1.Faktor Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan merupakan bagian ilmu komputer yang bertujuan agar
komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia
serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan,
memecahkan masalah dan pembelajaran. Faktor ini berperan penting dalam
pengembangan IMK, sehingga akan tercipta sistem yang betul-betul menyerupai
pola pikir manusia.
Contoh : Robot
2.Faktor Linguistik Komputasional
Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangat penting, agar
user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalah pahaman
Dibutuhkan komposisi bahasa yang sangat baik, yang dapat dengan mudah
dimengerti oleh user.
3.Faktor Psikologi
Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software
sangatlah dibutuhkan dalam IMK, mengingat setiap user memiliki sifat dan
kelakuan yang berbeda. Dalam perancangan program, harus diperhatikan :
o
Siapa target pengguna program
o
Bagaimana lingkungan nya
o
Bagaimana perilaku mereka
secara umum
o
Sehingga hasil program lebih
user friendly.
4.Faktor Multimedia
Dengan multimedia, tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih
menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna. Contoh : anak-anak sudah bisa
memainkan game dengan komputer karena ada banyak konteks multimedia di dalamnya
(gambar, suara, teks, grafik dsb)
5.Faktor Antropologi
Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok
yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai
bidang masing-masing.
Contoh : Perusahaan di bidang televisi
memiliki 100 karyawan . Bagaimana
masing-masing individu di dalam kantor tsb berinteraksi dengan
teknologi, sangat menentukan masa depan perusahaan itu
6.Faktor Ergonomik
Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan
lingkungan kerja yang nyaman Manusia yang bekerja di depan komputer, biasanya
menghabiskan waktu yang cukup lama. Maka letak meja, kursi, monitor, keyboard,
mouse, posisi duduk, pengaturan cahaya, kebersihan dan berbagai aspek lain
sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dan komputer yang digunakannya.
7.Faktor Sosiologi
Pada IMK, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer
dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu
interaksi.
8.Faktor Bisnis
Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat produsen
software/hardware membuat produk yang lebih mudah digunakan.
9.Faktor Mathematic
keterkaitan antara matematika dan komputer ada dalam dua hal
Matematika dapat mencari persamaan logika yang rasional yang dapat di terjemahkan
ke dalam komputer melalui bahasa pemrograman. Komputer dapat melakukan
perhitungan logika rasional matematis secara cepat dan tepat. keterbatasan
komputer dapat di atasi dengan logika matematis, sedangkan persoalan matematis
dapat di komputerisasikan layaknya menghitung banyaknya pasir dalam timbangan.
Sehingga akan lebih mudah dalam pembuatan program komputer ataupun
dalam penggunaan program tersebut.
10.
Faktor Tecnical Writing
Teknis menulis adalah penyajian informasi yang membantu pembaca
memecahkan masalah tertentu. Technical
communicators write, design, and/or edit
proposals , manuals , web pages , lab reports , newsletters , and many
other kinds of professional documents. Komunikator teknis menulis,
desain, dan / atau mengedit proposal, manual, halaman web, laporan laboratorium, newsletter,
dan banyak jenis dokumen profesional.
Sementara para penulis teknis perlu memiliki keterampilan komputer
yang baik, mereka tidak perlu harus menulis tentang komputer sepanjang
hidup mereka. "Teknis" berasal dari bahasa Yunani techne,
yang secara sederhana berarti
"keterampilan".
0 komentar:
Posting Komentar