Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Sejarah Pasar Bebas


ž Paham Neoliberalisme (Mansour Fakih 2003)
q  Biarkan pasar bekerja tanpa distorsi (unregulated) market is the best way to increase economic growth), artinya persuahaaan swasta hrs bebas dari intervensi pemerintah, apapun akibat sosial yang dihasilkan.

q  Kurangi pemborosan dgn memangkas semua anggaran negara yg tdk perlu misal. Subsidi utk pelayanan sosial (pendidikan, kesehatan dan jaminan sosial lainnya)
q  Perlu diterapkan deregulasi ekonomi, mereka percaya bahwa regulasi selalu mengurangi keuntungan , termasuk regulasi AMDAL keselamatan kerja dsb.
q  Pripatisasi semua badan usaha milik negara, termasuk perusahaan yg strategis  yg melayani kepentingan  rakyat banyak  Misal: PLN sekolah dan rumah sakit.
q  Memasukan gagasan Mis brg publik, gotong royong serta  berbagai solidaritas  sosial yg hidup masy kedalam peti es dan digantikan dgn gagasan tanggung jawab individu (masing2 org tangung jawab trhp kebth sendiri) kemisikinan akan meraja rela.
ž Perdagangan bebas
ž Adam Smhit contohnya menunjukan kpd peningkatan perdagangan sbg alasan berkembangnya kultur tdk hanya Mediternia seperti Mesir, Yunani dan Roma tapi Bangal dan Tiongkok. Kemakmuran besar Belanda setelah menjatuhkan kekaisaran Spanyol dan mendeklarasikan Perdagangan Bebas serta kebebasan berpikir, membuat pertentangan merkantilisme/perdagangan. Kebijakan perdagangan bebas berpijak pada Merkantilisme, proteksionisme, isolasionisme dan komunisme.
ž PROTEKIONISME
ž Proteksionisme adalah kebijakan ekonomi yang ditujukan untuk melindungi industri dalam negeri dengan cara membatasi masuknya komoditi-komoditi dari luar negeri. Proteksionisme bisa terwujud dalam berbagai bentuk. Bentuk utama proteksionisme adalah pembatasan impor melalui pemberlakuan tariff, kuota, atau sanksi dagang.

Selain itu, terdapat pula kebijakan-kebijakan proteksionisme yang disebut dengan hambatan non-tariff (non-tariff barriers), seperti pemberlakuan ketentuan anti-dumping, standar keamanan (safety standard) produk, pemberian insentif atau subsidi atas kegiatan produksi maupun distribusi, dan lain-lain.
ž Prokontra Perdagangan BEBAS
ž  Para Ekonom berpendapat bahwa perdagangan bebas meningkatkan standar hidup melalui teori keuntungan komparatif dan ekonomi sekala besar.
ž  Sebagian berpendapat bahwa perdagangan bebas memungkinkan negara maju untuk mengekpolitasi negara berkembang dan merusak industri lokal dan membatasi standar kerja/sosial.
ž  Sebaliknya perdagangan bebas merugikan negara maju karena menyebabkan pekerjaan dari negara maju pindah ke negara lain dan juga menmbulkan perlombaan serendah mungkin yg mengakibatkan std hidup rendah, serta mendorong utk bergantung satu sama lain (memperkecil perang)
ž Menggugat Mitos Neolibralisme Tentang Pasar Bebas
ž  Neoliberalisme adalah paham Ekonomi yang mengutamakan sistem Kapitalis Perdagangan Bebas, Ekspansi Pasar, Privatisasi/Penjualan BUMN, Deregulasi/Penghilangan campur tangan pemerintah, dan pengurangan peran negara dalam layanan sosial (Public Service) seperti pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Neoliberalisme dikembangkan tahun 1980 oleh IMF, Bank Dunia, dan Pemerintah AS (Washington Consensus). Bertujuan untuk menjadikan negara berkembang sebagai sapi perahan AS dan sekutunya/MNC.

0 komentar:

Posting Komentar