Seberapa baik strategi yang sedang dijalankan? Apa kekuatan,
kelemahan, peluang dan tantangan perusahaan? Apakah perusahaan kompetitif
dalam biaya? Bagaimana posisi perusahaan di pasar? Semua pertanyaan ini
mencerminkan profil suatu perusahaan. Untuk menganalisis profil suatu
perusahaan akan digunakan tiga pendekatan yaitu analisis SWOT, strategic cost
analysis dan competitive strength assessment.
12.1. ANALISIS SWOT
SWOT singkatan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity
(Peluang), Threat (Tantangan). Analisis SWOT berisi evaluasi faktor internal
perusahaan beruapa kekuatan dan kelemahannya dan faktor eksternal beruapa
peluang dan tantangan. Strategi yang dipilih harus sesuai dan cocok dengan
kapabilitas internal perusahaan dengan situasi eksternalnya.
A. Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan
Kekuatan (strength) segala sesuatu yang bagus yang dapat diperbuat
oleh perusahaan, atau suatu karakteristik yang memiliki kapabilitas penting.
Kekuatan itu dapat berupa keahlian (skill), keunggulan/kompetensi inti(core
competence), sumberdaya, kemampuan bersaing, tehnologi superior dan lainlain.
Kelemahan (weakness) adalah segala sesuatu yang merupakan
kekurangan perusahaan, atau suatu kondisi yang tidak menguntungkan
perusahaan.
Category:
Pengantar Bisnis
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar