Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Pilihan – Pilihan Strategi Produk


1. Diferensiasi Produk
Konsumen menginginkan lebih dari sekedar produk yang sudah
mereka kenal, contoh : produsen pasta gigi “close up” menawarkan pasta
gigi yang berwarna dan menawarkan manfaat nafas wangi setelah
memakainya, dan diferensiasi produk ini cukup menyedot segmen
remaja.
2. Biaya rendah
Biaya rendah menjadi fokus strategi di bidang pabrikan,
perusahaan berusaha untuk membuat proses produksi menjadi efisien
sehingga produktivitas meningkat dan sangat menekankan pada
kemampuan karyawannya agar produk yang dihasilkan betul – betul
berbiaya rendah. Inilah yang menjadi konsep manajemen Jepang “just in
time” atau perbaikilah terus–menerus.
3. Respon yang cepat
Orang – orang kota yang tidak bersedia menghabiskan waktu

berlama – lama dalam acara makan. Akibatnya perhatian terhadap
penyajian dan pengiriman menjadi titik perhatian utama. misalnya
Strategi yang ditetapkan oleh McDonald atau KFC yang melakukan drive trough


Desain Produk
1. Desain yang tangguh/tegar
Adalah sebuah desain yang dapat diproduksi sesuia dengan
permintaan, walaupun pada kondisi yang tidak memadai pada proses
produksi.
2. Desain modular
Bermakna bahwa produk di desain dalam komponen – komponen
yang dapat dibagi – bagi dengan mudah sehingga menambah
fleksibelitas dalam produksi maupun pemasaran.
3. Computer Aided Design (CAD)
Perancangan dengan bantuan komputer adalah penggunaan
komputer untuk merancang produk secara interaktif dan menyiapkan
dokumentasi teknis. Teknolohi CAD didasarkan pada informasi desain
produk elektronik dalam bentuk digital CAD mengalami perluasan yaitu
Design for Manufacture and Assembly (DFMA), permodelan objek tiga
dimensi, Standard for the Exchange of Product Data (STEP)
4. Computer Aided Manufacturing (CAM)
CAM menunjuk pada penggunaan program komputer khusus untuk
memandu dan mengendalikan peralatan produksi. Keuntungan CAD dan
CAM
􀂾 Kualitas produk, CAD menjadikan perancang dapat meneliti lebih
banyak alternatif, bahaya yang mungkin terjadi, dan sebagainya.
􀂾 Waktu desainyang lebih pendek sehingga biaya lebih murah dan
respon cepat pada pasar.
􀂾 Pengurangan biaya produksi yang dapat mengurangi biaya.
􀂾 Ketersediaan data
􀂾 Kemampuan baru.
5. Analisis nilai (value analysis)
Memfokuskan diri pada usaha–usaha perbaikan selama produksi
berlangsung. Analisis nilai mencari perbaikan utama, bukan hanya dari
sisi kualitas tetapi juga produksi.
6. Analisis produk dengan penilaian
Analisis ini membuat daftar produk dengan urutan yang menurun
di lihat dari kontribusi biaya pada perusahaan. Analisis ini menolong
pihak manajemen untuk melakukan evaluasi berbagai alternatif strategi.
Satu hal yang pokok dalam hal keputusan produk yaitu keputusan
membeli jika biaya produksinya lebih mahal daripada biaya
pembeliannya, artinya hasil akhir dari keputusan ini adalah apakah
perusahaan jadi memproduksi produk tersebut atau tidak.
7. Persaingan berbasis waktu
Bermakna bahwa siklus hidup suatu produk menjadi lebih singkat, pada
kondisi seperti ini maka pengembangan prodik baru yang lebih cepat
akan lebih menguntungkan dan disukai darpada pengembangan yang
lambat.

0 komentar:

Posting Komentar