Prinsip pokok yang harus diperhatikan dlampenggunaan
media pada setia kegiatan belajar mengajar adaalah bahwa media digunakan dan
diarahkan untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami ateri pelajaran.
Dengan demikian, penggunaan media harus dipandang dari sudut kebutuhan siswa.
Hal ini perlu ditekankan sebab sering media dipersiapkan hanya dilihat dari
sudut kepentingan guru. Contohnya, oleh karena guru kurang menguasai bahan
pelajaran yang akan diajarkan, maka guru persiapkan media OHT, dan oleh sebab
OHT digunakan untuk kepentingan guru, maka transparansi tidak didesain dengan
menggunakan prinsip-prinsip media pembelajaran, melainkan seluruh pesan yang
ingin disampaikan dituliskan pada transparan hingga menyerupai koran.
Kejadian lain yang sering terjadi adalah ketika guru
menggunakan media film atau melakukan karyawisata. Oleh karena media digunakan
tidak diarahkan untuk mempermudah belajr, maka aik film maupun karyawisata
sering hanya dijadikan sebagai media hiburan saja.
Agar media pembelajaran benar-benar digunakan untuk
membelajarkan siswa, maka ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan, di
antaranya:
a.
Media yang akan digunakan oleh
guru harus sesuai ddan diarahkan untuk mencfapai tujuan pembelajaran. Media
tidak digunakan sebagai alat hiburan, atau tidak semata-mata dimanfaatkan untuk
mempermudah guru menyampaikan materi, akan tetapi benar-benar utuk membantu
siswa belajar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
b.
Media yang akan digunakanharuys
sesuai dengan materi pembelajaran. Sesuai dengan materi pembelajaran. Setiap
materi pelajaran memiliki kekhasan dan kekompksan. Meida yang akan
digunakanharus sesuai dengan kompleksitas materi pemelajaran. Contohnya untuk
membelajarkan siswa memahami pertumbuhan jumlah pandduduki di Indonesia , maka guru perlu
mempersiapkan semacam grafik yang mencerminkan pertumbuhan itu.
c.
Media pembelajaran harus sesuai
dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa. Siswa yang memiliki kemampuan
mendengarkan yang kurang baik, akan sulit memahami pelajaran manakala digunakan
media yang bersifat auditif. Demikian juga sebaliknya, siswa yang memiliki
kemampuan penglihatan yang kurang. Akan sulit menangkap bahan pemebelajaran
yang disajikan melalui media visual. Setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya yang berbeda. Guru
perlu memerhatikan setiap kemampuan dan gaya
tersebut.
d.
Media yang akan diguanakan
harus memerhatikan efektivitas dan efisiensi. Edia yang memrluian peralatan
yang mahal belum tentu efektif untuk mencapai tujuan tertentu. Demikian juga
media yang sangat sederhana belum tentu tidak memiliki nilai. Setiap media yag
dirancang guru perlu memerhatiakn efektivitas penggunanya.
e.
Media yang diguanakn harus
sesuai dengan kemampuan guru dalam engoperasikannya. Sering media yang kompleks
terurama media-media mutakhir seperti media computer, LCD, dan media elektronik
lainnya memerlukan kemampuan khusus dlam mengoperasikannya. Media secanggih
apapun tidak akanbisa menolong tanpa kemampuan teknis mengoperasikan dan memanfaatkan
media yang akan digunakan. Hal ini perlu ditekankan, sebab sering guru
melakukan kesalahan-kesalahan yang prinsip dlam menggunakan media pembelajaran
yang pada akhirnya penggunaan media bukan menambah kemudahan siswa belajar,
malah sebaliknya mempersulit siswa.
0 komentar:
Posting Komentar