Dalam
proses pembelajaran melibatkan siswa dan guru, sehingga siswa dan guru memegang
peranan penting. Tanpa adanya perbaikan dari kedua belah pihak tidak mungkin
hasil pembelajaran meningkat, begitu juga dengan peran serta sekolah.
Pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan perbaikan bagi
pembelajaran di kelas X . 6 SMA 1 Xxx. Manfaat penelitian ini antara lain :
1.
Bagi Siswa :
a. Mendapatkan pengalaman belajar dengan
pemanfaatan alat laboratorium. Secara bergantian setiap anak melakukan
pengukuran panjang dengan penggaris, micrometer, sekrup, dan jangka sorong,
pengukuran massa dengan neraca.
b. Mendapatkan pengalaman belajar yang lebih
memudahkan siswa dalam pemahaman materi dengan tutor sebaya siswa yang paham
terlebih dulu menjelaskan siswa lain yang belum paham,
siswa yang paham dulu
bertanggung jawab membuat semua anggota kelompoknya menjadi paham semua.
c. Mendapatkan pengalaman belajar berkelompok
yaitu dengan menyelesaikan pengisian dan perhitungan data secara berkelompok.
2. Bagi Guru :
a. Mendapatkan pengalaman mengajar menggunakan
alat laboratorium, yaitu memanfaatkan alat yang ada semaksimal mungkin agar
setiap anak dapat dan pernah menggunakan micrometer sekrup, jangka sorong dan
neraca.
b. Mendapatkan pengalaman mengajar yang lebih
memudahkan siswa dalam memahami materi yaitu dengan memberi kesempatan siswa
untuk mengamati dan memahami konsep secara langsung dengan pengamatan
menggunakan alat laboratorium.
c. Mendapatkan pengalaman mengajar dengan siswa
berkelompok, yaitu dengan membuat setiap anggota kelompok bertanggung jawab
terhadap anggota lainnya untuk memahami materi dengan tutor sebaya siswa yang
sudah paham menjelaskan siswa lain yang belum paham.
3. Bagi Sekolah
Mendapatkan hasil belajar yang
lebih baik, pencapaian prestasi belajar meningkat.
0 komentar:
Posting Komentar