Sejumlah strategi dapat membantu memandu pilihan pasar
sasaran manajer. Tiga straegi yang paling sering digunakan adalah
pasar massal (mass market), ceruk pasar (niche-market), dan
pasar pertumbuhan (growth-market).
1. Strategi Pasar Massal.
Strategi ini dijalankan melalui dua tahap. Pertama, mengabaikan
semua perbedaan segmen dan mendesain program pemasaran dan
produk tunggal yang akan menarik sejumlah besar konsumen. Kedua,
adalah merancang produk dan prograam pemasaran terpisah untuk
segmen-segmen yang berbeda. Ini sering disebut pemasaran serba
aneka.
2. Strategi Ceruk Pasar.
Strategi ini melayani satu atau lebih segmen yang terdiri atas
sejumlah pelanggan yang mencari manfaat yang sangat khusus dari
produk dan jasa. Strategi ini dirancang untk mencegah persaingan
langsung dengan perusahaan-perusahaan besar yang sedang
memburu segmen yang lebih besar.
3. Strategi Pasar Pertumbuhan.
Strategi ini disukai para pesaing yang lebih kecil untuk mencegah
konfrontasi langsung dengan perusahaan-perusahaan besar sambil
membangun jumlah penjualan dan pangsa untuk masa depan.
Category:
Pengantar Bisnis
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar