Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Total Quality Management (TQM)


          
Taufik Julia, S.E

Pengantar
Dunia telah berubah kompetisi global memberi banyak pilihan yang banyak kepada konsumen dan mereka semakin sadar biaya (cost conscius) dan sadar nilai (value conscius), dalam meminta produk dan jasa yang berkualitas tinggi.
Banyak perusahaan didunia berusaha mendapatkan sertifikasi ISO 9000. ISO 9000 merupakan pedoman untuk mengelola kualitas dan standar kualitas yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization di Geneva.
Agar perusahaan mendapatkan sertifikasi ISO 9000, perusahaan harus membuktikan bahwa mereka mengikuti prosedur operasi yang ada pada ISO 9000, yang meliputi inspeksi terhadap proses produksi, memelihara peralatan, melatih tenaga kerja, menguji produk dan dikaitkan dengan keluhan pelanggan. Perusahaan independen mengaudit operasi perusahaan dan membuat rekomendasi untuk mengeluarkan sertifikat tersebut.
Pengakuan bahwa kegagalan menghasilkan produk berkualitas tinggi menimbulkan biaya tinggi mendorong perusahaan untuk meningkatkan kualitas pada produk dan jasa mereka. Biaya kualitas dapat menjadi sangat tinggi, pada perusahaan di USA rata-rata biaya kualitas yang dikeluarkan sebesar 20%-25% dari penjualan. Dilain pihak, perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa berkualitas, dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan penjualan dan mendapatkan laba yang tinggi.


Kualitas dan manajemen biaya stratejik (strategict cost management)
Selama dua dekade terakhir, para CEO pada banyak perusahaan menyadari bahwa strategi yang dipicu oleh peningkatan kualitas dapat mengarahkan pada keunggulan pasar yang signifikan, meningkatkan profitabilitas dan memberikan kesejahteraan jangka panjang.
Perusahaan yang memilih untuk bersaing melalui harga yang rendah bukan berarti memilih untuk memproduksi dengan kualitas yang rendah. Harga yang rendah tetap harus memenuhi harapan pelanggan.
Kualitas dan manajemen biaya stratejik (strategict cost management) lanjutan…
Kualitas merupakan hal yang signifikan untuk berbagai alasan lain. Biaya kualitas sering kali mempunyai porsi yang besar terhadap pendapatan.
Sebuah riset yang dilakukan oleh PIMS Associate, Inc., menguji lebih dari 1200 perusahaan untuk menentukan dampak kualitas terhadap kinerja perusahaan menemukan bahwa:
                        Kualitas produk dan profitabilitas berhubungan erat
                        Bisnis/perusahaan yang menawarkan produk dan jasa dengan kualitas tinggi mempunyai pangsa pasar lebih besar
                        Kualitas berhubungan secara positif dengan return on investment (ROI) yang lebih tinggi
Manajemen kualitas total (total quality management)
Untuk dapat bertahan dan berhasil dalam lingkungan kompetisi global, perusahaan harus menghasilkan produk yang berkualitas dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Produk dan jasa yang berkualitas juga meningkatkan keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan.
Suatu produk dapat dikatakan berkualitas apabila sesuai dengan spesifikasinya dan sesuai dengan harapan pelanggan. Suatu produk dapat dikatakan berkualitas jika produk tersebut sesuai atau melebihi harapan pelanggan dengan harga yang kompetitif.
Manajemen kualitas total (total quality management) lanjutan….
Procter & Gamble menggunakan definisi yang ringkas dan dapat diterima dengan baik  tentang manajemen kualitas (TQM): “merupakan upaya yang dilakukan secara terus menerus oleh setiap orang dalam organisasi untuk memahami, memenuhi dan melebihi harapan pelanggan”. Deskripsi Procter & Gamble tentang TQM menunjukkan bahwa prinsip inti dari dari TQM adalah proses yang:
                        Berfokus pada kepuasan pelanggan
                        Berusaha keras untuk melakukan perbaikan secara terus menerus
                        Melibatkan seluruh kekuatan kerja
Pedoman pengimplementasian tqm
Pengimplementasian TQM bukan merupakan tugas yang mudah dan membutuhkan banyak waktu. The Institute of Management Accountants (IMA) yakin bahwa sebuah organisasi membutuhkan waktu tiga sampai lima tahun untuk berubah dari manajemen tradisional menjadi TQM. Adapun tahapan dalam pengimplementasian TQM antara lain:
                        Tahun Satu
                        Tahun Dua
                        Tahun Tiga 
Pedoman pengimplementasian tqm lanjutan…
Tahun Satu:
§Membentuk dewan dan staf khusus
§Melaksanakan program pelatuhan kualitas eksekutif
§Melakukan audit khusus
§Membuat analisa penyimpangan
§Mengembangkan rencana perbaikan kualitas strategik
Tahun Dua:
vMelaksanakan program pelatihan dan komunikasi karyawan
vMenyusun tim kualitas
vMenciptakan sistem pengukuran dan menentukan tujuan
Tahun Tiga :
ØMerevisi sistem kompensasi/penilaian/pengakuan
ØMeluncurkan inisiatif eksternal dengan supplier
ØMelakukan review dan revisi
Jenis-jenis conformance ( kesesuaian)
Kualitas adalah kesesuaian dengan spesifikasi produk atau jasa yang memenuhi atau melebihi permintaan dan harapan pelanggan/konsumen. Meskipun demikian, conformance (kesesuaian) bisa saja berbeda untuk individu atau perusahaan yang satu dengan lainnya, seperti yang dilakukan oleh Sony antara lain:
Goalpost Conformance
              Adalah kesesuaian dengan spesifikasi kualitas yang diekspresikan sebagai kisaran tertentu disekitar target.
Absolute Quality Conformance
              Mensyaratkan semua produk atau jasa benar-benar memenuhi target nilai tanpa penyimpangan
Biaya kualitas
Biaya kualitas adalah biaya-biaya yang berkaitan dengan pencegahan, pengidentifikasian, perbaikan dan pembetulan produk yang berkualitas rendah, dan dengan opprtunity cots dari hilangnya waktu produksi dan penjualan sebagai akibat rendahnya kualitas.
Biaya penilaian 
Biaya penilaian (deteksi) dikeluarkan dalam rangka pengukuran dan analisis data untuk menentukan apakah produk atau jasa sesuai dengan spesifikasinya.
Biaya penilaian meliputi:
                        Biaya pengujian dan inspeksi
                        Peralatan pengujian
                        Audit kualitas
                        Pengujian secara laborat
                        Pengujian dan evaluasi lapangan
                        Biaya informasi
Biaya pencegahan
Biaya pencegahan adalah pengeluaran-pengeluaran yang dikeluarkan untuk mencegah terjadinya cacat kualitas. Biaya pencegahan meliputi:
                        Biaya pelatihan kualitas
                        Biaya perencanaan kualitas
                        Biaya pemeliharaan peralatan
                        Biaya penjaminan supplier
Biaya kegagalan internal
Biaya kegagalan internal adalah biaya yang dikeluarkan karena rendahnya kualitas yang ditemukan sejak penilaian awal sampai dengan pengiriman kepada pelanggan.
Beberapa jenis biaya kegagalan internal:
                        Biaya tindakan koreksi
                        Biaya pengerjaan kembali (rework) dan biaya sisa produksi (scrap)
                        Biaya proses
                        Biaya ekspedisi
                        Biaya inspeksi dan pengujian ulang
Biaya kegagalan eksternal
Biaya kegagalan eksternal merupakan biaya yang terjadi dalam rangka meralat cacat kualitas setelah produk sampai pada pelanggan, dan laba yang gagal diperoleh karena hilangnya peluang sebagai akibat adanya produk atau jasa yang tidak dapat diterima oleh pelanggan. Biaya-biaya ini meliputi:
                        Biaya untuk menangani keluhan dan pengembalian dari pelanggan
                        Biaya penarikan kembali dan pertanggungjawaban produk
                        Penjualan yang hilang karena produk yang tidak memuaskan
Melaporkan biaya kualitas
Dalam melaporkan biaya kualitas meliputi mendefinisikan data, mengidentifikasi sumber data, mengumpulkan data dan menyiapkan serta mendistribusikan laporan biaya kualitas.
Tantangan manajemen kualitas total bagi akuntan manajemen
Peran akuntan manajemen dalam manajemen kualitas total (TQM) yaitu mengumpulkan semua informasi kualitas yang relevan, berpartisipasi secara aktif dalam semua fase program kualitas, dan mereview serta menyebarkan laporan biaya kualitas. Sistem manajemen kualitas yang dikembangkan tanpa keterlibatan yang aktif dari akuntan manajemen bisa gagal untuk merealisasikan potensinya. Akuntan manajemen harus dilibatkan secara total dalam aktivitas perbaikan kualitas perusahaan.
Tantangan manajemen kualitas total bagi akuntan manajemen lanjutan….
IMA menjelaskan bahwa aktivitas-aktivitas berikut ini melibatkan akuntan manajemen:
                        Memastikan perwakilan akuntan manajemen pada komisi pengendalian kualitas utama dan tim perbaikan kualitas
                        Membuat perusahaan benar-benar sadar terhadap benchmark yang kompetitif, tingkat perhatian pelanggan dan biaya kualitas
                        Berpartisipasi secara aktif dalam mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan perbaikan kualitas atau merupakan peluang perbaikan kualitas terbesar
                        Mengembangkan ukuran kualitas guna memonitor dan menilai perkembangan ke arah tujuan kualitas
                        Terlibat dalam keputusan penentuan supplier
                        Mereview dan evaluasi terhadap efektivitas pengendalian
                        Mengumpulkan dan melakukan review secara terus menerus  terhadap sisa produksi dan biaya-biaya perbaikan


Tantangan manajemen kualitas total bagi akuntan manajemen lanjutan….
Isi dalam laporan biaya kualitas dapat sangat bervariasi tergantung pada karakteristik organisasi dan operasiny. Akuntan manajemen perlu meyakinkan bahwa proses pengukuran dan pelaporan memenuhi kriteria berikut ini:
                        Memenuhi kebutuhan konsumen internal
                        Meliputi semua biaya kualitas yang relevan baik yang berupa ukuran keuangan maupun non keuangan
                        Mengadaptasi ukuran sesuai perubahan kebutuhan
                        Menyesuaikan ukuran untuk mencerminkan kualitas dan tantangan bisnis
                        Sederhana dan mudah digunakan, dilaksanakan dan dimonitor
                        Memberikan umpan balik yang cepat dan tepat waktu kepada para pemakai laporan dan para manajer
                        Membantu perkembangan, tidak sekedar memonitor
                        Memotivasi dan memberi tantangan bagi anggota tim untuk tetap berusaha keras memperoleh kualitas tinggi.
Terima kasih…….




0 komentar:

Posting Komentar