Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Aplikasi dan persoalan-persoalan pada e-commerce



A. Trend aplikasi e-commerce
Trend aplikasi e-commerce digunakan secara online dengan menggunakan web-web
atau situs-situs yang tersedia, seperti www.amazon.com, www.e-bay.com,
www.shopping .com dan lainya.
Adapun aplikasi yang menggunakan web dapat dioperasikan sebagai berikut :
1. Situs akan di-update secara terus menerus, misal:
- Produk-produk baru ditambahkan pada catalog
- Daftar harga-harga disesuaikan
- Iklan dan promosi baru dipublikasikan
2. Setiap perubahan harus melalui testing sebagaimana pada tahap instalasi .Yang
menjadi tren dr e-commerce adalah penggunaan portal e-commerce yang
menyediakan berbagai katalog, proses jual beli, dan pasar lelang untuk para
pelanggan dari bidang bisnis dalam atau lalu lintas industry.

B. Business to consumer e-commerce(B2C)
Kelompok ini disebut juga transaksi pasar.B2C melibatkan interaksi dan transaksi
antara sebuah perusahaan penjual dan para konsumen.Pada transaksi pasar,
konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi elektronik,
membelinya dengan elektronik cash dan system secure payment, kemudian minta
agar barang dikirimkan.
C. Kebutuhan web store
Kebutuhan web store dinilai berdasarkan beberapa factor berikut ini:
1. Petunjuk dan Informasi Pasar, yaitu sebagai alat bantu yang bermanfaat bagi
pengunjung .misalnya informasi tentang indeks saham, berita terbaru, kalkulator
serta alat bantu pengambilan keputusan.
2. Harga yaitu harga produk djual
3. Pelayanan Konsumen, yaitu tingkat pemberian tanggapan dan kualitas email serta
pelayanan pusat informasi konsumen.
4. Fasilitas dan Isi Web, yaitu ketersediaan pengecekan barang dengan hanya satu
klik, hadiah, keterangan produk, serta tanggapan dari para konsumen.
D. Business to business e-commerce(B2B)
Kelompok ini disebut sebagai transaksi antar perusahaan.B2B menyetakan penjualan
produk atau jasa yang melibatkan beberapa perusahaan dan dilakukan secara system
otomatis.Umunya, perusahaan –perusahaan yang terlibat adalah pemasok,
distributor, pabrik, took, dll.
Keuntungan B2B, jika dikerjakan dengan benar, dapat menghemat biaya,
meningkatkan pendapatan, mempercepat pengiriman, mengurangi biaya
administrasi, dan meningkatakan layanan kepada pelanggan.
E. E-commerce market place
E-commerce dalam pasar berfungsi sebagai pangsa pasar global yang tiada batas
dengan tidak adanya kalangan yang dibuat oleh pemerintah.
Pemerintah U.S telah memasukkan “Global Framework for Electronic Commerce”
di internet,yang menerangkan kerangka pengaturan pasar yang akan mendorong
pertumbuhan ekonomi pertumbuhan ekonomi digital yang menawarkan fleksible,
solusi industry yang secara efektif akan mengatasi masalah yang mungkin timbul.
F. Clicks and bricks di e-commerce
Click and brick adalah suatu strategi yang dilakukan oleh perusahaan dengan
menggunakan internet (clicks) dan toko sebagaimana penjualan tradisional (bricks),
jadi perusahaan memiliki toko virtual atu toko yang sesungguhnya.

0 komentar:

Poskan Komentar