Berbagai riset pasar dilakukan untuk melihat kondisi perilaku
konsumen di Indonesia, survey yang dilakukan seringkali tidak akurat
karena melihat data demografis yang memilah konsumen berdasarkan
Usia, Jenis Kelamin, Lokasi, Besar pengeluaran. Sehingga survey yang
ada berfokus pada siapa (konsumen) dan apa (produk), ketimbang
bagaimana dan apa yang menjadi dasar pertimbangan dalam membeli
produk. Survey yang dilakukan oleh Lowe Indonesia dan lembaga riset
Prompt pada akhir 2005 menunjukkan 8 tipikal konsumen indonesia
berdaarkan psikografis yakni Confident Establish (bapak baik-baik)
15,2%, The Optimistic Domestic Goddes ( ibu PKK) 13,2%, The Change
Expectanting Lad (demi Teman) 10,5%, The Cheerful Humanist (si
Lembut Hati) 12,1%, The Introvert Wallflower (si Pasrah) 8,1%,, The
savy conqueror/cityslickers (main untuk menang) 16%, The Networking
Pleasure Seeker (Gaul, Glamour) 11%, The Spontaneoues Fun- Loving
(bintang Panggung) 13,6%.
Category:
Pengantar Bisnis
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar