Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

ASPEK PEMASARAN


Pengertian Pemasaran
Pemasaran (Marketing) : Adalah suatu aktivitas untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan yang ada melalui penciptaan proses pertukaran
yang saling menguntungkan. Aktivitas pemasaran tersebut antara lain
perencanaan produk, kebijakan harga, melakukan promosi, distribusi,
penjualan, pelayanan, membuat strategi pemasaran, riset pemasaran,
sistem informasi pemasaran dan lain-lain yang terkait dengan
pemasaran.


Pemasaran dimulai dengan adanya kebutuhan dan keinginan,
kemudian adanya permintaan, munculnya usaha-usaha untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan, terjadi transaksi dan pertukaran, semuanya
harus berakhir dengan saling menguntungkan kepuasan semua pihak.

3 tahapan dalam praktek pemasaran :
1. Pemasaran Swadaya (Entrepreneurial marketing) :
Ketika perusahaan masih kecil dan baru berdiri, dimana jumlah
produk yang dijual tidak begitu banyak dan pengusaha baru belajar,
maka pemasaran dilakukan dari individu ke individu, dari pintu ke
pintu, dari toko ke toko, serta memasarkan sendiri-sendiri.
2. Pemasaran Terformulasi (Formulated marketing) :
Selanjutnya, setelah perusahaan semakin sukses dan berkembang,
diperlukan pemasaran yang terformulasikan. Ada departemen
pemasaran, pemasangan iklan, sales force, marketing research dll.
3. Pemasaran Total (Intrepreneurial marketing) :
Muncul kesulitan dalam memformulasikan pemasaran, mencari
laporan riset pemasaran, mencoba hubungan baik dengan dealer dan
pesan-pesan iklan. Perusahaan kehabisan kreativitas, dan
berkeinginan bergrilya seperti dulu lagi. Manajer produk dan merek
perlu keluar dari kantor dan mulai hidup dengan pelanggan dan
menunjukkan cara baru menambah nilai dalam hidup pelanggannya.

0 komentar:

Posting Komentar