Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Analisis Biaya-Volume-Laba

Analisa biaya-volume-laba adalah suatu metode analisis untuk melihat hubungan antara besarnya biaya yang dikeluarkan suatu perusahaan dan besarnya volume penjualan serta laba yang diperoleh pada suatu periode tertentu
Hubungan Diantara Beberapa Elemen
Analisis biaya-volume-laba membantu manajer untuk melihat hubungan antara lima elemen:
  1. Harga produk
  2. Volume atau tingkat aktivitas
  3. Biaya variabel per unit
  4. Total biaya tetap
  5. Bauran produk
Marjin Kontribusi & Titik Impas
Marjin  kontribusi adalah selisih antara nilai penjualan dengan biaya variabelnya. Jumlah tersebut akan digunakan untuk menutup biaya tetap dan menghasilkan laba periode tersebut. Besarnya marjin konribusi per unit yang dapat diperoleh suatu perusahaan akan menentukan kecepatan perusahaan tersebut menutup biaya tetapnya dan kemampuanya menghasilkan laba.
  Titik Impas adalah volume penjualan yang harus dicapai perusahaan agar perusahaan tidak mengalami kerugian tetapi juga tidak memperoleh laba sama sekali
Cara Perhitungan Impas
Rumus Perhitungan impas dalam satuan yang terjual, adalah:
Impas =                    Biaya Tetap
                                    Harga Jual – Biaya Variabel  
                                    (Per Satuan) (Per Satuan)
                Rumus Perhitungan impas dalam rupiah penjualan, adalah:
Impas = Biaya Tetap
                                     1 – Biaya Variabel Per Satuan
                                                Harga Jual Per Satuan 

0 komentar:

Posting Komentar