat makhluk hidup, luasnya relatif tetap, sedangkan makhluk hidup khusunya manusia, jumlahnya terus meningkat. Peningkatan jumlah manusia diikuti dengan peningkatan kebutuhan, baik dalam jumlah maupun jenis, yang harus dapat dipenuhi dan ini berarti dibutuhkan makin banyak sumber daya alam dan makin banyak pula limbah dari proses produksi maupun proses konsumsi.
Sumber daya modal dan sumber daya manusia sebagai faktor produksi mempunyai peran yang searah dengan pertumbuhan ekonomi, artinya bertambahnya pertumbuhan ekonomi, diikuti dengan bertambahnya sumber daya modal dab sumber daya manusia. Sumber daya alam mempunyai hubungan yang tidak searah dengan laju pertumbuhan ekonomi diikuti oleh menurunnya sumber daya alam.

Dengan kondisi yang demikian, banyak anggapan bahwa faktor sumber daya alam merupakan faktor yang sangat menentukan bagi proses pembangunan ekonomi suatu negara. Negara yang banyak mempunyai sumber daya alam akan mengalami proses pembangunan yang cepat. Misalnya, suatu negara yang tanahnya subur sangat mungkin memiliki tingkat produktivitas pertanian yang tinggi. Tingginya produktivitas pertanian merupakan modal awal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pada tahap perkembangan ekonomi selanjutnya peningkatan produktivitas pertanian akan sangat mempengaruhi perkembangan sektor industri dan jasa.
b.) Sumber daya alam sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan ekonomi yang cepat akan banyak faktor produksi yang diperlukan untuk proses produksi. Semakin banyak faktor produksi yang diperlukan akan mengurangi tersedianya faktor produksi. Menurunnya persediaan faktor produksi modal atau tenaga kerja, relatif lebih mudah diatasi dibandingkan dengan menurunnya faktor produksi sumber daya alam, karena faktor produksi sumber daya alam harus diambil dari tempat persediaan sumber daya alam tersebut. Selain itu, proses terbentuknya sumber daya alam membutuhkan waktu yang sangat panjang.
Tuntutan percepatan pertumbuhan ekonomi, seperti yang terjadi di negara-negara sedang berkembang, menuntut semakin banyak pula sumber daya alam yang diambil dan semakin sedikit jumlah persediaan sumber daya alam tersebut. Dengan demikian ada hubungan yang positif antara jumlah dan kualitas sumber daya alam dengan pertumbuhan ekonomi, tetapi sebaliknya ada hubungan yang negatif antara pertumbuhan ekonomi dan persediaan sumber daya alam di dalam bumi.
Pertumbuhan ekonomi selain mengurangi persediaan sumber daya alam, mempunyai dampak negatif juga terhadap lingkungan, karena percepatan pertumbuhan ekonomi biasanya diikuti dengan peningkatan sektor industri. Dengan meningkatnya sektor industri tingkat pencemaran terhadap lingkungan akibat limbah proses produksi juga meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar