A.Pengertian Penilaian Prestasi Kerja
→Proses melalui mana organisasi-organisasi mengevaluasi atau menilai prestasi kerja karyawan.
→Proses pengamatan (observasi) terhadap pelaksanaan pekerjaan oleh seorang pekerja
→Pendadaran (deskripsi) secara sistematik (teratur) tentang relevansi antara tugas-tugasyang diberikan dengan pelaksanaannya oleh seorang pekerja.
→Kegiatanpengukuransebagaiusahamenetapkankeputusantentangsuksesataugagaldalammelaksanakanpekerjaanolehseorangpekerja.
B.Kegunaan-kegunaanPenilaianPrestasiKerja
1. Perbaikanprestasikerja
2. Penyesuaian-penyesuaiankompensasi
3. Keputusan-keputusanpenempatan
4. Kebutuhan-kebutuhanlatihandanpengembangan
5. Perencanaandanpengembangankarier
6. Penyimpangan-penyimpanganprosesstafting
7. Ketidakurataninformasional
8. Kesalahan-kesalahandesainpekerjaan
9. Kesempatankerjayang adil
10. Tantangan-tantanganeksternal
Tujuanumumpenilaianprestasikerja
•Untukmemperbaikipelaksanaanpekerjaanparapekerja.
•Untukmenghimpundanmempersiapkaninformasibagipekerjadanparamanajerdalammembuatkeputusanyang dapatdilaksanakan.
•UntukmenyusuninventarisasiSDM dilingkunganorganisasi/ perusahaan.
•Untukmeningkatkanmotivasikerja.
Tujuankhusus
•Sebagaidasardalammelakukanpromosi, menghentikanpelaksanaanpekerjaanyang keliru, menegakkandisiplin, menetapkanpemberianpenghargaan/ balas jasa.
•Mengahasilkaninformasiyang dapatdipergunakansebagaikriteriadalammembuattesyang validitasnyatinggi.
•Menghasilkaninformasisebagaiumpanbalikbagipekerjadalammeningkatkanefisiensikerjanyadenganmemperbaikikekurangan/ kekeliruannyadalammelaksanakanpekerjaan
•Berisiinformasiyang dapatdigunakanuntukmengidentifikasikebutuhanpekerjadalam meningkatkanprestasikerja.
•Memberikaninformasitentangspesifikasijabatanbaikmenurutpembidangannyamaupunberdasarkanpenjenjangannyadalamstrukturorganisasi/ perusahaan.
C.StandarPekerjaandalamPenilaianPrestasiKerja
Informasinya:
1. InformasitentangKPA TUGAS-TUGASyang harusdikerjakanolehseorangpekerjatermasuksupervisor.
2. InformasitentangBAGAIMANA CARAterbaikdalammelaksanakantugas-tugastersebut.
3. InformasitentangHASIL MAKSIMALyang seharusnyadicapaidalammelaksanakantugas-tugasdengancaratersebut.
D.PersyaratanSistemPenilaianPrestasiKerjayang Efektif
1. PersyaratanIlmiah/ Legal / Formal :
•Relevansi
•Sensitivitas
•Reliabilitas
2. PersyaratanOperasional:
•Akseptabel
•Praktis
E.MetodePenilaianPrestasiKerja
•Metodeukuranringkas
•Metoderanking/skalanilaidanmembandingkan
•Metodedaftarcekperilaku
•Metodedistribusipenyebarankemampuan
•Metodegrafikskalanilai
•MetodePencatatankejadianpenting
•Manajemenberorientasipadahasil
•Metodepenyusunandanreview perencanaan
1.Interview
2.Observasi
3.Reviu/diskusi
4.Monitor komputer
5.Rekamanvideo
F.Bias Penilaian
•Kesanpertama(Halo error)
•Hasilyang berbeda(Contrast Error Result)
•Kekeliruankarenakemarahanhati(Generosity Error)
•Kesanhasilpenilaiansebelumnya(RecencyError Result)
•Prasangkapribadi
Category:
Manajemen SDM
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar