Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Analisis Strategik dan Manajemen Biaya Strategik



   Taufik Julia, S.E
  Bagaimana Perusahaan Dapat Berhasil: Strategik Kompetitif
Perusahaan mencapai keberhasilan dengan cara menemukan Strategi jangka panjang yang dapat dipertahankan, yaitu merupakan seperangkat kebijakan, prosedur dan pendekatan-pendekatan yang mengarahkan pada keberhasilan jangka panjang. Menemukan strategi dimulai dengan menentukan tujuan dan arah bisnis dalam jangka panjang yang termasuk didalamnya dengan menentukan misi perusahaan. Misi tersebut kemudian dikembangkan menjadi visi perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan.
l   Ukuran Stratejik tentang kesuksesan
Fokus Manajemen Biaya pada Lingkungan Kontemporer dan Lingkungan Sebelumnya
 
Lingkungan Bisnis Sebelumnya
ØPelaporan keuangan dan analisis biaya yang pada umumnya terletak pada standarisasi dan biaya standar; akuntan sebagai ahli keuangan dan pencatat keuangan  
Lingkungan Bisnis Kontemporer

ØMemandang manajemen biaya sebagai alat untuk pengembangan dan pengimplementasian strategi bisnis; akuntan sebagai partner bisnis
l   Ukuran keberhasilan yang bersifat keuangan dan non keuangan pada faktor keberhasilan kritis (Critical Success Factors)
Ukuran Keberhasilan yang bersifat Keuangan
ØPertumbuhan penjualan
ØPertumbuhan laba
ØPertumbuhan deviden
ØTingkat obligasi dan piutang
ØAliran kas
ØPeningkatan harga saham
l   Ukuran keberhasilan yang bersifat keuangan dan non keuangan pada faktor keberhasilan kritis (Critical Success Factors)
Ukuran Keberhasilan yang bersifat NonKeuangan:
ØUkuran dari sisi pelanggan (pangsa pasar dan pertumbuhan pasar, pelayanan pada pelanggan, dll)
ØProses bisnis internal (kualitas produk yang tinggi, inovasi dalam produksi, dll)
ØInovasi dan pembelajaran (kompetensi dan integritas manajer, moral dan budaya perusahaan, dll)
l   Kerangka untuk Analisis Strategi Kompetitif
Tiga strategi kompetitif antara lain:
l   Keunggulan pada biaya (cost leadership)
l   Diferensiasi
l   Fokus

l   Analisis SWOT
l   Strengths (kekuatan)
l   Weakness (kelemahan)
l   Opportunity (kemungkinan)
l   Threats (Ancaman)
l   Balance Scorecard
Merupakan laporan akuntansi yang dikembangkan dari sistem informasi strategik yang meliputi empat aspek keberhasilan kritis perusahaan :
Kinerja keuangan
Kepuasan pelanggan
Proses bisnis internal
Inovasi dan pembelajaran
l   Analisis Value-Chain
Merupakan alat analisis strategik yang digunakan untuk memahami secara lebih baik terhadap keunggulan kompetitif, untuk mengidentifikasi dimana value pelanggan dapat ditingkatkan atau penurunan biaya, dan untuk memahami secara lebih baik hubungan perusahaan dengan pemasok, pelanggan dan perusahaan lain dalam industri.


0 komentar:

Posting Komentar