Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Interview dan Questionaire


3.1.    Wawancara (interview)
Wawancara dapat dilakukan dengan seorang atau sekelompok orang dan pastikan bahwa mereka adalah orang atau sekelompok orang yang kompeten,

Jenis wawancara :

-         Structured interview
Peneliti telah menyiapkan daftar pertanyaan sehingga jawaban object telah terstruktur dan diatur sistematis.


Cocok untuk wawancara terhadap responden yan banyak jumlahnya serta peneliti dan responden mempunyai waktu sangat terbatas.

Yang menjadi pertanyaan (yang ingin diketahui peneliti) bersifat teknis semata, sehingga tidak diperlukan adanya investigasi secara lebih mendalam.

-         Unstructured interview
Wawancara dilakukan peneliti tanpa mempersiapkan daftar pertanyaan terlebih dahulu.

Cocok apabila responden jumlahnya tidak banyak.

Materi yang ingin diketahui peneliti adalah materi yang memerlukan pendapat pribadi, atau sesuatu yang memelukan klarifikasi dan investigasi lebih jauh, sehingga peneliti memerlukan berbagai pertanyaan pendahuluan (preliminary questions) terhadap setiap responden yang bentuknya antara satu responden dengan yang lainnya berbeda.
Fungsi preliminary questions adalah untuk membuka komunikasi (ice breaking) serta mempersiapkan responden terhadap pertanyaan utama yang akan dilakukan setelah peneliti mendapatkan respon dari  preliminary questions.

Meskipun tidak mempersiapkan terlebih dahulu daftar pertanyaan, peneliti harus tetap mempersiapkan kerangka tujuan interview yang hendak dicapai.




--    Semi-structured interview
Teknik ini merupakan gabungan dari dua teknik di atas. Peneliti mempersiapkan daftar pertanyaan sebelumnya, namun dalam pelaksanaan wawancara peneliti memberikan kebebasan kepada responden untuk memberikan opini atau pendapat di luar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Cocok bagi peneliti yang respondennya merupakan seorang atau sekelompok orang yang mempunyai keahlian disuatu bidang tertentu. Atau peneliti juga mempunyai keinginan untuk menggali atau melakukan investigasi legih jauh mengenai topik penelitian dari hasil jawaban responden.


3.2 Questionaire
Merupakan teknik yang paling sederhana. Peneliti perlu memperhatikan hal -hal : berupaya sedapat mungkin mempersingkat questionnaire  (menanyakan hal yang penting), kmenggunakan kalimat yang sesuai dengan situasi dan kondisi responden.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar