Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Manajemen


  Manajemen berasal dr kata MANAGEMENT 
  artinya PENGELOLAAN.
Mary Parker Follet : manajemen adlh seni melakukan sesuatu dgn bantuan orang lain (the art of getting things done through people)

Manajemen mencapai tujuan dgn bantuan orang lain

   dlm encyclopedia of the social science, disebutkan sbb : “….the process by which the execution of a given purpose put into operation and supervised” (manajemen adl proses dgn mana pelaksanaan dr suatu tujuan tertentu
diselenggarakan dan diawasi)

2.Management if getting done through other people, that break down into at least 2 major responsibilities, one of which is planning the other control (membuat tujuan tercapai lewat kegiatan lain-lain orang dan fungsi itu dipecah sekurang-kurangnya 2 tanggung jawab utama : perencanaan dan pengawasan)


3. Stoner : manajemen adalh proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha pd anggota organisasi dan penggunaan sumber daya oranisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yg tlh ditetapkan

4. Tery : the accomplishing of a predetermined objective through the effort of the other people ( mencapai tujuan yg ditetapka terlebih dahulu dgn menggunakan kegiatan orang lain.

}  Hal penting dr definisi-definisi td sbb :
    Manajmen mempunyai tujuan tertentu
    Manajemen tdk melakukan sendiri pekerjaan ttt, ttp melalui bantuan orang lain
    Kecakapan seorang manajer dpt ditingkatkan  dgn technical Skill dan background, shg manajer bisa memimpin dgn tepat ( how to manage effectively)

}  FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Pendapat para ahli ttg fungsi manajemen :
    Planning – Organizing – Commanding – Coordinating – Controling
    Planning – Organizing - Staffing – Directing – Coordinating – Reporting – Controlling
    Planning – Organizing – Actuating – Controling
    Planning – Organizing – Staffing – Directing – Inovating – Representing – Controlling
    Planning – Organizing – Staffing – Directing – Controlling
    Planning – Organizing – Directing – Coordinating – Controling
    Planning – Organizing – Assisten Bling of Resources - Controlling


Prinsip manajemen (Henry fayol):
    Pembagian kerja (Division of labour)
     makin tinggi spesialisasi tugas karyawan, maka akan bekerja semakin efisien.
2. Wewenang/otoritas (Authority)
     wewenang yg dimiliki manajer memberikan hak utk memerintah.
    Disiplin (discipline)
     Setiap orang yg bekerja dlm suatu organisasi hrs mentaati aturan main organisasi. Disiplin mrpk hasil karya manajer.

4. Kesatuan Perintah (Unity of Command)
  Setiap karyawan hrs mempunyai satu orang atasan.
5. Kesatuan arah ( Unity of Direction)
  Aktivitas organisasi hrs selalu mengarah pada satu tujuan persh, krn itu ada perencanaan.
6.Mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi ( Subordination of individual interest to the common good)
  kepentingan karyawan tdk boleh melebihi kepentingan organisasi persh scr keseluruhan

7. Pemberian upah (Salary)
  Hrs memberikan kepuasan dan keadilan baik bg karyawan maupun persh.
8. Pemusatan (sentralisasi)
  Manajer hrs menentukan tingkat sentralisasi. Sentralisasi : penyempitan peranan bawahan dlm pengambilan keputusan
  Desentralisasi : memperlebar peran bawahan dlm pengambilan keputusan
 

9. Semangat Kerja (esprit de corps)
  manajer hrs menciptakan iklim kesatuan di dlm organisasi shg bisa menciptakan tumbuhnya semangat bersatu di dlm persh.
10. Inisiatif (initiative)
  bawahan hrs diberi kesempatan utk berinisiatif dlm menyelesaikan tugasnya.
11. Kestabilan Staf (Stability of staff)
  LTO yg tinggi sangat merugikan persh.

12. Kesamaan (Equality)
  manajer hrs bisa bersahabat, berkomunikasi kpd semua orang di persh, ada satu kesamaan dlm bekerja dan berorganisasi
13 Tata Tertib
  Sumber daya modal, sd alam, SDM hrs berada ditempat yg tepat dan pd waktu yg tepat.
14. Jenjang jabatan ( Hierarchy)
  Garis kepemimpinan dituangkan dlm struktur organisasi, setiap jenjang organisasi mempunyai tugas yg berbeda ttp mengacu kpd tujuan organisasi.
}  TINGKATAN MANAJER
    Manajer Puncak(Top Manajer)
     Yg bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. Meliputi : Direktur utama dgn direksi- direksi lainnya, Presiden direktur, Wakil Presiden Direktur.
2. Manajer menengah (Middle Manager)
     mrpk manajer yg mempunyai tugas melaksanakan tujuan, strategi dan kebijakan yg tlh ditetapkan oleh manajer puncak serta mengkoordinasikan dan mengarahkan aktivitas manajer tingkat bawah dan karyawan operasional. Meliputi :Kepala departemen, kepala bagaian



3. Manajer tingkat bawah (Lower Manager/First Line)
  bertugas mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan karyawan secara langsung. Meliputi pengawas produksi, supervisor, mandor.
}  Corak Kegiatan Manajer
Sesuai perbedaan tingkat-tingkat manajer, maka kegiatan manajer dibedakan 4 macam:
    Board of manager, bergerak memimpin organisasi/persh scr keseluruhan
    Presiden, memimpin para manajer agar terdapt team work (managing manager)
    Departemen/division heads, memimpin pekerja yg meliputi bidang-bidangnya (managing the work)
    Superintendent, general foreman dan foreman, memimpin para pekerja (managing the workers)
}  Keterampilan Manajemen
}  Berdasarkan penelitian Robert L. Katz awal 1970-an, manajer memerlukan 3 keterampilan pokok yaitu :
}  1. Keterampilan konseptual
}  Kemampuan untuk mengemukakan gagasan, mengkoordinasi dan mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi
}  2. Keterampilan manusiawi
}  Kemampuan utk bekerjasama, memahami, dan memotivasi orang lain
}  3. keterampilan teknis
}  Kemampuan utk menggunakan prosedur, teknik dan pengetahuan teknis

0 komentar:

Posting Komentar