Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Pengertian Kelompok Persepsi, Organisasi, Motivasi, dan Interaksi


Definisi Kelompok Kumpulan yang terdiri dari dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantungan, yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. (Gibson) Tipe-Tipe Kelompok
1. Kelompok Formal
Suatu kelompok kerja yang ditandai dengan struktur organisasi, aturan, fungsi dan lain-lain.
a. Kelompok Komando
Kelompok yang tersusun atas Atasan dan Bawahan dan ditentukan oleh bagan organisasi
b. Kelompok Tugas
Kelompok yang ditetapkan secara organisasi yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas.
2. Kelompok Informal
Suatu kelompok yang tidak terstruktur secara formal atau tidak ditetapkan secara organisasi, terdiri dari dua tipe yaitu :
a. Kelompok Kepentingan
Kelompok yang bekerja sama untuk mencapai suatu sasaran khusus yang menjadi kepedulian bersama
b. Kelompok Persahabatan

Kelompok yang bersama-sama karena mempunyai kesamaan karakter Perbedaan antara kelompok dan TIM Kelompok, merupakan interaksi untuk membagi informasi dan menganbil keputusan dalam membantu tiap anggota di bidang tanggung jawabnya. TIM, kelompok yang bersama-sama karena mempunyai kesamaan karakter. Kenapa Kelompok di bentuk ?
1. Mempertinggi Produktivitas
a. Keahlian teknis atau fungsional
b. Keahlian pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
c. Keahlian perorangan
2. Meratakan Organisasi
3. Kebutuhan akan fleksibilitas dan keputusan yang lebih cepat
4. Keragaman kekuatan kerja
http://materikuliah.net 2009
5. Memperbaiki kualitas
6. Meningkatkan kepuasan pelanggan
Ada tiga tipe TIM, yaitu :
1. Tim Pemecah Masalah
Tim yang bekerja sama untuk membahas dan menyelesaikan masalah
2. TIM kerja Pengelolaan Diri
TIM yang tidak hanya dapat memecahkan masalah tapi juga memikul tanggung jawab sepenuhnya akan hasil-hasilnya.
3. TIM Fungsional SIlang
TIM yang terdiri dari individu yang memiliki tingkat hirarki yang sama tapi dari bidang kerja yang berbeda untuk menyelesaikan suatu tugas. Persyaratan untuk TIM efektif
- Komitmen tingkat tertinggi dan ketentuan akan tujuan yang jelas
- Kepercayaan manajemen karyawan
- Keinginan untuk mengambil resiko dan berbagi informasi
- Waktu, sumber daya dan sebuah komitmen untuk berlatih

0 komentar:

Poskan Komentar