Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Pengertian Komunikasi Bisnis


       Pengertian : Communication  Communicatio [bhs Latin]. Bersumber juga dari kata Communis = Sama [sama makna]
       KOMUNIKASI AKAN BERLANGSUNG APABILA ADA KESAMAAN MAKNA.
       Kesamaan Bahasa saja belum tentu menimbulkan kesamaan makna.




       PENTINGNYA MAKNA
         Komunikasi dikatakan komunikatif apabila kedua belah pihak selain mengerti bahasa yang dipergunakan, juga mengerti MAKNA dari bahan yang dipercakapkan.

         KEGIATAN KOMUNIKASI TDK HANYA INFORMATIF [agar pihak lain MENGERTI danTAHU tetapi
         PERSUASIF [agar pihak lain bersedia menerima suatu PAHAM atau KEYAKINAN, melakukan suatu perbuatan atau kegiatan].


       CARL I. HOVLAND
        Upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian serta pembentukan pendapat dan sikap.
        Obyek studi ilmu komunikasi bukan saja penyampaian informasi, melainkan juga pembentukan pendapat umum [public opinion] dan sikap publik [public attitude].
        Definisi khusus : komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain [communication is the process to modify the behavior of other individuals].


       HAROLD D. LASWELL
         Solusi terbaik dalam menjawab pertanyaan WHO SAYS WHAT IN WHICH CHANNEL TO WHOM WITH WHAT EFFECT?
         Teori Laswell ini dikenal dengan formula 5 W + 1 H
         Paradigma tsb menunjukkan bahwa komunikasi meliputi 5 unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, yakni :
         • Komunikator = who [communicator, source, sender]
         • Pesan = says what [message]
         • Media = in which channel [channel, media]
         • Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
         • Efek [effect, impact, influence]

       WILBUR SCHRAMM
        Ahli Komunikasi terkemuka dengan karya monumentalnya ”communication research in the USA”
        Komunikasi akan berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator sesuai dengan kerangka acuan [frame of reference]  >  paduan pengalaman dan pengertian [collection of experiences and meanings] yang pernah diperoleh komunikan.

       KESIMPULAN
      Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.

       PROSES KOMUNIKASI
         Ada dua tahap : Primer dan Sekunder

         Proses Komunikasi secara primer
         Proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang [symbol] sebagai media*.
      * bahasa, kial [gesture], isyarat, gambar, warna, dan sebagainya.
      Paling banyak digunakan adalah bahasa, karena mampu menerjemahkan* pikiran sesorang kpd orang lain.
      * idea, informasi atau opini.

         Kata-kata mengandung dua jenis pengertian :
         - Denotatif, arti sebagaimana tercantum dalam kamus [dictionary     meaning]
         - Konotatif, arti emosional atau mengandung penilaian tertentu/      kiasan [emotional or evaluate meaning]


       BAHASA
      BAHASA MEMEGANG PERANAN PENTING DALAM PROSES KOMUNIKASI.

       PROSES KOMUNIKASI
        Proses Komunikasi Secara Sekunder
        Proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana* sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
        Dipakai karena relatif jauh atau jumlahnya banyak. Sarana itu bisa berupa : surat, telepon, fax, koran, majalah, radio, TV, film, e-mail, internet, dan sebagainya.



       Perkembangan masyarakat beserta peradaban dan kebudayaan > mediated
         communication [komunikasi bermedia/ koran/radio/tv/internet, dan lain-lain > jangkauan luas/efektif efisien untuk pesan-pesan yg bersifat informatif]

       Bentuk Komunikasi
       Komunikasi Pribadi [Personal Communication]
         Komunikasi intrapribadi [intrapersonal communication]
         Komunikasi antarpribadi [interpersonal communication]


        Komunikasi Kelompok [Group Communication]
         Komunikasi kelompok kecil [small group communication] Ceramah [lecture], diskusi panel [panel discussion], simposium [symposium], forum, seminar, curah saran [brain storming], komunikasi antara manager dengan sekelompok karyawan.
         Komunikasi kelompok besar [large group communication] Public speaking, retorika


       Komunikasi Massa [Mass Communications]
         Pers cetak [koran, majalah, tabloid]
         Pers elektronik [radio, tv, film]
         Pers digital [internet : www.detik.com, www.jurnalnasional.com, www.berpolitik.com, www.kompas.com,
         www.jawapos.com


       Komunikasi medio [Medio communication]
         Surat, telepon, e-mail, pamflet, poster, brosur, spanduk, dan lain-lain.

       Sifat komunikasi
        Tatap muka [face to face]
         Bermedia [mediated]
         Verbal [verbal]
         - Lisan [oral]
         - Tulisan/ cetak [written/ printed]
         Nonverbal [non-verbal]
         - kial/ isyarat badaniah [gestural]
         - bergambar [pictorial] , facial expressions, spatial relationship

       Metode Komunikasi
         Jurnalistik [journalism]
         - cetak [printed journalism]
         - elektronik [electronic journalism]
         - Digital [digital journalism]
         Humas [public relation]
         Periklanan [advertising]
         Pameran [exhibition/ exposition]
         Publisitas [publicity]
         Propaganda
         Perang urat saraf [psychological
         Penerangan [information]

       Teknik Komunikasi
       Komunikasi informatif [informative communication]
       Komunikasi persuasif [persuasive communication]
       Komunikasi instruktif/ koersif [instructive/ coersive communication]
       Hubungan manusiawi [human relation]

       Tujuan Komunikasi
       Perubahan sikap [attitude change]
       Perubahan pendapat [opinion change]
       Perubahan perilaku [behaviour change]
       Perubahan sosial [social change]

       Fungsi Komunikasi
       Menyampaikan informasi/penyebaran[to inform]
       Mendidik [to educate]
       Menghibur [to entertain]
       Mempengaruhi [to influence]

       Model Komunikasi
       Komunikasi satu tahap [one step flow communication]
       Komunikasi dua tahap [two step flow communication]
       Komunikasi multitahap [multi step flow communication]

       Bidang Komunikasi
         Komunikasi sosial [social communication]
         Komunikasi manajemen/ organisasional [management/ organizational communication]
         Komunikasi perusahaan/bidang usaha [business communication]
         Komunikasi politik [political communication]
         Komunikasi internasional [international communication]
         Komunikasi antarbudaya [intercultural communication]
         Komunikasi pembangunan [development communication]
         Komunikasi lingkungan [environmental communication]
Komunikasi tradisional [traditional communication].

0 komentar:

Posting Komentar