Media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi
beberapa klasifikasi tergantung dari sudut mana melihatnya.
a.
Dilihat dari sifatnya, media dapat
dibagi kedalam:
1)
Media auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau media yang hanya
memiliki unsure suara, seperti radio atau media yag hanya memiliki unsure
suara, seperti radio dan reakaman suara.
2)
Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsure
suara. Yag termasuk ke dalam media ini adalah film slide, foto,
transparasnsi, lukisan, gambar, dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti
media grafis dan lain sebagainya.
3)
Media audiovisual, yaitu jenis media yang selain menggunakan unsure suara juga
mengandung unsure gambar yang bias dilihat, misalnya rekaman video, berbagai
ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya. Kemampuan media ini
dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsure media yang
pertama dan kedua.
b.
Dilihat dari kemampuan
jangkauannya, media dapat pula dibagi ke dalam :
1)
Media yang mejmiliki liput yang
las dan serentak seperti radio dan televise. Melalui media ini siswa dapat
mempelajari hal-hal atau kejadian yang actual secara serentak tanpa harus
menggunakanruangan khusus.
2)
Media yang mempunyai daya liput
yang terbatas leh ruang dan waktu seperti film slide, film, video, dan
lain sebagainya.
c.
Dilihat dari cara atau teknik
pemakaiannya, media dapat dibagi ke dalam:
1)
Media yang diproyeksikan
seperti film, slide, film strip, transparansi, dan lain sebagainya jenis
media yang demikian memerlukan alat proyeksi khusus seperti film projector
untuk memproyeksikan film, slide projector untuk memproyeksikan film
slide, operhead projector (OHP) untuk memproyeksikan transparasi. Tanpa
dukungan alat proyeksi semacam ini. Maka media semacam ini tidak akan berfungsi
apa-apa.
0 komentar:
Posting Komentar