Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Alat-Alat Deteksi Dan Mengukur Kepuasan Pelanggan


1. Sistem Saran Dan Komplin (Complaint and suggestion system)
Dengan cara menyediakan kotak saran, komunikasi dua arah,
menyiapkan petugas seperti customer care atau customer complaint, hot
line service, pelayanan 24 jam, telpon bebas pulsa, web dan e-mail
untuk usul saran konsumen.
2. Survey Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Surveys)
Dengan cara melakukan survey ke lapangan, menyebarkan daftar
pertanyaan, angket, kuisioner, wawancara langsung, telephone call, dan
lain-lain.
3. Belanja Hantu (Ghost Shopping)
Perusahaan dapat mengirim orang untuk berbelanja ke perusahaan
saingan, untuk mencari kekuatan dan kelemahan produk dan pesaing.
Perusahaan juga dapat pura-pura sebagai pembeli misterius dan
berbelanja pada perusahaan sendiri untuk mengetahui bagaimana para
karyawannya melayani pembeli, menerima telpon pelanggan,
menyelesaikan komplin dan keluhan lain dari para pembeli.
4. Analisis Kehilangan Pelanggan (Lost Customer Analysis)
Perusahaan akan menghubungi pembeli yang berhenti berlangganan
atau pelanggan yang pindah ke pesaing. Perusahaan akan menanyakan
dan mencari tahu sebab-sebab mereka berhenti membeli dan pindah ke
penjual lain. Dengan demikian perusahaan akan dapat memperbaiki
kesalahannya dan meningkatkan pelayanan kepada konsumen.


0 komentar:

Posting Komentar