Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

FAKTOR-FAKTOR PENDEWASA HCI



1.Faktor Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan merupakan bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran. Faktor ini berperan penting dalam pengembangan IMK, sehingga akan tercipta sistem yang betul-betul menyerupai pola pikir manusia.
Contoh : Robot
2.Faktor Linguistik Komputasional

Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangat penting, agar user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalah pahaman Dibutuhkan komposisi bahasa yang sangat baik, yang dapat dengan mudah dimengerti oleh user.
3.Faktor Psikologi
Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangatlah dibutuhkan dalam IMK, mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Dalam perancangan program, harus diperhatikan :
o   Siapa target pengguna program
o   Bagaimana lingkungan nya
o   Bagaimana perilaku mereka secara umum
o   Sehingga hasil program lebih user friendly.
4.Faktor Multimedia
Dengan multimedia, tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna. Contoh : anak-anak sudah bisa memainkan game dengan komputer karena ada banyak konteks multimedia di dalamnya (gambar, suara, teks, grafik dsb)


5.Faktor Antropologi
Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
Contoh : Perusahaan di bidang televisi memiliki 100 karyawan . Bagaimana   masing-masing individu di dalam kantor tsb berinteraksi dengan teknologi, sangat menentukan masa depan perusahaan itu
6.Faktor Ergonomik
Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman Manusia yang bekerja di depan komputer, biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama. Maka letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan cahaya, kebersihan dan berbagai aspek lain sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dan komputer yang digunakannya.
7.Faktor Sosiologi
Pada IMK, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.
8.Faktor Bisnis
Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat produsen software/hardware membuat produk yang lebih mudah digunakan.
9.Faktor Mathematic
keterkaitan antara matematika dan komputer ada dalam dua hal Matematika dapat mencari persamaan logika yang rasional yang dapat di terjemahkan ke dalam komputer melalui bahasa pemrograman. Komputer dapat melakukan perhitungan logika rasional matematis secara cepat dan tepat. keterbatasan komputer dapat di atasi dengan logika matematis, sedangkan persoalan matematis dapat di komputerisasikan layaknya menghitung banyaknya pasir dalam timbangan.
Sehingga akan lebih mudah dalam pembuatan program komputer ataupun dalam penggunaan program tersebut.

10.  Faktor Tecnical Writing
Teknis menulis adalah penyajian informasi yang membantu pembaca memecahkan masalah tertentu. Technical communicators write, design, and/or edit proposals , manuals , web pages , lab reports , newsletters , and many other kinds of professional documents. Komunikator teknis menulis, desain, dan / atau mengedit proposal, manual, halaman web, laporan laboratorium, newsletter, dan banyak jenis dokumen profesional.
Sementara para penulis teknis perlu memiliki keterampilan komputer yang baik, mereka tidak perlu harus menulis tentang komputer sepanjang hidup mereka. "Teknis" berasal dari bahasa Yunani techne, yang secara sederhana berarti "keterampilan".
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar