Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

AKUNTANSI DAN LINGKUNGAN USAHA SERTA KLASIFIKASI DAN PERILAKU BIAYA


Perkembangan Akuntansi
Sejalan dengan perkembangan sejarah dan peradaban manusia, akuntansi sebagai salah satu hasil temuan manusia ikut pula berkembang. Mulai dari pencatatan primitif dan sangat sederhana dimana terdapat catatan dalam bentuk tablet untuk pembayaran upah yang dilakukan di Babylonia sekitar tahun 3600 SM yang merupakan catatan tertua yang pernah ditemukan. Yang selanjutnya akuntansi berkembang semakin kompleks selaras dengan semakin kompleksnya dunia usaha dan masyarakat akhir-akhir ini.
Luca Pacioli, seorang rahib sekaligus ahli Matematika dari Orde Fransiskan, Italia adalah orang yang menemukan dan memperkenalkan metode tata buku berpasangan (double entry system) pada tahun 1494. selanjutnya Luca Pacioli sering dikenal sebagai Bapak Akuntansi.
Profesi Akuntan
Ada beberapa profesi akuntan, diantaranya:
l  Akuntan perusahaan atau akuntan manajemen adalah akuntan yang bekerja untuk internal suatu perusahaan dan bertugas menyiapkan informasi keuangan perusahaan dimana mereka bekerja
l  Akuntan publik adalah akuntan yang memiliki posisi independen dan bekerja untuk berbagai pihak yang membutuhkan jasa mereka dalam memeriksa dan menilai kewajaran laporan keuangan suatu perusahaan.
l  Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekreja untuk pemerintah serta berfungsi menolong dan mengamankan berbagai kepentingan pemerintah
l  Akuntan pendidik adalah akuntan yang mengabadikan dirinya didalam suatu institusi tertentu yang bertugas mempersiapkan, membimbing dan melatih nara didik untuk menjadi akuntan profesional.
Pengertian Akuntansi dan Pihak-Pihak yang berkepentingan menggunakan informasi keuangan
l  Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan-laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu perusahaan.
l  Terdapat dua pihak yang memakai informasi keuangan yakni: eksternal perusahaan (kreditor, pemerintah, pemegang saham, investor, suplier, dll). Dan internal perusahaan (direktur, para manajer, karyawan, dll)
Pengertian Akuntansi Manajemen
l  Akuntansi manajemen adalah sistem akuntansi, yakni jenis informasi yang dihasilkannya ditujukan kepada pihak-pihak internal organisasi.
KLASIFIKASI DAN PERILAKU BIAYA
1. JENIS PERUSAHAAN
l  Dilihat dari produk yang dihasilkan dan bidang usaha yang digeluti maka secara umum perusahaan dibedakan menjadi 3 macam perusahaan:
  1. perusahaan jasa,
  2. perusahaan dagang dan
  3. perusahaan manufaktur
Perusahaan Manufaktur
  1. Jenis Persediaan diperusahaan Manufaktur dibedakan menjadi:
Ø  persediaan bahan baku
Ø  Persediaan barang dalam proses
Ø  Persediaan barang jadi
2.       Jenis Biaya dalam perusahaan manufaktur
Biaya dalam perusahaan manufaktur dikelompokkan menurut spesifikasi manfaatnya yakni:
l  Biaya bahan baku
l  Biaya tenaga kerja langsung
l  Biaya overhead
l  Biaya administrasi dan umum
l  Biaya Pemasaran
Kemudian biaya-biaya tersebut dikelompokkan lagi kedalam 2 kelompok biaya yakni:
l  Biaya produksi  (Biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead)
l  Biaya operasi/komersial (biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum)

Perilaku biaya
Perilaku biaya adalah reaksi biaya terhadap perubahan volume  aktivitas suatu perusahaan.
Berdasarkan perilakunya terhadap perubahan volume dari suatu produk tertentu didalam suatu perusahaan maka biaya dapat dikelompokkan menjadi:
l  Biaya variabel
l  Biaya tetap
l  Biaya semivariabel 

0 komentar:

Posting Komentar