Proses yang menganalisis peluang pemasaran, memilih pasar sasaran, mengembangkan
bauran pemasaran dan mengelola usaha pemasaran.
Konsumen yang menjadi target
a. Pengukuran permintaan dan peramalan
Perusahaan harus membuat perkiraan secara berhati-hati mengenai pasar saat ini
dan di masa yang akan datang, serta berbagai segmen di dalamnya
b. Segmentasi pasar
Membagi pasar secara jelas menjadi kelompok pembeli yang jelas dengan kebutuhan,
karakteristik atau tingkah laku yang berbeda yang membutuhkan produk
atau bauran pemasaran terpisah
Segmen pasar: kelompok konsumen yang memberikan reaksi serupa terhadap seperangkat
usaha pemasaran.
c. Membidik pasar
Proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau beberapa
segmen untuk dimasuki
d. Memposisikan diri di pasar
Pengaturan agar suatu produk menduduki tempat yang jelas, terbedakan dan didambakan
dalam benak konsumen sasaran berhadapan dengan produk pesaing.
Mengembangkan bauran pemasaran
Bauran Pemasaran: Perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan yang dipadukan
oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar
sasaran.
Bauran pemasaran, terdiri:
a. Produk (Product)
Kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran.
Meliputi: keragaman produk, mutu, rancangan, sifat, merek, kemasan,
ukuran, pelayanan, jaminan, manfaat.
b. Harga (Price)
Jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk. Meliputi:
harga, diskon, potongan, syarat kredit, periode pembayaran.
c. Distribusi (Place)
Aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Meliputi:
saluran, lokasi, persediaan
d. Promosi (Promotion)
Aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan
sasaran untuk membelinya. Meliputi: periklanan, personal selling, promosi penjualan,
humas
Keempat hal di atas, disebut dengan 4P (Marketing Mix) dari sudut pandang penjual.
Sedangkan dari sudut pelanggan memiliki 4C:
a. Customer Needs and Wants (Kebutuhan dan keinginan pelanggan)
b. Cost to The Customer (Biaya yang ditanggung pelanggan)
c. Convenience (Kenyamanan/kemudahan)
d. Communication (Komunikasi)
Category:
Manajemen Pemasaran
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar