Rencana manajemen merupakan hal yang sangat penting dalam
merencanakan sebuah bisnis. Bisnis akan gagal jika tidak didukung oleh
manajemen yang baik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
perencanaan manajemen adalah :
1. Struktur organisasi.
Sturuktur Organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab
karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya
setiap perusahan akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala
perusahaan dan jenis perusahaan. Struktur perusahaan yang baik adalah
struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat kerjasama
tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit. Sehingga
struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi
kelemahan dari setiap bagian/individu
2. Aspek Marketing
pada aspek ini beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :
Analisis Pasar yang meliputi : Target pasar, kondisi persaingan
Analisis mengenai Produk atau jasa : jenis dan Keunggulan produk
Strategi Pemasaran yang dilakukan yang meliputi pricing strategy,
distribution strategy, branding/promotion stratgy dll
3. Aspek Produksi
Berbagai macam keputusan harus dibuat mengenai proses
produksi, misalnya lokasi dari fasilitas produksi, tata letak mesin. Dan
keputusan lokasi bisnis.
Dalam memilih lokasi bisnis yang paling utama adalah alasan apa
yang menyebabkan kita harus memilih lokasi tersebut. Ada banyak
alasan, seperti menemukan pasar baru atau memperluas pasar, meng-up
grade fasilitas atau peralatan produksi, atau karena pertimbangan biaya
dan cash flow bisnis.
Semua hal ini bisa dialam oleh orang yang baru memulai berbisnis
atau orang yang mau merelokasi bisnisnya. Abdinagoro menyatakan
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:
Pertimbangkan karakter atau sifat daerah yang akan kita pilih untuk
lokasi. Tentu saja ini terkait dan disesuaikan dengan produk atau jasa
apa yang kita tawarkan pada konsumen.
Pertimbangkan harganya tentu jika bentuknya adalah sewa atau
kontrak. Biasanya ini dipengaruhi oleh letak dan bentuk tempat yang
akan kita sewa.
Perhatikan infrastruktur yang ada, seperti berapa daya listrik yang
ada, bagaimana tunjangan komunikasinya, juga persediaan air yang
ada.
Analisa juga fasilitas yang disediakan tempat tersebut, seperti apakah
tersedia tempat parkir yang cukup, adakah satuan pengamanan
(satpam) tersedia.
Pertimbangkan kondisi lalu lintas yang ada didaerah itu, crowded atau
tidak, apakah jalan di depannya satu arah atau dua arah atau apakah
konsumen juga bisa mendapatkan keperluannya dengan hanya sekali
jalan.
4. Aspek SDM.
Sumber Daya Manusia merupakan hal yang yang krusial bagai
berhasilnya suatu perusahaan. Pada aspek ini perusahaan harus mampu
merencanakan kebutuhan SDM dan mengembangkan SDM yang ada.
Karena sehebat apa pun seseorang, seberapa banyak pun pengetahuan
yang dimiliki, selalu saja ada kesempatan yang bisa dilakukan untuk
mengembangkan diri karena dunia berubah dengan cepat, pengetahuan
berkembang, teknologi cepat berubah. Jadi, perusahaan harus terus
mendorong SDM nya untuk belajar dan mengembangkan diri.
Pengembangan diri bisa dilakukan dalam berbagai cara: membaca,
berdiskusi dengan sesama rekan kerja (untuk memperdalam
pengetahuan dan keterampilan di bidang yang sama), dengan orang lain
dari industri yang berbeda (untuk meluaskan wawasan), mengikuti
pelatihan, seminar dan workshop, ataupun sekedar melakukan
pengamatan lingkungan (observasi) dan riset.
5. Aspek keuangan
Aspek Keuangan harus mampu menjelaskan mengapa bisnis ini layak
dan harus juga menunjukkan bagaimana bisnis ini akan didanai (berapa
dana pemilik dan berapa dana dari kreditor). Untuk itu Sebelum mencari
modal, tentu harus diketahui dulu berapa jumlah uang yang dibutuhkan
untuk menjalankan usaha.
sebagian besar uang yang diperlukan untuk memulai usaha
disediakan oleh para pemikir usaha itu sendiri. Akan tetapi, anda
mungkin memerlukan tambahan dana untuk meluncurkan usaha
tersebut, atau untuk menopang pertumbuhan pada saat usaha telah
dimulai. Dalam dunia usaha sistem akuntansi adalah hal yang sangat
penting, sebelum memulai usaha, penting bahwa anda mempunyai
akuntan yang kompeten untuk merancang sistem yang meberikan anda
catatan akuntansi yang layak. (Bangs, 1995). Kebijakan dalam
pengelolaan keuangan mutlak diperlukan bagi para wirausahawan.
Kesalahan dalam mengelolanya dapat menjatuhkan usahanya walaupun
usahanya tersebut memperoleh laba yang besar tetapi wirausaha
tersebut tidak mampu untuk membedakan yang mana dana untuk
kepentingan pribadi, dan yang mana dana untuk kepentingan usahanya.
Ada tiga tahap yang bakal dilewati oleh setiap usaha, yaitu :
Tahap memulai (Start-Up Stage)
Sumber keuangan pada tahap ini yang paling mudah dan juga
diutamakan adalah dari uang sendiri. Gali sumber keuangan, seperti
tabungan, deposito, atau bahkan menggunakan credit card. Baru ketika
ternyata dana itu masih kurang, kita dapat mengajak rekan ataupun
keluarga.
Tahap berkembang (Growth Stage)
Umumnya pinjaman bank baru diperlukan saat bisnis memasuki tahap
perkembangan dan tahap matang. Pilihlah bank yang tepat, untuk saat
ini misalnya bank yang benar-benar menyediakan pinjaman Bank untuk
UKM, seperti Bank Danamon, BRI, BPR tertentu dan PNM. Biasanya
mereka mensyaratkan adanya perencanaan bisnis (business plan) yang
baik dari usaha anda.
Tahap matang (Maturity Stage)
Sumber lain adalah dari perusahaan modal ventura (Venture
Capitalist), seperti Sumut Ventura, atau dari perusahaan pembiayaan
atau investor lainnya.
6. Aspek Teknologi Informasi
Tidak ada yang dapat memungkiri bahwa kehidupan saat ini tidak
bisa lepas dari apa yang disebut teknologi. Begitu juga dengan bisnis.
Meskipun kita tahu bahwa bisnis sudah ada sebelum teknologi ini muncul,
tetapi kini bisnis tanpa teknologi akan berjalan lambat, seperti siput.
Bagi yang baru memulai bisnis, telepon dan faks merupakan
sarana kantor yang harus ditempatkan di urutan atas list kebutuhan
kantor. Sedangkan yang sudah berjalan, perlu juga dilakukan evaluasi
terhadap sistem telepon yang digunakan, misalnya memanfaatkan
teknologi PBX (private branch exchange). Penggunaan internet, jika
memang diperlukan juga perlu dimanfaatkan maksimal. Karena dari
teknologi ini kita bisa mendapatkan pelanggan baru, membangun merek,
atau juga mencari suplier-suplier. Dan lagi jangan lupa untuk juga
mempersiapkan diri kita sendiri dan karyawan dalam menghadapi dan
mengantisipasi teknologi yang cepat ini melalui training.
7. Rencana Bisnis
Setiap usaha ataupun organisasi memerlukan pengelolaan yang baik
demi tercapainya tujuan usaha. Dalam hal pengelolaan ini menurut
Suryana (2003) ada 2 aspek yang harus diperhatikan, yaitu perencanaan
usaha dan pengelolaan keuangan. Agar usaha berjalan sesuai dengan
sasaran maka harus dilakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan
usaha adalah suatu cetak-biru tertulis (blue print) yang berisikan tentang
misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi
usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta
keterampilan pengelolaannya. Perencanaan usaha sebagai persiapan
awal memiliki memiliki 2 fungsi penting yaitu :
(1) sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen
usaha, dan
(2) sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang
bersumber dari luar.
Setiap aktivitas yang berhubungan dengan usaha harus sesuai
dengan rencana yang telah ditetapkan dapat tercapai. Suatu
perencanaan tidak dapat diremehkan. Dengan memandang secara
objektif pada usaha yang dijalani seorang wirausahawan dapat
mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahannya, menunjukkan hal-hal
penting yang mungkin terlewatkan, melihat kesempatan pada tahap
awal, dan memulai merencanakan bagaimana wirausahawan dapat
mencapai tujuan bisnis yang terbaik. Rencana usaha juga dapat
mambantu dalam melihat masalah-masalah sebelum masalah tersebut
menjadi besar dan membantu anda mengidentifikasikan sumber
masalah tersebut , kemudian memberikan jalan untuk memecahka
masalah tersebut. Rencana usaha juga memberikan informasi yang
diperlukan pihak lain untuk menilai usaha seorang wirausahawan ,
terutama jika wirausahawan memerlukan pembiayaan dari pihak luar.
Seluruh Aspek-aspek yang ada dilakukan penggabungan yang disbut
Rencana bisnis. Pada bagian ini setidaknya memuat hal-hal berikut:
Profil konsumen.
Potensi pasar serta prospek pertumbuhannya dimasa yang akan
dating.
Market share yang ada saat ini serta kemungkinan perubahannya
dimasa yang akan datang.
Analisis kuantitatif maupun kualitatif.
Karakteristik konsumen serta kecenderungan perubahannya.
Tingkat persaingan.
Keunggulan kompetitif yang kita miliki.
Strategi pemasaran harus menjelaskan strategi harga,strategi
promosi,strategi penjualan,dan strategi lainnya.
Rencana pengembangan pemasaran dimasa yang akan dating.
Category:
Pengantar Bisnis
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar