1. PENGANTAR
Organisasi atau Organization
atau bersumber dari kata kerja bahasa Latin Organizare : to form as or into a whole consisting
of interdependent or coordinated parts [membentuk sebagai atau menjadi keseluruhan dari
bagian-bagian yang saling bergantung atau terkoordinasi]
Evert M. Rogers dan Rekha Agarwala
Rogers dalam bukunya Communications in Organization
"a stable system of individuals who work togather
to achieve, through a hierarchy of ranks and division of labour, common goals"
[Suatu sistem yang mapan dari mereka
yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjang
kepangkatan dan pembagian tugas]
Robert Bonnington dan Berverd E.
Needles, Jr. dalam bukunya Modern Business : A Systems Approach
Organization is the means by which
management coordinates material and human resources through the design of a
formal structure of tasks and authority
[Organisasi adalah sarana dimana manajemen
mengkoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur
formal dari tugas-tugas dan wewenang]
Ditinjau dari
aspek Business, organisasi adalah sarana manajemen [ditinjau dari aspek
kegiatannya, bukan struktur].
" Tujuan organisasi TIDAK MUNGKIN tercapai tanpa
manajemen.
" Manajemen TIDAK MUNGKIN ada tanpa organisasi.
Manajemen ada, jika ada tujuan yang akan dicapai atau diselesaikan.
Korelasi antara
Ilmu Komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokus
kepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.
" Bentuk komunikasi apa yang terjadi
" Metode dan teknik apa yang dipakai
" Media apa yang dipakai
" Bagaimana prosesnya, dan faktor apa saja
penghambatnya
Tujuan utama dalam mempelajari
komunikasi adalah memperbaiki organisasi. Memperbaiki organisasi biasanya
ditafsirkan sebagai “memperbaiki hal-hal untuk mencapai tujuan manajemen”.
Dengan kata lain, orang mempelajari komunikasi organisasi organisasi untuk
menjadi menajer yang lebih baik. Sebagian penulis berpendapat bahwa manajemen
adalah komunikasi. Seringkali teori tradisional dan petunjuk mengenai
organisasi dan komunikasi organisasi ditulis dari suatu perspektif manajerial
dan sangat menekankan suatu pandangan obyektif.
Karenanya, saya memandang studi
komunikasi organisasi sebagai landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangan
sumber daya manusia, dan komunikasi perusahaan, dan tugas-tugas lain yang
berorientasikan manusia dalam organisasi.
Definisi Fungsional Komunikasi
Organisasi
Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan
penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu
organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi
dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam
suatu lingkungan.
Gambar di bawah ini melukiskan konsep
suatu sistem komunikasi organisasi. Garis yang putus-putus melukiskan gagasan
bahwa hubungan-hubungan ditentukan secara alami; hubungan-hubungan itu juga
menunjukkan bahwa struktur suatu organisasi bersifat luwes dan mungkin berubah
sebagai respons terhadap kekuatan-kekuatan lingkungan yang internal dan
eksternal.
Komunikasi
organisasi terjadi kapan pun, setidak-tidaknya satu orang yang menduduki suatu
jabatan dalam suatu organisasi menafsirkan suatu pertunjukkan. Karena fokusnya
adalah komunikasi di antara anggota-anggota suatu organisasi. Analisis komunikasi
organisasi menyangkut penelaahan atas banyak transaksi yang terjadi secara
simultan.
Unit Komunikasi
Suatu sistem
didefinisikan oleh Pool [1973] sebagai “setiap entitas berkelanjutan yang mampu
berada dalam dua keadaan atau lebih” . Dalam suatu sistem komunikasi, keadaan
itu adalah hubungan antara orang-orang. Dalam suatu sistem komunikasi
organisasi keadaan tsb adalah hubungan antara orang-orang dalam
jabatan-jabatan [posisi-posisi] . Unit mendasar komunikasi organisasi
adalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan,
menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saat
yang sama jabatan tsb dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambar
yang sesuai dengan keadaan orang tsb.
Bila kita melihat apa yang terjadi
ketika seseorang terlibat dalam komunikasi, kita menemukan bahwa terdapat dua
bentuk umum tindakan yang terjadi :
1. Penciptaan pesan atau, lebih
tepatnya, penciptaan pertunjukkan [to display menurut Random House
Dictionary of The English Language 1987 : anda membawa sesuatu untuk
diperhatikan seseorang atau orang lain; menyebarkan seseuatu sehingga sesuatu
tsb dapat terlihat secara lengkap dan menyenangkan] .
2. Penafsiran
pesan atau penafsiran pertunjukkan [to intepret : menguraikan atau memahami
sesuatu dengan suatu cara tertentu].
Gambar 1.2 melukiskan kedua proses ini dengan membagi orang yang
berperilaku tersebut dengan garis bergerigi
Contoh : Ketika
anda berpakaian warna merah di pagi hari, anda menciptakan pertunjukkan bagi
diri anda sendiri. Anda menempatkan diri anda sendiri, atau setidaknya apa yang
anda rasa anda pikirkan mengenai diri anda sendiri, sehingga terpandang jelas.
Anda menempatkan diri anda sendiri dalam suatru posisi yang menyenangkan bagi
pengamatan tertentu. Pakaian anda, perhiasan, dan hiasan wajah
merepresentasikan diri anda sendiri kepada orang lain.
Ada aksioma komunikasi yang berbunyi
“seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi [A person cannot not communicate]”
[Smith and Williamson, 1977, hlm. 61].
Secara teknis, seseorang tidak dapat
menghindari untuk menunjukkan pesan. Apa yang anda tunjukkan atau tempatkan
sehingga terlihat jelas memang merepresentasikan anda. Anda adalah “suatu
pertunjukkan pesan yang berjalan”. Hal yang sama dapat diterapkan kepada kantor
atau hotel anda. Kantor atau hotel adalah suatu pertunjukkan-pesan bagi mereka
yang mengunjunginya
2. PROSES KOMUNIKASI ORGANISASI
KOMUNIKASI INTERNAL
Pertukaran gagasan di antara para
administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yang
khas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalam
perusahaan, sehingga pekerjaan berjalan [operasi dan manajemen] [lihat skema
Internal Audience]
0 komentar:
Posting Komentar