Analisa
biaya-volume-laba adalah suatu metode analisis untuk melihat hubungan antara
besarnya biaya yang dikeluarkan suatu perusahaan dan besarnya volume penjualan
serta laba yang diperoleh pada suatu periode tertentu
Hubungan
Diantara Beberapa Elemen
Analisis
biaya-volume-laba membantu manajer untuk melihat hubungan antara lima elemen:
- Harga produk
- Volume atau tingkat aktivitas
- Biaya variabel per unit
- Total biaya tetap
- Bauran produk
Marjin Kontribusi & Titik Impas
Marjin kontribusi adalah selisih antara
nilai penjualan dengan biaya variabelnya. Jumlah tersebut akan digunakan untuk
menutup biaya tetap dan menghasilkan laba periode tersebut. Besarnya marjin konribusi
per unit yang dapat diperoleh suatu perusahaan akan menentukan kecepatan
perusahaan tersebut menutup biaya tetapnya dan kemampuanya menghasilkan laba.
Titik Impas adalah volume penjualan
yang harus dicapai perusahaan agar perusahaan tidak mengalami kerugian tetapi
juga tidak memperoleh laba sama sekali
Cara Perhitungan Impas
Rumus Perhitungan impas dalam satuan yang
terjual, adalah:
Impas = Biaya Tetap
Harga Jual – Biaya Variabel
(Per Satuan) (Per Satuan)
Rumus
Perhitungan impas dalam rupiah penjualan, adalah:
Impas = Biaya Tetap
1 – Biaya Variabel Per Satuan
Harga
Jual Per Satuan
0 komentar:
Posting Komentar