Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Akuntansi Pertanggungjawaban


Akuntansi Pertanggungjawaban (responsibility accounting) adalah suatu sistem akuntansi yang mengakui berbagai pusat tanggung jawab pada kseluruhan organisasi itu dan mencerminkan rencana dan tindakan setiap pusat tanggungjawab itu dengan menetapkan penghasilan dari biaya tertentu bagi pusat yang memiliki tanggungjawab bersangkutan.
Jenis Pusat Pertanggungjawaban
Keseluruhan fungsi dan tingkatan manajemen, seperti yang tercantum didalam struktur organisasi berbagai perusahaan dapat dibagi menjadi beberapa jenis:
          Pusat Biaya
Adalah bagian terkecil dari kegiatan atau bidang tanggung jawab untuk mengakumulasikan biaya-biaya.
          Pusat Laba
Adalah salah satu bagian dari suatu perusahaan yang seringkali disebut sebagai suatu divisi, yang bertanggungjawab atas pendapatan maupun pengeluaran perusahaan.
          Pusat Investasi
Adalah salah satu bagian dari organisasi perusahaan yang bertanggungjawab atas pendapatan dan biaya sekaligus dihubungkan dengan modal yang digunakan oleh bagian tersebut. Dalam praktiknya, istilah pusat investasi jarang yang digunakan oleh berbagai perusahaan yang ada.
Pelaporan
Laporan akuntansi pertanggungjawaban kepada berbagai tingkat manajemen didalam suatu perusahaan dapat dibagi menjadi laporan pelaksanaan dan laporan informasi:
  1. Laporan pelaksanaan tanggungjawab adalah laporan yang merupakan laporan tanggung-gugat (accountable) yang memiliki dua tujuan, yakni: memberikan informasi kepada manajer dan atasan mengenai pelaksanaan atau prestasi kerja dalam bidang-bidang yang ditanggungjawabkan dan mendorong para manajer dan atasan untuk mengambil tindakan langsung yang diperlukan guna memperbaiki prestasi kerja
Laporan informasi adalah laporan yang disusun dengan maksud agar para manajer memperoleh informasi yang relevan dengan bidang mereka, walaupun tidak perlu berkaitan langsung dengan tanggung jawab spesifik atau prestasi mereka.
Kriteria Laporan yang Baik
Untuk membuat laporan yang baik terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi:
  1. Ditujukan kepada pihak yang tepat
  2. Konsisten
  3. Tepat waktu
  4. Teratur
  5. Mudah dimengerti
  6. Penjelasan yang terinci
  7. Dapat dibandingkan
  8. Bersifat analitis
  9. Tingkat efisiensi 

0 komentar:

Posting Komentar