Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Proses Komunikasi

       Komunikasi Internal
         Pertukaran gagasan diantara unit-unit organisasi baik secara vertikal, horisontal maupun diagonal.
       Komunikasi Eksternal

         Pertukaran gagasan antara pimpinan perusahaan atau unit kerja dengan pihak di luar organisasi.
       Komunikasi Vertikal
       Komunikasi yang terjadi dari pimpinan ke staf atau sebaliknya dan bersifat two way traffic.
       Downward Communications : instruksi, petunjuk, informasi, penjelasan, perintah, pengumuman, rapat, memo, majalah internal.
       Upward Communications : laporan, saran-saran, pengaduan, kritikan, kotak saran, milis.
       Komunikasi Horisontal
       Komunikasi antar sesama anggota staf, baik dalam unit kerja yang sama maupun unit kerja yang berbeda.
       Biasanya berlangsung tidak formal.
       Sumber politik kantor : rumor dan gosip.
       Komunikasi Diagonal
      Komunikasi antara pimpinan unit/seksi dengan pegawai unit/seksi lainnya.

      Bisa berlangsung formal maupun informal.

       PERAN (ROLE PLAYER)
       Peranan Antar Personal
         Tokoh, Pemimpin, Penghubung
       Peranan Informasional
         Monitor, Penyebar, Juru Bicara
       Peranan Pengambil Keputusan
         Wiraswasta, Pengendali gangguan, Penentu sumber, Perunding.
       MODEL AREA KOMUNIKASI
       Area 1 = Open Area (diketahui diri sendiri dan diketahui pula oleh orang lain).
       Area 2 = Blind Area (tidak diketahui diri sendiri, tetapi diketahui orang lain).
       Area 3 = Hidden Area (diketahui diri sendiri tetapi tidak diketahui orang lain).
       Area 4 = Unknown Area (tidak diketahui diri sendiri maupun orang lain).

       KOMUNIKASI EKSTERNAL
       Kegiatan Kehumasan
       Komunikasi dari Organisasi kepada publik untuk menciptakan citra yang baik
       Komunikasi dari Publik kepada Organisasi untuk kerjasama dan harapan.
       Komunikasi Kolaboratif
        Semua karyawan melakukan proses komunikasi efektif untuk kepentingan perusahaan.
        Relationship oriented – networking
        Service Focus
        Customer Commited
        Facilitative
        Forward Thinking
        Value Added
        Team Driven
       Hambatan Komunikasi
         Hambatan Teknis
         - Ketiadaan Rencana dan Prosedur Kerja
         - Kurangnya Informasi dan Penjelasan
         - Kurangnya Ketrampilan Membaca
         - Pemilihan Media (saluran) kurang tepat
         Hambatan Semantik
         - Berkaitan dengan soal bahasa
         Hambatan Manusiawi
         - Terkait dengan emosi, prasangka pribadi, persepsi,
      kecakapan dan ketidakmampuan panca indra

0 komentar:

Posting Komentar