Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Pengantar Komunikasi


ž ž Pengertian : Communication : Communicatio [bhs Latin]. Bersumber juga dari kata Communis = Sama [sama makna]
ž KOMUNIKASI AKAN BERLANGSUNG APABILA ADA KESAMAAN MAKNA. Kesamaan Bahasa belum tentu menimbulkan kesamaan makna.
ž Komunikasi dikatakan komunikatif apabila kedua belah pihak selain mengerti bahasa yang
dipergunakan, juga mengerti MAKNA dari bahan yang dipercakapkan
ž KEGIATAN KOMUNIKASI TDK HANYA INFORMATIF [agar pihak lain MENGERTI
   danTAHU]
   tetapi
ž PERSUASIF [agar pihak lain bersedia menerima suatu PAHAM atau KEYAKINAN, melakukan suatu perbuatan atau kegiatan]
ž CARL I. HOVLAND Ilmu Komunikasi : Upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian serta pembentukan pendapat dan sikap.
ž Obyek studi ilmu komunikasi bukan saja penyampaian informasi, melainkan juga pembentukan pendapat umum [public opinion] dan sikap publik [public attitude]
ž Definisi khusus : komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain [communication is the process to modify the behavior of other individuals]
ž  HAROL D. LASWELL solusi terbaik dalam menjawab pertanyaan
    WHO SAYS WHAT IN WHICH CHANNEL TO WHOM WITH WHAT EFFECT?
ž  Kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H
ž  Paradigma tsb menunjukkan bahwa komunikasi meliputi 5 unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, yakni :
    1. Komunikator = who [communicator, source, sender]
    2. Pesan = says what [message]
    3. Media = in which channel [channel, media]
    4. Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever,    
         recipient]
    5. Efek [effect, impact, influence]
ž  Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.
ž PROSES KOMUNIKASI
Ada dua tahap : Primer dan Sekunder
A. Proses Komunikasi secara primer : Proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang [symbol] sebagai media,  bahasa, kial [gesture], isyarat, gambar, warna, dsb.
ž Paling banyak digunakan adalah bahasa, karena mampu menerjemahkan (pikiran seseorang kpd orang lain) idea, informasi atau opini.
ž Kata-kata mengandung dua jenis pengertian :
   • Denotatif, arti sebagaimana tercantum dalam kamus [dictionary meaning]
   • Konotatif, arti emosional atau mengandung penilaian tertentu/ kiasan [emotional or evaluate meaning]
ž BAHASA MEMEGANG PERANAN PENTING DALAM PROSES KOMUNIKASI.
ž Wilbur Schramm, ahli komunikasi dalam karyanya communication research in theUSA = komunikasi akan berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator sesuai dengan kerangka acuan [frame of reference] ! paduan pengalaman dan pengertian [collection of experiences and meanings] yang pernah diperoleh komunikan.
B. Proses Komunikasi Secara Sekunder
ž Proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana* sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
ž dipakai karena relatif jauh atau jumlahnya banyak. Sarana itu, surat, telepon, fax, koran, majalah, radio, TV, film, e-mail, internet, dsb.
ž perkembangan masyarakat beserta peradaban dan kebudayaan : mediated communication [komunikasi bermedia/koran/radio/tv/internet, dll jangkauan luas/efektif efisien untuk pesan-pesan yg bersifat informatif]
ž Lingkup Komunikasi
1. Komponen Komunikasi
   Komunikator [communicator]
   Pesan [message]
   Media [media]
   Komunikan [communicant]
   Efek [efect]
2. Proses Komunikasi
   Proses secara primer
   Proses secara sekunder
ž 3. Bentuk Komunikasi
   a. Komunikasi Persona [Personal Communication]
   Komunikasi intrapersona [intrapersonal 
       communication]
   Komunikasi antarpersona [interpersonal  
       communication]
   b. Komunikasi Kelompok [Group Communication]
   Komunikasi kelompok kecil [small group
      communication] Ceramah [lecture], diskusi panel
      [panel discussion], simposium [symposium], forum,
      seminar, curah saran [brain storming], komunikasi
      antara manager dengan sekelompok karyawan,
   Komunikasi kelompok besar [large group
      communication] Public speaking, Rhetorika
   c. Komunikasi Massa [Mass Communications]
   Pers cetak [koran, majalah, tabloid]
   Pers elektronik [radio, tv, film]
   Pers digital [internet : www.detik.com,
      www.koridor.com, www.berpolitik.com,
      www.kompas.com, www.jawapos.com, : news
      portal
   d. Komunikasi medio [Medio communication]
   Surat, telepon, e-mail, pamflet, poster, brosur, spanduk, dll.
4. Sifat komunikasi
   Tatap muka [face to face]
   Bermedia [mediated]
   Verbal [verbal]
   - Lisan [oral]
   - Tulisan/ cetak [written/ printed]
   Nonverbal [non-verbal]
   - kial/ isyarat badaniah [gestural]
   - bergambar [pictorial] , facial expressions,
     spatial relationship
5. Metode Komunikasi
   Jurnalistik [journalism]
   - cetak [printed journalism]
   - elektronik [electronic journalism]
   - Digital [digital journalism]
   Humas [public relation]
   Periklanan [advertising]
   Pameran [exhibition/ exposition]
   Publisitas [publicity]
   Propaganda
   Perang urat saraf [psychological warfare]
   Penerangan [information]
6. Teknik Komunikasi
   Komunikasi informatif [informative communication]
   Komunikasi persuasif [persuasive communication]
   Komunikasi instruktif/ koersif [instructive/ coersive communication]
   Hubungan manusiawi [human relation]
7. Tujuan Komunikasi
   Perubahan sikap [attitude change]
   Perubahan pendapat [opinion change]
   Perubahan perilaku [behaviour change]
   Perubahan sosial [social change]
8. Fungsi Komunikasi
   Menyampaikan informasi/penyebaran[to inform]
   Mendidik [to educate]
   Menghibur [to entertain]
   Mempengaruhi [to influence]
9. Model Komunikasi
   Komunikasi satu tahap [one step flow communication]
   Komunikasi dua tahap [two step flow communication]
   Komunikasi multitahap [multi step flow communication]
10. Bidang Komunikasi
   Komunikasi sosial [social communication]
   Komunikasi manajemen/ organisasional [management/ organizational communication]
   Komunikasi perusahaan/bidang usaha [business communication]
   Komunikasi politik [political communication]
   Komunikasi internasional [international communication]
   Komunikasi antarbudaya [intercultural communication]
   Komunikasi pembangunan [development communication]
   Komunikasi lingkungan [environmental communication]
   Komunikasi tradisional [traditional communication], dst

0 komentar:

Posting Komentar