Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

SEJARAH MUSIK TRADISIONAL DAN MODERN


Sejarah Musik

            Istilah “musik” sudah sangat akrab di telinga kita, bahkan hampir satiap saat kita berinteraksi dengan musik. Hal ini terjadi karena dalam kegiatan sehari-hari indera pendengar kita senantiasa bersentuhan dengan bunyi, baik yang dalam bentuk sederhana maupun yang lebih complex seperti musik.
           
            Menurut sejarahnya, musik dianggap seni yang paling tua usianya, bahkan sama tuanya dengan keberadaan manusia di permukaan bumi. Hal ini dikarenakan semenjak lahir kita telah berhubungan dengan musik. Dalam peradaban masyarakat di Mesir dan Yunani kuno, musik dianggap sebagai suatu aktivitas yang sangat penting. Hal ini terbukti dengan adanya lukisan-lukisan purba yang menggambarkan kegiatan musik karena mereka banyak mempergunakan musik dalam kegiatan upacara-upacara ritual yang berhubungan dengan kekuatan gaib.


            Dalam perkembangan sejarah musik, terdapat dua rumpun musik yang berbeda yaitu musik yang berasal dari barat dan musik yang berasal dari timur. Masing-masing rumpun musik tersebut memiliki system nada yang berbeda. Musik disusun berdasarkan frekuensi yang tetap dalam tujuh nada (tangga nada dianotis) yang kemudian berkembang menjadi system 12 nada yang bergerak sama (tangga nada khromatis).

            Sedangkan musik timur menggunakan system nada yang amatematik, yaitu tangga nada pentatonic. Yang nada-nadanya disusun dalam jarak yang tidak sama untuk satu oktafnya.

            System musik barat digunakan dalam pengembangan daya pikir abstrak, imajinasi dan kreatifitas. Musik dapat dipelajari dengan lebih nyata. Hal ini telah dapat membawa musik barat memasuki wilayah timur dengan kegunaan yang lebih luas dari pada musi timur.

            Dalam sejarahnya, musik barat disusun atas perkembangan teknik komposisi dan praktek memainkan musik yang disusun dalam segmen zaman dan gaya musik. Sedangkan perkembangan musik timur belum dapat disusun berhubung jenis komposisi musik yang dihasilkan masih berkisar dalam bentuk musik vocal. Musik timur (Nusantara) berkembang tanpa melalui tahapan-tahapan yang jelas, bukan berkembang dari evolusi bentuk komposisi dan praktek musik, melainkan lebih kepada proses pemenuhan kebutuhan musik ringan. Sampai saat ini fungsi musik adalah sebagai  kebutuhan hiburan, baik di Nusantara maupun di belahan dunia manapun, sebagian besar orang memanfaatkan musik hanya sebatas kebutuhan sesaat. Sebagian besar pendidikan musik di Negara-negara berkembang masih kurang konsisten sehingga pemanfaatan musik untuk hal-hal yang bersifat keilmuan masih sangat kurang, padahal musik sangat bermanfaat bagi daya pengembangan cara berfikir otak maupun sebagai pengobat dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar