Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Sejarah Dunia Kuno / Masa Silam


 PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS



I           Letak Geografis



·           Di sebelah Utara berbatasan dengan China yang dibatasi Gunung Himalaya

·           Selatan berbatasan dengan  Srilanka yang dibatasi oleh Samudera Indonesia

·           Barat berbatasan dengan Pakistan

·           Timur berbatasan dengan Myanmar dan Bangladesh





II         Peradaban sungai Indus (2500 SM)



·           Kebudayaan kuno India ditemukan di kota tertua India yaitu daerah Mohenjodaro dan Harappa .

·           Penduduk Mohenjodaro & Harappa adalah bangsa Dravida

·           Mohenjodaro dan Harappa merupakan kota tua yang dibangun berdasarkan :


·           Perencanaan yang sudah maju

·           Rumah-rumah terbuat dari batu-bata

·           Jalan raya lurus dan lebar

·           Saluran air bagus

·           Terdapat hubungan dagang antara Mohenjodaro dan Harappa dengan Sumeria.



Pada abad 16 SM, bangsa Arya (pengembara) datang ke India secara bergelombang dan menetap di dataran rendah Sungai Gangga dan Sungai Yamuna.



Akibat kedatangan bangsa Arya maka penduduk asli menjadi golongan manusia yang paling rendah yaitu kasta Syudra. Pembagian kasta oleh bangsa Arya dimaksudkan supaya tidak terjadi percampuran antara penduduk asli dan bangsa Arya.



Kasta dibagi menjadi 4 srata yaitu :



1)         Kasta Brahmana, para pendeta

2)         Kasta Ksatrya, Raja dan tentara (Arya)

3)         Kasta Waisya, pedagang dan penguasa

4)         Kasta Syudra, buruh dan petani





Selain itu terdapat juga Golongan Paria yaitu golongan tanpa kasta yang sangat hina dan menyedihkan.



III.       Konsep Kepercayaan



1)         Agama Hindu

·           Kepercayaan bangsa Arya adalah Hindu

·           Kitab sucinya Weda

·           Dewa Terpenting agama Hindu adalah :

·           Brahma, dewa pencipta alam

·           Wisynu, dewa pemelihara Alam

·           Syiwa, dewa perusak alam

·           Falsafah Hindu yaitu "Uppanisad" pada intinya membahas hubungan antara Brahman dan Atman. Brahman sumber kesucian dan kebersihan sedangkan Atman adalah manusia

2)         Agama Budha



·           Lahirnya agama Budha merupakan reaksi terrhadap agama Hindu, yang dipelopori oleh Sidharta Gautama (566-486 SM), anak Shidodana, Raja Kapilawastu Nepal.

·           Agama Budha berkembang pesat pada masa  Raja Asyoka (3 SM) hingga menyebar ke Srilanka, China, Jepang, Thailand,Kamboja dan Indonesia.



iv.        Kesusastraan



Kesusatraan India yang terkenal adalah kisah Mahabrata dan Ramayana, yang berisi tentang perang antara Pandawa dan Kurawa.





PERADABAN  LEMBAH SUNGAI GANGGA



Pusat Peradaban



Lembah Sungai Gangga terletak antara Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Windya-Kedna. Sungai itu bermata air di Pegunungan Himalaya dan mengalir melalui kota-kota besar seperti Delhi, Agra, Allahabad, Patna, Benares, melalui wilayah Bangladesh dan beruaram di teluk Benggala. Sungai Gangga bertemu dengan sungai Kwen Lun. Dengan keadaan alam seperti ini tidak heran bila Lembah Sungai Gangga sangat subur.

            Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga adalah bangsa Aria yang termasuk bangsa Indo German. Mereka datang dari daerah Kaukasus dan menyebar ke arah timur. Bangsa Aria memasuki wilayah India antara tahun 2000-1500 SM, melalui celah Kaiber di pegunungan Himalaya. Mereka adalah bangsa peternak dengan kehidupannya terus mengembara. Tetapi setelah berhasil mengalahkan bangsa Dravisa di Lembah Sungai Shindu dan menguasai daerah yang subur, mereka akhirnya bercocok tanam dan hidup menetap. Selanjutnya mereka menduduki Lembah Sungai Gangga dan terus mengembangkan kebudayaannya.

Pada dasarnya peradaban dan kehidupan bangsa Hindu telah tercantum dalam kitab suci Weda (Weda berarti pengetahuan), juga dalam kitab Brahmana dari Upanisad. Ketiga kitab itu menjadi dasar kehidupan orang-orang Hindu.

            Kitab suci Weda merupakan kumpulan dari hasil pemikiran para pendeta (Resi). Pemikiran-pemikiran para pendeta (Resi) itu dibukukan oleh Resi Wiyasa.

Empat bagian Kitab Weda



·           Reg-Weda, berisi syair-syair pemujaan kepada dewa-dewa.

·           Sama-Weda, memuat nyanyian-nyanyian yang dipergunakan untuk memuja dewa-dewa.

·           Yayur-Weda, memuat bacaan-bacaan yang diperlukan untuk keselamatan.

·           Atharwa-Weda, memuat ilmu sihir untuk menghilangkan marabahaya.



Keempat buku itu ditulis pada tahun 550 SM dalam bahasa Sansekerta. Ajaran agama Hindu memuja banyak dewa (polytheisme). Dewa utama yang dipuja dalam agama Hindu adalah Dewa Brahma sebagai pencipta, Dewa Wisnu sebagai pemelihara atau pelindung, Dewa Siwa sebaga pelebur (pembinasa/penghancur). Di samping itu, juga dipuja dewa-dewa seperti Dewi Saraswati (Dewi Kesenian), Dewi Sri (Dewi Kesuburan), Dewa Baruna (Dewa Laut), Dewa Bayu (Dewa Angin), Dewa Agni (Dewa Api), dan lain-lain.



Umat Hindu yang ada di India berjiarah ke tempat-tempat suci seperti kota Benares, yaitu sebuah kota yang dianggap sebagai tempat bersemayamnya Dewa Siwa.

            Sungai Gangga juga dianggap keramat dan suci oleh umat Hindu. Menurut kepercayaan umat Hindu India, "air Sungai Gangga" dapat menyucikan diri manusia dan menghapus segala dosa.

            Agama Budha muncul ketika beberapa golongan menolak dan menentang pendapat kaum Brahmana. Golongan ini dipimpin oleh Sidharta Gautama (531 SM).



Sidharta Gautama adalah putera mahkota dari kerajaan Kapilawastu (Suku Sakia). Ia termasuk kasta Ksatria. Setelah kurang lebih tujuh tahun mengalami berbagai cobaan berat, penyesalan dan penderitaan, akhirnya ia mendapatkan sinar terang di hati sanubarinya dan menjadilah Sidharta Gautama Sang Budha (artinya Yang Disinari).

            Pertama kali Sang Budha berkotbah di Taman Rusa (Benares). Agama Budha tidak mengakui kesucian kitab-kitab Weda dan tidak mengakui aturan pembagian kasta di dalam masyarakat. Oleh karena itu ajaran agama Budha sangat menarik bagi golongan kasta rendah. Kitab suci agama Budha bernama Tripitaka (Tipitaka).



Pemerintahan



Kerajaan Gupta didirikan oleh Raja Candragupta I (320-330 M) dengan pusatnya di lembah Sungai Gangga. Kerajaan Gupta mencapai masa yang paling gemilang ketika Raja Samudra Gupta (cucu Candragupta I) berkuasa. Ia menetap di kota Ayodhia sebagai ibu kota kerajaannya.



Raja Samudragupta digantikan oleh anaknya yang bernama Candragupta II (375-415 M). Candragupta II terkenal sebagai Wikramaditiya. Pada masa pemerintahan Candragupta II terkenal seorang pujangga yang bernama Kalidasa dengan karangannya berjudul Syakuntala.



Setelah meninggalnya Candragupta II, kerajaan Gupta mulai mundur. Bahkan berbagai suku bangsa dari Asia Tengah melancarkan serangan terhadap kerjaan Gupta. Maka hampir dua abad, India mengalami masa kegelapan dan baru pada abad ke-7 M tampil seorang raja kuat yang bernama Harshawardana.



Ibu kota Kerajaan Harsa adalah Kanay. Pujangga yang terkenal di masa kekuasaan Harshawardana bernama pujangga Bana dengan buku karangannya berjudul Harshacarita.



Setelah masa pemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11 M tidak pernah diketahui adanya raja-raja yang berkuasa. India mengalami masa kegelapan.



Bentuk Kebudayaan Lembah Sungai Gangga



Kebudayaan Lembah Sungai Gangga merupakan campuran antara kebudayaan bangsa Arya dengan kebudayaan bangsa Dravida. Kebudayaan ini lebih dikenal dengan kebudayaan Hindu. Daerah-daerah yang diduduki oleh bangsa Indo-Arya sering disebut dengan Arya Varta (Negeri Bangsa Arya) atau Hindustan (tanah milik bangsa Hindu). Bangsa Dravida mengungsi ke daerah selatan, kebudayaannya kemudian dikenal dengan nama kebudayaan Dravida.





PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING



Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang).



Letak Geografis



            Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur.



Pertanian



            Pada daerah yang subur itu masyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum, padi, teh, jagung dan kedelai. Pertanian Cina kuno sudah dikenal sejak zaman Neolitikum, yakni sekitar tahun 5000 SM. Kemudian pada masa pemerintahan Dinasti Chin (221-206 SM) terjadi kemajuan yang mencolok dalam sistem pertanian. Pada masa ini pertanian sudah diusahakan secara intensif. Pupuk sudah dikenal untuk menyuburkan tanah. Kemudian penggarapan lahan dilakukan secara teratur agar kesuburan tanah dapat bertahan. Irigasi sudah tertata dengan baik. Pada masa ini lahan gandum sudah diusahakan secara luas.



Teknologi



            Bumi Cina mengandung berbagai barang tambang seperti batu bara, besi, timah, wolfram, emas dan tembaga, yang sebagian besar terdapat di daerah Yunan. Pembuatan barang-barang seperti perhiasan, perabotan rumah tangga, alat-alat senjata seperti pisau, pedang, tombak, cangkul, sabit dan lain-lain, menunjukan tingginya tingkat perkembangan teknologi masyarakat Cina pada saat itu.



Aksara dan Bahasa



            Masyarakat Cina sudah mengenal tulisan, yaitu tulisan gambar. Tulisan gambar itu merupakan sebuah lambang dari apa yang hendak ditunjukkan. Tulisan itu merupakan salah satu sarana komunikasi. Untuk memupuk rasa persatuan dan rasa persaudaraan, pada permulaan abad ke-20 dikembangkan pemakaian bahasa persatuan, yaitu bahasa Kuo-Yu.



Pemerintahan



Dalam perjalan sejarahnya, ada dua macam sistem pemerintahan yang pernah dianut dalam kehidupan kenegaraan Cina kuno, yaitu:



·           Sistem Pemerintahan Feodal, dalam masa pemerintahan ini, kaisar tidak menangani langsung urusan kenegaraan. Kondisi ini berlatar belakang bahwa kedudukan kaisar bersifat sakral. Kaisar dihormati sebagai utusan atau bahkan anak dewa langit, sehingga tidak layak mengurusi politik praktis.

·           Sistem Pemerintahan Unitaris, kaisar berkuasa mutlak dalam memerintah. Kekuasaan negara berpusat di tangan kaisar, sehingga kaisar campur tangan dalam segala urusan politik praktis.



Dinasti  yang Berkuasa



(1)        Dinasti pertama yang berkuasa di Cina adalah dinasti Syang (Hsia).



Berdasarkan cerita rakyat Cina, pada zaman dinasti Syang telah berkembang sistim kepercayaan memuja para dewa. Dewa tertinggi yang bernama Dewa Shang-Ti. Dinasti Syang berakhir sekitar tahun 1766 SM dan digantikan oleh dinasti Yin (1700-1027 SM).



(2)        Dinasti Chou adalah dinasti ketiga yang berkuasa di Cina.



Pada zaman kekuasaan dinasti Chou ini muncul tokoh-tokoh filsafat yang memiliki peranan penting dalam perkembangan kehidupan rakyat Cina hingga kini, seperti Lao Tse dan Kong Fu Tse.



Dinasti ini didirikan oleh raja Cheng yang bergelar Shih Huang Ti.



Tembok Besar  Cina



Untuk menghalang-halangi gerakan-gerakan dari bangsa pengembara yang berada di sebelah utara negeri Cina, Shih Huang Ti memerintahkan untuk membangun tembok besar yang dikerjakan selama kira-kira 18 abad dan berakhir pada zaman Dinasti Ming (abad ke-17 M).



Setelah Shih Huang Ti meninggal pada tahun 210 SM, para gubernur dari tiap-tiap provinsi berusaha untuk merebut kekuasaan tertinggi di Cina. Dalam keadaan kacau itu, Liu Pang muncul bersama pasukannya dan berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan mengatasi kekacauan tersebut. Setelah berhasil menduduki tahta kekaisaran, selanjutnya Liu Pang mendirikan dinasti baru bernama Dinasti Han. Pada masa kekuasaan dinasti ini, ajaran Kong Fu Tse mulai diterapkan dan dikembangkan lagi.



(3)        Dinasti Han



Dinasti Han mencapai masa kejayaannya di bawah pemerintahan kaisar Han Wu Ti. Kerajaan Cina meliputi Asia Tengah, Kore, Mansyuria Selatan, Anam, Sinking.



Setelah kaisar Han Wu Ti meninggal pada tahun 87 M, Dinasti Han mengalami kemunduran dan akhirnya runtuk pada tahun 221 M. ketika terjadi kekacauan bangsa tartar menyerang Cina, dan akhirnya sebagian negeri Cina dapat dikuasainya. Namun pada abad ke-7 M negeri Cina berhasil dipersatukan kembali di bawah pemerintahan kaisar-kaisar dari Dinasti T'ang.



(4)        Dinasti Tang



Kerajaan T'ang didirikan oleh Li Shih Min yang terkenal dengan nama Kaisar T'ang T'ai Tsung. Ia memperluas wilayah kekuasaannya ke luar negeri Cina seperti selatan menguasai Ton-kin, Annam dan Kamboja. Ke sebelah barat menguasai Persia dan laut Kaspia. Di bawah kekuasaan T'ang T'ai Tsung, dinasti T'ang mencapai masa kejayaannya. Pada bidang seni syair dan seni lukis terdapat seniman-seniman yang terkenal seperti Li Tai Po, Tu Fu, dan Wang Wei.



Tindakan-tindakan kaisar T'ang T'ai Tsung yang menarik perhatian rakyatnya adalah sebagai berikut:



·           Dikeluarkannya undang-undang yang mengatur pembagian tanah.

·           Membuat peraturan-peraturan pajak.

·           Membagi Kerajaan Cina menjadi 10 Provinsi.



Pada abad ke-10 M, dinasti T'ang runtuh dan negeri Cina kembali mengalami kekacauan dan silih berganti raja-raja memerintah. Baru pada tahun 960 kekacauan ini berhasil diatasi dan selanjutnya berdiri Dinasti Sung.



Filsafat



Filsafat Cina berkembang pada masa pemerintahan Dinasti Chou. Pada masa itu lahir tiga ahli filsafat Cina, yakni Lao Tse, Kong Fu Tse, dan Meng Tse.



(1)        Ajaran Lao Tse tercantum dalam bukunya yang berjudul Tao Te Cing. Lao Tse percaya bahawa ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi, yaitu bernama Tao. Ajaran Lao Tse bernama Taoisme.

(2)        Ajaran Kong Fu Tse berdasarkan Tao juga. Menurut ajaran Kong Fu Tse, Tao adalah sesuatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini, sehingga tercapai keselarasan.

(3)        Meng Tse (372-280 SM) adalah seorang murid Kong Fu Tse yang melanjutkan ajaran gurunya.



Kebudayaan

            Ajaran Lao Tse, Kong Fu Tse dan Meng Tse mulai dibukukan, baik oleh filsuf itu sendiri maupun oleh para pengikutnya. Li Tai Po dan Tu Fu merupakan dua orang pujangga terkenal yang hidup di zaman Dinasti T'ang (abad ke-118 M).



Tembok Besar Cina



Tembok Besar Cina (The Great Wall of China) dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Chin. Namun, sebelum dinasti Chin berkuasa di Cina, sebenarnya di daerah Cina utara sudah dibangun dinding terpisah untuk menangkal serangan yang dilakukan oleh suku di sebelah utara Cina. Pada masa pemerintahan kaisar Shih Huang TI, dinding-dinding itu dihubungkan menjadi tembok raksasa yang panjangnya mencapai 7000 kilometer dan tingginya 16 meter serta lebarnya 8 meter. Pada jarak tertentu didirikan benteng pertahan yang dijaga ketat oleh pasukan Cina. Tembok raksasa ini dibangun dalam waktu 18 abad lamanya dan selesai pada masa kekuasaan Dinasti Ming (abad ke-17 M).



Kuil

            Salah satu kuil yang terkenal di Cina bernama Kuil Dewa Beijing. Terbuat dari batu pualam yang dikelilingi tiga pelataran yang amat indah serta di bagian tengah terdapat tangga yang terbuat dari batu pualam pilihan. Atap bangunan dibuat berlapis tiga.



Istana

            Istana kaisar atau raja Cina dibangun dengan sangat megah dan indah. Tujuannya sebagai tanda penghormatan terhadap raja atau kaisar.



Seni kerajinan

Seni Lukis

            Perkembangan seni lukis sangat pesat, bahkan lukisan-lukisan hasil karya dari tokoh-tokoh ternama menghiasi dinding tembok istana atau kuil-kuil.



Keramik

            Keramik merupakan ciri khas dari hasil karya masyarakat Cina. Keramik-keramik ini memiliki nilai sangat tinggi dan bahkan menjadi barang yang diperdagangkan oleh masyarakat Cina.





PERADABAN LEMBAH SUNGAI EUFRAT DAN TIGRIS



i.          Letak Geografis



Mesopotamia adalah suatu daerah yang terletak diantara dua sungai, yaitu sungai Eufrat dan Tigris (

Mezo=tengah, potamus=sungai)



Terletak di Asia Barat Daya, yang berbatasan dengan :



·           Teluk Persia dan Iran sebelah Timur dan Timur Laut

·           Iran dan Turki, sebelah Utara

·           Sirya dan Yordania, disebelah Barat

·           Saudi Arabia dan Kuwait, disebelah Selatan

·           Sumeria merupakan daerah subur, sehingga selalu diperebutkan oleh bangsa :



ii.         Bangsa Sumeria



Bangsa Sumeria merupakan penguasa pertama daerah Mesopotamia



Hasil Kebudayaan Bangsa Sumeria :



·           Mengenal bentuk tulisan yang disebut huruf paku

·           Menggunakan batu-bata sebagai bahan bangunan untuk membuat tembok rumah

·           Mengetahui penanggalan : 1 tahun terdiri  12 bulan = 350 hari,  1 hari terdiri : 24 jam, 1 jam = 60 menit, 1 menit = 60 detik

·           Mengetahui suatu lingkaran = 360°

·           Dalam kesusastraan menghasilkan wiracarita/kisah kepahlawanan yaitu : Gilgamesh

·           Kepercayaan bangsa Sumeria adalah kepercayaan terhadap gejala dan kekuatan alam sehingga dikenal beberapa dewa yaitu : Dewa Langit, Dewa Bumi, Dewa Lautan



·           Telah mengadakan hubungan dengan kota Mohenjodaro dan Harappa



iii.        Bangsa Babilonia Lama (3000 SM)



Raja Babilonia I adalah Hamurabi (+1900 SM)



Hasil Kebudayaan bangsa Babilonia I adalah :



·           Codex Hamurabi, yaitu undang-undang yang dipahatkan di batu yang berisi : larangan main hakim sendiri, sehingga keamanan dan keadilan masyrakat dijunjung tinggi.Hukum perdata dan Pidana

·           Konsep kepercayaan bangsa Babilonia I telah mengenal dewa-dewa.

·           Dewa Marduk merupakan Dewa Utama



Kerajaan Babilonia I hancur setelah mendapat serangan dari Bangsa Asyiria



iv.        Bangsa Assyria



Bangsa Asyiria merupakan bangsa yang militan dan sangat kejam



Bangsa Asyiria mendirikan kerajaan di tepi Sungai Tigris dengan ibukotanya Niniveh. Niniveh merupakan pusat peradaban bangsa Asyiria.



Pada masa kekuasaan Raja Sagon (732 SM) bangsa Asyiria menguasai daerah : Funisia, Palestina, Libanon, dan Israel (bangsa Israel dijadikan budak)



Pada Masa Raja Assarbanibal (650 SM) bangsa Asyiria berhasil menguasai Mesir



v.         Babilonia Baru



Nebopalasar sebagai pendiri kerajaan Babilonia baru.



Babilonia mencapai kejayaan pada masa Nebukadnezar (612-536 SM)



Hasil kebudayaan Babilonia baru adalah :



·           Taman gantung dan Istana Bertingkat

·           Menara Babilonia, tidak pernah selesai karena pekerjanya berselisish faham karena tidak mengerti bahasa masing-masing

·           Babilonia baru melanjutkan kebudayaan Babilonia lama dan Sumeria

·           Telah mengenal ilmu perbintangan : gerhana matahari dan bulan.



Kerajaan Babilonia berakhir ( + 536 SM)









PERADABAN LEMBAH SUNGAI NIL



i.          Letak Geografis Mesir



Terletak di benua Afrika :



Sebelah Barat berbatasan          : Libia

Sebelah Timur berbatasan          : Laut Merah

Asebalah Utara berbatasan        : Laut Tengah

Sebelah Selatan berbatasan : Sudan

Antara Laut Tengah dan Laut Merah terdapat Terusan Suez yang menghubungkan pelayaran Eropa dan Asia



ii.         Hasil Kebudayaan Mesir Kuno



Kebudayaan Mesir berkembang sejak 3000 SM,  di Lembah Sungai Nil, yaitu sungai terpanjang di dunia



Hasil-hasil kebudayaan Mesir Kuno antara lain :



·           Piramida, yaitu bangunan yang terbuat dari batu yang disusun berbebtuk kerucut yang berfungsi untuk menyimpan mummi. Mummi adalah mayat raja-raja Mesir Kuno yang diawetkan

·           Obelisk, adalah tugu-tugu yang menjulang tinggi ke angkasa, sebagi tempat pemujaan

·           Sphinx, adalah patung hewan-hewan mitologis yang bebadan singa dan bermuka manusia

·           Hieroglyph, adalah huruf bebrbebtuk gambar yang diukir pada batu. Hieroglyph ini menjadi dasar alphabet yang sekarang kita pakai.



Penelitian tentang huruf Hieroglyph pertama kali dilakukan oleh Heredotus abad ke-6 SM, tetapi ia tidak berhasil; mengungkapkan isi tulisan tersebut.



·           Batu Roseta yaitu batu bertulis yang ditemukan di tepi Sungai Roseta. Dalam batu ini terdapat tulisan Hieroglyp dan tulisan Yunani Kuno.



Isi tulisan Hieroglyph baru dapat diketahui setelah ditemukannya Batu Roseta,



Mesir merupakan satu-satunya pusat kebudayaan tertua di benua Afrika yang berasal dari tahun 4000 SM. Hal ini diketahui melalui penemuan sebuah batu tulis di daerah Rosetta oleh pasukan Perancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte (1797-1799). Ketika itu pasukan Perancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte melancarkan serangan dan pendudukan terhadap daerah Mesir (1797-1798). Batu tulis itu berhasil dibaca oleh seorang Perancis yang bernama Jean Francois Champollion (1800) sehingga sejak tahun itu terbukalah tabir sejarah Mesir Kuno yang berasal dari tahun 4000 SM.



Untuk mengungkap isi tulisan Hieroglyph tersebut Napoleon menyuruh sejarawan Perancis yang bernama Champollion.

Hasil penelitian  Champollion selama 20 tahun dapat mengungkap sejarah Mesir Kuno sehingga menghasilkan perpustakaan Mesir Kuno yang ditulis diatas bahan Papyrus (tumbuhan air yang berada di tepi Sungai Nil).



iii.        Ilmu Pengetahuan Mesir Kuno



Bangsa Mesir Kuno telah mengenal :



·           Ilmu Astronomi (ilmu Bintang), yaitu : dengan mengamati siklus bintang Sirius atau Sothis  yang bertepatan dengan pasang naiknya air Sungai Nil. Hasilnya : mereka sudah mengenal kalender yaitu  setahun  terdiri dari 12 bulan, setiap bulan 30 hari, jadi setahun ada 360 hari, kemudian direvisi menjadui 365 hari

·           Ilmu Kedokteran yang terdiri dari 3 jenis aliran :

·           Mengutamakan penyembuhan penyakit dengan obat-obatan

·           Mengutamakan penyembuhan penyakit secara anatomis tubuh  dan bagian-bagiannya (pijat refleksi)



·           Mengutamakan penyembuhan penyakit secara gaib(magic)



iv.        Konsep Kepercayaan Mesir Kuno



·           Dewa bangsa Mesir kuno adalah Dewa Ammon yaitu Dewa Matahari. Raja Mesir Firaun menganggap dirinya adalah anak Dewa Ammon.Burung Elang sebagi burung penghubung antara Dewa Ammon dan manusia

·           Bangsa Mesir kuno percaya bahwa, Roh orang meninggal akan hidup terus asal badannya utuh. Sehingga mayatnya diawetkan menjadi mummi.

·           Bangsa Mesir kuno juga beranggapan bahwa kehidupan di alam baqa sama dengan di dunia.



v.         Kerajaan Mesir Kuno



·           Kerajaan Mesir Kuno dipimpin oleh seorang Raja yang bernama Fir'aun dengan kekuasan mutlak. Raja sebagai kepala agama dan panglima angkatan perang.

·           Sistem Feodal, raja dan bangsawan mempunyai tanah yang luas

·           Sistem Pajak, petani wajib menyerahkan 1/5 bagian dari hasil panennya sebagi pajak

·           Sistem Tata pemerintahan

·           Sensus Penduduk dan ternak, pengukuran tanah



vi.        Pemerintahan



Raja-raja dari zaman Mesir Tua bertahta di Thinis. Raja yang pertama bernama Firaun Menes. Pada awalnya kerajaan Mesir terdiri dari dua kerajaan, yaitu kerajaan Mesir Hulu dan Mesir Hilir. Kedua kerajaan ini berhasil dipersatukan oleh Firaun Menes. Oleh karena itu, Raja Mesir juga disebut dengan nama Nesutbiti (Raja Mesir Hulu dan Mesir Hilir). Raja Mesir memakai mahkota kembar. Raja-raja yang terkenal dari zaman Kerajaan Mesir Tua antara tahun 2800-2700 SM adalah Raja Chufu (Cheops), Chefren, dan Menkaure.



Pada masa pemerintahan Firaun Pepi I (±2500 SM), kerajaan Mesir memperluas daerahnya sampai ke Nubia Selatan dan Abessynia. Tetapi setelah masa pemerintahan Firaun Pepi II, kerajaan Mesir dengan pusatnya Memphis semakin lemah dan musuh-musuh dari luar mendapat kesempatan untuk memecah belah kerajaan Mesir menjadi kerajaan-kerajaan kecil.



Kerajaan Mesir telah terpecah belah akibat terjadinya pertentangan dan persaingan antara kaum bangsawan feodal. Persaingan dan pertentangan ini berhasil diatasi dan dipersatukan oleh raja dari kerajaan Thebe yang bernama Firaun Sesostris III (±1880 SM). Bahkan raja ini berhasil memperluas wilayahnya ke daerah Nubia. Firaun Sesostris III juga menyerang dan menduduki daerah Palestina, bahkan sampai ke daerah Sichem.



Setelah bangsa Hyksos berkuasa di Mesir, mereka menetapkan ibu kotanya di Awaris (di daerah Delta Timur). Dari daerah ini mereka melancarkan serangan dan pendudukan ke daerah Mesir maupun ke Palestina dan Syria. Namun bangsa Mesir tidak mau dikuasai oleh bangsa Hyksos, maka di bawah pimpinan kerajaan Thebe, bangsa Mesir berhasil mengusir bangsa Hyksos. Ibu kota Awaris berhasil diduduki oleh raja-raja Thebe. Dengan demikian berdirilah kerajaan Mesir Baru.



Raja Thebe yang memimpin bangsa Mesir mengusir bangsa Hyksos bernama Firaun Ahmosis I. Setelah masa pemerintahan Raja Ahmosis I, kerajaan Mesir terus melakukan perluasan wilayahnya sampai ke daerah Asia Barat di bawah pimpinan Firaun Thutmosis I.



Raja terbesar dari zaman kerajaan Mesir Baru adalah Firaun Thutmosis III (1500-1447 SM). Negara-negara yang tunduk kepada kekuasaan Mesir diantaranya Babylonia, Assyria, Cicilia, Cyprus dan lain-lain. Setelah Raja Thutmosis III meninggal, ia digantikan oleh Firaun Amenhotep II (1447-1420 SM). Pengganti Raja Amenhotep II adalah Firaun Thutmosis IV. Untuk tetap mempertahan wilaya kerajaan yang luas itu, Fitaun Thutmosis IV menjalin persahabatan dengan raja-raja di sekitarnya, seperti dengan Firaun Mitanni dan Babylonia. Persahabatan dengan Firaun Mitanni diperkuat dengan perkawinan antara Firaun Thutmosis IV dengan Putri Firaun Artatama. Setelah Firaun Thutmosis meninggal, ia digantikan oleh Firaun Amenhotep IV.



Pada masa pemerintahan Firaun Amenhotep IV, muncul kepercayaan baru yang bersifat monotheis. Tindakan Firaun Amenhotep IV ditentang oleh para pendeta dari agama Amon. Dan untuk menghindari terjadinya pertentangan itu, ia memindahkan ibu kota keFiraunannya dari Thebe ke Al Amarna.



Dengan meninggalnya Firaun Amenhotep IV, para pendeta dari agama Amon dapat merebut kembali kekuasaannya, sehingga menantu dan pengganti Firaun Amenhotep IV yang bernama Firaun Tut-Ankh-Amon (±1359 SM) terpaksa tunduk kepada pendeta-pendeta agama Amon di Thebe. Di bawah pemerintahan Firaun Tut-Ankh-Amon, kerajaan Firaun mengalami kemunduran dan akhirnya terpecah belah menjadi kerajaan-kerajaan kecil.



Namun di bawah pemerintahan Firaun Haremheb (1350-1315 SM), keFiraunan Mesir berhasil dipersatukan kembali. Salah seorang keturunannya yang terkenal adalah Firaun Sethos I (orang Yunani menyebutkan Sesostris). Selanjutnya di bawah pemerintahan Firaun Ramses II (1275-1220 SM) kerajaan Mesir diperluas lagi hingga berhasil menguasai seluruh wilayah Palestina dan mengalahkan bangsa Hittit yang mengacau di Asia Barat.



Firaun Ramses II digantikan oleh Firaun Ramses III dan setelah Firaun Ramses III meninggal, keFiraunan Mesir mengalami kemunduran dan bahkan beberapa kali dikuasai oleh bangsa asing.



vi.        Kepercayaan



Masyarakat Mesir Kuno percaya dan memuja banyak dewa (polytheisme). Dewa-dewa yang dipuja bangsa Mesir diantaranya: Dewa Osiris sebagai dewa tertinggi, Dewa Thot (dewa pengetahuan), Dewa Anubis (dewa berkepala anjing) sebagai dewa kematian, Dewa Apis berwujud Sapi, Dewa Ra (Dewa Matahari) dan kemudian menjadi Dewa Amon-Ra (Dewa Bulan Matahari).



vii.       Keruntuhan Mesir Kuno



Keruntuhan Mesir Kuno pertama kali disebabkan oleh perselisishan antara golongan agama dan raja. Yang dimulai pada masa Pharao Akhnaton 1500 SM. Sejak terbunuhnya Pharao Akhnaton kerajaan Mesir Kuno tenggelam dari kejayaannya. Selain itu oleh serangan bangsa-bangsa lain seperti : Bangsa Hitit, Persia, Yunani, Romawi, Arab, Turki, Inggris dan Perancis.



PERADABAN YUNANI



Yunani terletak di sekitar Laut Tengah yang sangat strategis dalam pelayaran



Bangsa Yunani terbentuk dari percampuran bangsa pendatang dari laut Kaspia dan dan penduduk asli yang terdiri dari petani.



Mereka membentuk suatu kelompok – kelompok kota yang disebut Polis. Polis-polis yang terkenal adalah : Athena, Sparta dan Thebe. Polis Athena memimpin Yunani dari tahun 450-404 SM, pada masa ini :



Kehidupan dalam masyarakat  demokratis, bebas berpikir dan berkarya



Para akhli pikir yang terkenal :Socrates,Plato, Aristoteles, Heredotus



Polis Sparta, memerintah Yunani 404 SM



Bangsa Sparta memerintah secara Militer dan kekerasan



Pada masa ini ilmu tidak berkembang



Polis Thebe memerintah Yunani 371 SM



Polis Thebe berhasil mengalahkan polis Sparta



Anatara polis-polis ini selalu berperang sehingga akhirnya Yunani pun menjadi lemah.



Yunani berhasil dikuasai oleh Filipus Raja Macedonia pada tahun 338 – 336 SM.



Kemudian digantikan oleh anaknya Iskandar Zulkarnain/Iskandar Agung.



Ibukotanya : Babylonia



Iskandar Agung dibantu oleh Aristoteles sebagai penasehatnya, melakukan ekspansi untuk memperluas kekuasaan  Yunani yaitu :



·           Tahun 334 SM, Persia ditaklukan.

·           Pelabuhan Tirus dan Sidon (Libanon) dikepungnya.

·           Daerah Tigris dikuasai





Warisan Iskandar Agung adalah :



·           Wilayah Yunani meliputi : Eropa Selatan sebelah Timur sampai ke Afrika Utara (Mesir), Funisia, Babylonia, dan Persia.

·           Hellenisme, yaitu perpaduan antara kebudayaan Barat dan Timur ( Yunani, Persia dan Mesir), caranya dengan cara melakukan kawin campur  antara bangsa Yunani dengan bangsa yang ditaklukannya.



Tahun 323 SM ia meninggal dunia dalam usia 33 tahun,



Yunani pecah menjadi 3 bagian yaitu :



·           Mesir dikuasai Ptolomeus, ia adalah seorang Jenderal pasukan Iskandar Agung

·           Syria, dengan pusatnya Antiocia, dikuasai oleh Seleucus

·           Yunani-Macedonia, dikuasai oleh Antigonus



Karya Sastra Yunani Kuno :



Illiad dan Odysse, karya Homeros, isinya menceritakan tentang terjadinya perang Troya



Filsafat



Hasil  pemikiran dan karya-karya filsafat bangsa Yunani, telah diterjemahkan dan dipelajari hingga kini. Para filsuf yunani merupakan konseptor yang meletakkan dasar-dasar alam pikiran filsafat Eropa.



Hasil filsafat Bangsa Yunani banyak diterjemahkan dan ditafsirkan oleh filsuf Islam, dan melalui kesusteraan Islam ini  pikiran filsafat Yunani masuk ke Persia  dan negara-negara Asia  lainnya.



Ciri  Filsafat  Yunani



·           Metode berpikir logis/rasional dan sistematis

·           Cara penyelidikan terhadap gejala alam hingga ke detailnya. filsafat ini menghasilkan hasil yang nyata dari segi pengetahuan alam dan sosial.



Filsuf  Yunani



·           Socrates,  dengan ajarannya  tentang  Ilmu Kebijakan (filsafat etika) atau  kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya,

·           Plato, dengan ajarannya mengenai ilmu ketatanegaraan dan undang-undang.

·           Aristoteles, dengan ajarannya dalam bidang biologi dan filsafat sehingga sering disebut sebagai ahli biologi dan filsafat.

·           Hipokrates, dengan ajarannya menyangkut kode etik dokter (sumpah dokter)



Konsep Kepercayaan bangsa Yunani adalah percaya pada Dewa-dewa yaitu :



·           Zeus, Bapak para Dewa yang menguasai langit dan bumi , berdiam di Gunung Olympus.

·           Hera, adalah permaisurinya sebagai dewi perkawinan

·           Minerva, adalah putrinya sebagi Dewi Kecantikan

·           Ares, sebagi dewa perang

·           Hermes, sebagi dewa perdagangan

·           Aphrodite, sebagi dewi kecantikan



Untuk menghormati dewa Zeus maka diadakan pesta olah raga Olympia setiap empat tahun sekali, yang sekarang dikenal sebagai Olympiade.



PERADABAN ROMAWI



Romawi merupakan tempat kuno di Eropa yang menjadi sumber kebudayaan Barat.

Letak Geografis :

Terletak di Semenanjung Apenina (sekarang Italia)



·           Sebelah Utara semenanjung Apenina bersambung dengan daratan Eropa yang terdapat pegunungan Alpen sebagi batas alam  yang memanjang

·           Sebelah Barat Laut yang memisahkan Italia dengan Perancis

·           Sebelah Utara memisahkan Italia dengan Swiss dan Austria

·           Sebelah Timur Laut dengan Yugoslavia



Perkembangan Sejarah Romawi :



(a)        Periode 1000 – 510 SM  Jaman Kerajaan



Pada masa ini Semenanjung Apenina dihuni oleh bangsa pendatang dari Laut Kaspia sedangkan di bagian Selatan di huni oleh bangsa Funisia dan Yunani. Diantara mereka terjadi percampuran sehingga melahirkan bangsa Romawi



Kota Roma didirikan menurut Vergilius dalam karyanya Aenens, kota Roma didirikan 1754 SM. Kota Roma didirikan oleh Romulus anak Aeneis dan Lavinia putri Latinus (Raja negeri Latinum) yang telah membunuh saudara kembarnya Remus.



Kerajaan Roma diperintah seorang raja yang merangkap sebagai panglima perang dan hakim tinggi. Dalam menjalankan pemerintahannya Raja dibantu oleh Senat, yang terdiri 300 orang golongan patricier (bangsawan). Roma menjadi negara Republik yang dikuasai kaum bangsawan (Aristokrasi)



(b)        Periode 510 –31 SM Jaman Republik



Pada masa ini Roma berbentuk Republik yang pemerintahannya dijalankan dua orang Konsul yang dipilih oleh rakyat. Kemudian dibentuk dewan yang terdiri :



·           Senat, yaitu golongan bangsawan

·           Dewan Perwakilan Rakyat, sebagian besar kaum bangsawan, hanya 4 orang golongan rakyat biasa.Yang 4 orang ini mempunyai Hak Veto.



Sering terjadinya pertentangan antara golongan bangsawan dan Rakyat biasa sehingga golongan rakyat mengungsi ke pegunungan. Hal ini menyebabkan golongan bangsawan menderita.



Akibatnya  golongan rakyat dipanggil dan diadakan perundingan sehingga menghasilkan kesepakatan persamaan hak yang dituangkan dalam "Twaalftafelenwet" yaitu dua belas meja batu undang-undang.



Ekspansi Bangsa Romawi:



Pada tahun 266 SM seluruh semenanjung Apenina dikuasai oleh bangsa Romawi.



Perang Khartago-Romawi, pecah karena Romawi ingin memperluas wilayahnya ke Laut Tengah yang dikuasai Khartago (Tunisia) yang merupakan koloni bangsa Funisia.



Perang pertama terjadi 264 – 241SM, Romawi berhasil menguasai Sisilia sedangkan pulau Sardinia dan Corsica dikuasai Khartgao. Spanyol-pun menjadi daerah kekuasaan Khartagon yang bernama Khartagena.



Perang kedua terjadi 218-201 SM, pemimipin Khartago adalah Panglima ulung bernama Hannibal yang berhasil menguasai Romawi bagian Timur selama 16 tahun. Perlawanan Romawi dipimpin oleh Scipio Africanus, berhasil mengalahkan pasukan Hannibal.



Perang ketiga terjadi tahun 146 SM, Khartago menggunakan pasukan sewaan dikepung Romawi dari darat dan Laut dan Khatago menyerah.



Sebelum mengalahkan Khartago Romawi telah menguasai : Yunani, Macedonia tahun 148 SM. Pada masa Republik Syria dan Khartago, serta Yunani dan Macedonia menjadi wilayah kekuasaannya  yang dijadikan Propinsi.



Kekuasaan Romawi yang makin luas dan besar menyebabkan pertikaian antara golongan Bangsawan dan proletar.



Pertama kaum Proletar mengangkat Tiberius Graccus sebagi Tribun, dengan tunttan pembagian tanah, tetapi gagal Tiberius Gracchus mati tahun 132, Perjuangannya dilanjutkan adiknya Gayus Gracchus , juga gagal dan mati terbunuh 121 SM.



Kemudian Kaum proletar mengangkat Marius sebagi Tribun untuk melawan kaum Optimat (bangsawan) yang dipimpin Sulla, akhirnya terjadi peperangan yang dimenangkan oleh kaum bangsawan.



Akhirrnya kaum proletar mengangkat 3 orang Tribun (pemimpin) yaitu Pompejus, Craccus, dan Yulius Caesar. Yulius Caesar berhasil mengalahkan kaum Optimat (senat) dan berkuasa selama dua tahun (46-44SM). Yulius Caesar mati dibunuh oleh Cassius dan Brutus tahun 44 SM.



Akibat kematian Yulius Caesar, maka timbul kekacauan dan terbentuklah tiga serangkai Tribun untuk melawan senat : Antonius, Octavianus, dan Lepidus. Lepidus tersingkir tinggallah Antonius dan Octavianus yang membagi dua Romawi menjadi :



Romawi Utara dan Barat, dipimpin oleh Octavianus, dengan mayoritasnya golongan proletar (Plebyer)



Romawi Selatan dan Timur, dipimpin oleh Antonius, mayoritas masyarakatnya golongan bangsawan (Patricier). Antonius menikah dengan Ratu Cleopatra,seorang putri keturunan dinasti Ptolomeus Mesir.



Antonius dan Cleopatra ,  mati bunuh diri tahun 31 SM karena patah semangat akibat kalah dalam peperangan di Actium melawan Octavianus.



(c)        Periode 31  SM – 476 M Jaman Kekaisaran



·           Kaisar Octavianus dengan gelar Kaisar Agustus dan Princeps Civitas (warga tertinggi yang terpilih,yang adil dan bijaksana) adalah peletak dasar kekaisaran Romawi. Wilayahnya meliputi Afrika Utara, Asia Barat, dan sebagian besar Eropa.Kaisar Octavianus berkuasa hingga tahun 14 M, Hal penting yang ia wariskan adalah dimulainya penanggalan Masehi yang bertepatan dengan lahirnya Isa Al Masih.

·           Kaisar Romawi berikutnya adalah Kaisar Nero (54-68 SM), Kaisar Nero terkenal sangat kejam dan membunuh para pemeluk agama Kristen.



Kaisar – Kaisar Romawi yang lain adalah :



·           Kaisar Kaligula, terkenal kekejamannya

·           Kaisar Vesvasianus (69-79 M), terkenal karena penindasannya terhadap bangsa Yahudi di Palestina, sehingga bangsa Yahudi terusir dari negerinya dan menyebar ke penjuru dunia

·           Kaisar Hardianus (117-138 M)

·           Kaisar Konstantin Agung (306-337M)

·           Kaisar Theodosius (378-395M).

·           Pada masa Theodosius Romawi dibagi menjadi dua  : Romawi Barat dengan Ibukotanya Roma dan Romawi Timur dengan Ibukotanya Konstantinopel.Romawi Barat jatuh tahun 476 M oleh Odoakar seorang panglima tentara sewaan Jerman, Romawi Timur jatuh tahun 1453 M ke tangan Turki dan berubah menjadi Konstante Istambul.



(d)        Hasil Kebudayaan Romawi



·           Kebudayaan  Romawi merupakan perpaduan antara kebudayaan Yunani kuno dan Romawi. Misalnya :

·           Nama-nama Dewa : Dewa Zeus diganti Jupiter, Aphrodite diganti Venus, Ares diganti Mars.

·           Nama-nama bulan Januari = Jenus yaitu dew bermuka dua, Februari = Februa yaitu pesta makan menyambut tahun baru dan angka-angka Romawi : September = septe= 7, Oktober =Okto = 8. Pada jaman yulius Caesar urutan bulan diubah karena dia ingin memasukan namanya yaitu Juli = 7, begitu juga masa Octavianus Agustus = 8, sehingga menjadi kacaulah urutan bulan yaitu : September = 9, Oktober = 10, dst.



·           Organisasi Negara dan Kemiliteran,pendidikan, kesenian, filsafat ilmu pengetahuan, hukum (Codex Justinianus)





PERADABAN INCA, MAYA DAN AZTEC DI AMERIKA



Letak Geografis



Benua Amerika terdiri dari tiga bagian yaitu Amerika Utara, Tengah dan Selatan

Amerika Utara adalah beriklim kutub dan sedang.  Amerika Selatan beriklim sedang, sedangkan Amerika Selatan, Tengah , Kepulauan Laut Karibia dan Mexico beriklim tropis.

Penduduk Asli benua Amerika Adalah bangsa Indian, dengan peradabannya Aztec, Maya dan Inca.



Peradaban Inca



·           Kerajaan Inca terletak di Peru tepatnya disekitar danu Titicaca dekat pegunungan Andes.Pendirinya adalah Manco-Copac tahun 500 M.

·           Wilayah Kekuasaannya : Bolivia, Chili, Brazilia dan Equador terjadi pada masa Raja Sinci Roca 1105 M. Raja Sinci Roca 1105 M merupakan pemersatu bangsa Indian. Tiap wilayah diberi hak otonomi yang disebut Ayllu.



Hasil kebudayaan Suku Inca adalah :



·           Bangunan-bangunan Istana Megah terbuat dari batu

·           Kepercayaan : percaya pada dewa-dewa. Dewa yang disembah adalah Dewa Viracocha (dewa pencipta alam ), Dewa Matahari, Dewa Bulan, Dewa Bumi dan Dewa Laut.

·           Mayat suku Inca biasanya diawetkan (mummi)

·           Mata pencahariannya adalah hasil petanian dan berburu serta menagkap Ikan.



Peradaban Maya



Kerajaan Maya terletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah.



Wilayah Kerajaan Maya meliputi : Semenanjung Yukatan(Meksiko), Honduras, dan Guatemala.



Kebudayaan Maya :



Telah mengenal tulisan yang disebut huruf Hierogliyph



Mata pencaharian pokoknya adalah pertanian



Telah mengenal Ilmu Astronomi :



·           Sistem Kalender  berdasarkan peredaran matahari , 1 tahun = 365 hari

·           Sistem Kalender berdasarkan kepercayaan , 1 tahun = 260 hari



Teknilogi tinggi, yaitu mampu membuat bangunan kuil yang tinggi dan bertingkat 229



Kepercayaan suku maya memuja banyak dewa (politheisme), seperti Dewa laut, Dewa Matahari



Peradaban Aztec



Kerajaaan Aztec berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M. Kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol, dengan raja terakhirnya Monte Zuma II.Pusat kerajaan Aztec yaitu didaerah semenanjung Yukatan-Mexico.



Hasil Kebudayaan suku Aztec :



·           kuil berbentuk piramida yang tengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak)

·           Konsep kepercayaannya menyembah dewa-dewa

·           Ditemukan patung di kota Vera Cruz, yang beratnya 30 ton sebagai perwujudan  dewa utama yang disucikan

·           Mampu mengusahakan tambang emas dan perak

·           Suku Aztec tiap 52 tahun sekali mengadakan upacara besar-besaran yang dipusatakan di Hall of the Star, ibukota kerajaan Aztec. ***

0 komentar:

Posting Komentar