Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Analisis Proses Bisnis


Definisi  Proses
§  proses adalah “satu set aktivitas dan sumber daya yang terdefinisi dan menerima input serta merubahnya menjadi output.”

¡  Ruang lingkup meluas dari yang paling besar dan kompleks kepada yang paling mendasar. Semua aktivitas pekerjaan adalah sebuah proses.
¡  Contoh Proses
¡  Menerima order dari pelanggan
¡  Merencanakan rapat
¡  Merakit komponen
¡  Mengadakan audit
¡  Memilih Pemasok
¡  Mengelola stok gudang, dll.

¡  Istilah-istilah(1)
Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam pembahasan mengenai proses, yaitu:

¡  Pemasok
¡  Pemilik Proses
¡  Pelanggan
¡  Input
¡  Output

¡  Istilah-istilah(2)
¡  Pemasok adalah pihak terkait sebelum proses yang menjadi objek observasi. Pemasok harus menyiapkan input sesuai dengan permintaan yang berasal dari pemilik proses.

¡  Pemasok internal adalah pihak di dalam perusahaan yang memasok sesuatu (barang/jasa/informasi) kepada rekan kerja yang lain dalam perusahaan.

¡  Pemasok eksternal adalah pihak diluar perusahaan yang memasok sesuatu ke dalam perusahaan.

¡  Istilah-istilah(3)
¡  Pelanggan adalah pihak terkait setelah proses yang menjadi objek observasi. Dengan kata lain, pelanggan adalah pihak yang menerima dan menggunakan hasil (output) dari proses.

¡  Pelanggan internal adalah pihak dalam perusahaan yang menggunakan sesuatu yang dihasilkan proses (rekan kerja) sebelumnya di dalam perusahaan. Dengan kata lain pelanggan internal adalah proses selanjutnya dari proses yang diamati.

¡  Pelanggan eksternal adalah pihak di luar perusahaan yang menggunakan sesuatu (barang/jasa/informasi) yang dihasilkan oleh perusahaan.
¡  Istilah-istilah(4)
¡  Input adalah segala sesuatu yang menjadi masukan awal ke dalam sebuah proses dapat berupa barang (material), jasa maupun informasi. Ada tiga macam input, yaitu :
§  Barang               : Produk dengan karakteristik fisik
§  Jasa                     : Pekerjaan yang dilakukan
§  Informasi          : Laporan, saran, instruksi, data.

¡  Output adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh sebuah proses. Seperti halnya dengan input, output juga dapat berupa barang (material), jasa maupun informasi
¡  Definisi Proses Bisnis
¡  Proses bisnis dari sebuah perusahaan (organisasi) dapat dinyatakan sebagai sebuah kumpulan dari banyak proses dan aktivitas. Proses-proses tersebut dapat dibedakan menjadi dua kategori utama yaitu proses inti dan proses pendukung.

¡  Proses Inti(1)
¡  Proses Inti adalah proses yang dimulai dengan identifikasi kebutuhan pelanggan (customer need), persyaratan pelanggan (customer requirement) serta harapan pelanggan (customer expectation) dan diakhiri dengan pengiriman ke pelanggan dan penerimaan pembayaran.

¡  Karakteristik dari proses inti adalah sebagai berikut :
§  Merubah kebutuhan pelanggan menjadi produk yang diharapkan pelanggan
§  Proses-proses yang berlangsung berhubungan dengan produk yang diberikan kepada pelanggan
§  Proses-proses yang mentransformasikan kebutuhan pelanggan menjadi produk yang diinginkan.

¡  Proses Inti(2)
¡  Contoh beberapa proses yang merupakan proses inti :
§  Pemasaran
§  Penjualan
§  Desain produk
§  Pembelian
§  Perencanaan Produksi
§  Produksi
§  Penyerahan produk / Jasa
§  Penagihan dan Penerimaan Pembayaran

¡  Proses Inti(3)
¡  Proses inti dapat diidentifikasi dengan memeriksa setiap proses satu persatu. Pengujian dilakukan dengan mempertimbangkan akibat yang timbul apabila suatu proses tidak dikendalikan dengan baik.

¡   Sebuah proses diklasifikasi sebagai proses inti apabila proses tersebut berdampak secara langsung dan signifikan terhadap :
§  Kepuasan pelanggan
§  Kinerja keuangan dan bisnis perusahaan
§  Keamanan produk
§  Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan.
¡  Proses Pendukung
¡  Proses pendukung adalah proses yang meskipun tidak secara langsung memberikan nilai tambah pada produk, namun perlu dilakukan untuk menjaga kelangsungan dari proses inti.

¡  Tingkatan Pemetaan Proses Bisnis
¡  Pemetaan Proses Bisnis Level 1 merupakan proses yang masih sangat global, untuk menjadikan nya lebih detail, maka level 1 harus dibreakdown menjadi aktifitas yang lebih rinci. Misalnya :
§  Level 1   : Proses Riset Pasar
§  Level 2   : Penjabaran dari proses riset pasar dimana terdapat aktivitas interview, aktivitas analisis, dst.
Level 3      : Penjabaran dari aktivitas interview, yaitu : siapkan daftar Tanya, ajukan pertanyaan, catat jawaban, dst.

0 komentar:

Posting Komentar