Taufik Julia, S.E
Bagaimana Perusahaan
Dapat Berhasil: Strategik Kompetitif
Perusahaan mencapai keberhasilan dengan cara menemukan Strategi jangka
panjang yang dapat dipertahankan, yaitu merupakan seperangkat kebijakan,
prosedur dan pendekatan-pendekatan yang mengarahkan pada keberhasilan jangka
panjang. Menemukan strategi dimulai dengan menentukan tujuan dan arah bisnis
dalam jangka panjang yang termasuk didalamnya dengan menentukan misi
perusahaan. Misi tersebut kemudian dikembangkan menjadi visi perusahaan guna
mencapai tujuan perusahaan.
l Ukuran Stratejik tentang kesuksesan
Fokus Manajemen Biaya pada Lingkungan Kontemporer dan Lingkungan Sebelumnya
Fokus Manajemen Biaya pada Lingkungan Kontemporer dan Lingkungan Sebelumnya
Lingkungan Bisnis Sebelumnya
ØPelaporan keuangan dan analisis biaya yang pada umumnya terletak pada
standarisasi dan biaya standar; akuntan sebagai ahli keuangan dan pencatat
keuangan
Lingkungan Bisnis Kontemporer
ØMemandang manajemen biaya sebagai alat untuk pengembangan dan
pengimplementasian strategi bisnis; akuntan sebagai partner bisnis
l
Ukuran keberhasilan
yang bersifat keuangan dan non keuangan pada faktor keberhasilan kritis (Critical
Success Factors)
Ukuran Keberhasilan yang bersifat Keuangan
ØPertumbuhan penjualan
ØPertumbuhan laba
ØPertumbuhan deviden
ØTingkat obligasi dan piutang
ØAliran kas
ØPeningkatan harga saham
l
Ukuran keberhasilan
yang bersifat keuangan dan non keuangan pada faktor keberhasilan kritis (Critical
Success Factors)
Ukuran Keberhasilan yang bersifat NonKeuangan:
ØUkuran dari sisi pelanggan (pangsa pasar dan pertumbuhan pasar,
pelayanan pada pelanggan, dll)
ØProses bisnis internal (kualitas produk yang tinggi, inovasi dalam
produksi, dll)
ØInovasi dan pembelajaran (kompetensi dan integritas manajer, moral dan
budaya perusahaan, dll)
l
Kerangka untuk
Analisis Strategi Kompetitif
Tiga strategi kompetitif antara lain:
l
Keunggulan pada biaya
(cost leadership)
l
Diferensiasi
l
Fokus
l
Analisis SWOT
l
Strengths (kekuatan)
l
Weakness (kelemahan)
l
Opportunity
(kemungkinan)
l
Threats (Ancaman)
l
Balance Scorecard
Merupakan laporan akuntansi yang dikembangkan dari sistem informasi
strategik yang meliputi empat aspek keberhasilan kritis perusahaan :
Kinerja keuangan
Kepuasan pelanggan
Proses bisnis internal
Inovasi dan pembelajaran
l
Analisis Value-Chain
Merupakan alat analisis strategik yang digunakan untuk memahami secara
lebih baik terhadap keunggulan kompetitif, untuk mengidentifikasi dimana value
pelanggan dapat ditingkatkan atau penurunan biaya, dan untuk memahami secara
lebih baik hubungan perusahaan dengan pemasok, pelanggan dan perusahaan lain
dalam industri.
0 komentar:
Posting Komentar