Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

MIKROKONTROLER 8031



Pendahuluan
Adalah sangat penting mngetahui perbedaan antara mikrokomputer, mikroprosesor dan mikrokontroller. Suatu mikroprosesor adalah bagian CPU dari sebuah komputer , tanpa memori, I/O, dan prifer yang dibutuhkan oleh suatu sistim lengkap. Sebagai contoh , 8088 dan 80X8 adalah suatu mokroprosesor. Untuk dapat bekerja, mikroprosessor membutuhkan perangkat pendukung yang dapat berupa RAM, ROM, dan I/O.
Bila sebuah mikroprosesor dikombinasikan dengan I/O dan memori, akan dihasilkan mikrokomputer. Pada kenyataannya mengkombinasikan CPU dengan memori dan I/O dapat juga dilakukan dalam level chip yang menghasilkan single chip mikrokomputer untuk membekannya dengan mikrokomputer. Untuk selanjutnya, SCM disebut dengan mikrokontroler.
Perbedaan yang menonjol antara mikrokomputer seperti IBM PC dibanding dengan SCM adalah pada penggunaan perangkat I/O dan juga media penyimpanan program. IBM PC menggunakan disket atau tape sebagai media penyimpanan sementara mikrokontroler menggunakan EPROM sebagai media penyimpan programnya.
Diantara keuntungan pemakaian mikrokontroller disbanding mikroprosesor adalah pada mikrokontroler sudah terdapat RAM dan peralatan I/O pendukung sehingga tidak perlu menmbahkannya.
Data

CPU mikrokontroler 8031 adalah prosesor 8 bit.Lebar bus data 8031 adalah 8 bit sehingga memerlukan 8 pena (D0…D7).Akan tetapi jumlah pena mikrokontroler terbatas,pena data ini tidak dikeluarkan,hanya didalam chip.Lalu,bagaimana jika akan menggunakan bus data tersebut.
Pena untuk bus data dimultipleks dengan alamat A0…A7 pada port 0.Karena itu port 0 seringkali dituliskan sebagai AD0…AD7.Setiap bit data memiliki bobot masing-masing tergantung pada letaknya.Sebagai contoh untuk data 8 bit adalah
Data D7 D6 D5 D4 D3 D2 D1 D0
Bobot 80 40 20 10 08 04 02 01
Karena menggunakan bus data yang lebarnya 8 bit,lebar bus data 8 bit juga harus digunakan oleh alat-alat lain seperti EPROM,RAM,ADC,DAC,PIO dan lain-lainnya.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar