Definisi Proses
§ proses
adalah “satu set aktivitas dan sumber daya yang terdefinisi dan menerima input
serta merubahnya menjadi output.”
¡ Ruang lingkup meluas dari
yang paling besar dan kompleks kepada yang paling mendasar. Semua aktivitas
pekerjaan adalah sebuah proses.
¡ Contoh
Proses
¡ Menerima order dari
pelanggan
¡ Merencanakan rapat
¡ Merakit komponen
¡ Mengadakan audit
¡ Memilih Pemasok
¡ Mengelola stok gudang,
dll.
¡ Istilah-istilah(1)
Ada beberapa istilah yang
sering digunakan dalam pembahasan mengenai proses, yaitu:
¡ Pemasok
¡ Pemilik Proses
¡ Pelanggan
¡ Input
¡ Output
¡ Istilah-istilah(2)
¡ Pemasok adalah pihak terkait
sebelum proses yang menjadi objek observasi. Pemasok harus menyiapkan input
sesuai dengan permintaan yang berasal dari pemilik proses.
¡ Pemasok internal adalah pihak di dalam
perusahaan yang memasok sesuatu (barang/jasa/informasi) kepada rekan kerja yang
lain dalam perusahaan.
¡ Pemasok eksternal adalah pihak diluar
perusahaan yang memasok sesuatu ke dalam perusahaan.
¡ Istilah-istilah(3)
¡ Pelanggan adalah pihak terkait
setelah proses yang menjadi objek observasi. Dengan kata lain, pelanggan adalah
pihak yang menerima dan menggunakan hasil (output) dari proses.
¡ Pelanggan internal adalah pihak dalam
perusahaan yang menggunakan sesuatu yang dihasilkan proses (rekan kerja)
sebelumnya di dalam perusahaan. Dengan kata lain pelanggan internal adalah
proses selanjutnya dari proses yang diamati.
¡ Pelanggan eksternal adalah pihak di luar
perusahaan yang menggunakan sesuatu (barang/jasa/informasi) yang dihasilkan
oleh perusahaan.
¡ Istilah-istilah(4)
¡ Input adalah segala sesuatu yang
menjadi masukan awal ke dalam sebuah proses dapat berupa barang (material),
jasa maupun informasi. Ada tiga macam input, yaitu :
§ Barang : Produk dengan karakteristik
fisik
§ Jasa : Pekerjaan yang dilakukan
§ Informasi : Laporan, saran, instruksi, data.
¡ Output adalah segala sesuatu yang
dihasilkan oleh sebuah proses. Seperti halnya dengan input, output juga dapat
berupa barang (material), jasa maupun informasi
¡ Definisi
Proses Bisnis
¡ Proses bisnis dari sebuah perusahaan
(organisasi) dapat dinyatakan sebagai sebuah kumpulan dari banyak proses dan
aktivitas. Proses-proses tersebut dapat dibedakan menjadi dua kategori utama
yaitu proses inti dan proses pendukung.
¡ Proses
Inti(1)
¡
Proses Inti adalah proses yang
dimulai dengan identifikasi kebutuhan pelanggan (customer need), persyaratan
pelanggan (customer requirement) serta harapan pelanggan (customer expectation)
dan diakhiri dengan pengiriman ke pelanggan dan penerimaan pembayaran.
¡ Karakteristik dari proses
inti adalah sebagai berikut :
§ Merubah kebutuhan
pelanggan menjadi produk yang diharapkan pelanggan
§ Proses-proses yang
berlangsung berhubungan dengan produk yang diberikan kepada pelanggan
§
Proses-proses yang mentransformasikan kebutuhan
pelanggan menjadi produk yang diinginkan.
¡ Proses
Inti(2)
¡ Contoh beberapa proses
yang merupakan proses inti :
§ Pemasaran
§ Penjualan
§ Desain produk
§ Pembelian
§ Perencanaan Produksi
§ Produksi
§ Penyerahan produk / Jasa
§ Penagihan dan Penerimaan
Pembayaran
¡ Proses
Inti(3)
¡ Proses inti dapat diidentifikasi
dengan memeriksa setiap proses satu persatu. Pengujian dilakukan dengan
mempertimbangkan akibat yang timbul apabila suatu proses tidak dikendalikan
dengan baik.
¡ Sebuah proses diklasifikasi sebagai proses
inti apabila proses tersebut berdampak secara langsung dan signifikan terhadap
:
§ Kepuasan pelanggan
§ Kinerja keuangan dan
bisnis perusahaan
§ Keamanan produk
§ Memenuhi persyaratan yang
ditetapkan oleh peraturan.
¡ Proses
Pendukung
¡ Proses pendukung adalah proses yang
meskipun tidak secara langsung memberikan nilai tambah pada produk, namun perlu
dilakukan untuk menjaga kelangsungan dari proses inti.
¡ Tingkatan
Pemetaan Proses Bisnis
¡ Pemetaan
Proses Bisnis Level 1 merupakan proses yang masih sangat global, untuk
menjadikan nya lebih detail, maka level 1 harus dibreakdown menjadi aktifitas
yang lebih rinci. Misalnya :
§ Level
1 : Proses Riset Pasar
§ Level
2 : Penjabaran dari proses riset pasar
dimana terdapat aktivitas interview, aktivitas analisis, dst.
Level 3 :
Penjabaran dari aktivitas interview, yaitu : siapkan daftar Tanya, ajukan
pertanyaan, catat jawaban, dst.
0 komentar:
Posting Komentar