Deskripsi
Pekerjaan
Spesifikasi
Pekerjaan
Standar
Prestasi Kerja
Pengertian
Analisis Pekerjaan
(job Analysis)
•
Analisis
pekerjaan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari
tentang
pekerjaan dan proses menentukan persyaratan yang harus disiapkannya,
termasuk didalamnya sistematika rekrutmen, evaluasi atau pengendalian.
•
Analisis
Pekerjaan adalah kegiatan atau proses menghimpun dan
menyusun berbagai informasi yang berkenaan degan setiap
pekerjaan,tugas-tugas,jenis pekerjaan,dan tanggung jawabnya secara operasional
untuk mewujudkan tujuan organisasi atau perusahaan.
•
Pada intinya Analisis Pekerjaan dapat diuraikan dalam
bentuk spesifikasi dan deskripsi pekerjaan, yang berisi:
•Uraian nama pekerjaan atau jabatan
•Tugas dan fungsi dasar
•Wewenang
•Tugas-tugas
•Penggunaan teknologi
•Ruang Lingkup Pekerjaan
•Tanggung Jawab
•Hubungan Kerja
•Kriteria penilaian Kerja
•
TUJUAN ANALISIS
PEKERJAAN
•
Menciptakan SDM
yang handal dalam menghadapi tantangan teknologi modern, merasakan kenyamanan
dalam bekerja, bermartabat dan berkeadilan.Hal ini dapat dilakukan dengan cara
menempatkan seseorang yang tepat pada suatu pekerjaan tertentu, sesuai dengan
kemampuan, keahlian, dan pengalaman dalam melakukan suatu pekerjaan.
•
Beberapa
Tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan Analisis Pekerjaan
•
Evaluasi peran
lingkungan terhadap pekerjaan individu
•
Kaji kembali
kemungkinan ada persyaratan kerja yang usang
•
Ciptakan
peraturan yang menguntungkan semua pihak
•
Rancang
kebutuhan SDM masa depan
•
Sesuaikan
jumlah pelamar dan pekerjaan yang tersedia
•
Rancang
kebutuhan pendidikan dan pelatihan untuk karyawan baru maupun yang sudah
berpengalaman
•
Rancang rencana
pengembangan potensi karyawan
•
Tentukan
standar/prestasi kerja yang realistik
•
Tempatkan
karyawan sesuai dengan minatnya
•
Penempatan
karyawan harus sesuai dengan keahliannya
•
Berikan
kompensasi secara wajar, berdasar pada:level pendidikan formal, resiko jabatan/pekerjaan,
lingkup tanggung jawab, level pangkat, keahlian yang dimiliki, ketrampilan yang
dikuasai, Pengalaman kerja, kontribusi pada perusahaan, Perbandingan dengan
perusahaan sejenis, perbandingan dengan perusahaan selokasi.
•
Metode
pengumpulan Informasi Analisis Pekerjaan
•
Wawancara
langsung dengan karyawan
•
Diskusi dengan
tenaga ahli
•
Daftar
kuesioner
•
Catatan kerja
karyawan
•
Observasi
langsung
•
Kombinasi
teknik pengumpulan data
•
Deskripsi dan
Spesifikasi Pekerjaan
•
Deskripsi
Pekerjaan adalah: hasil analisis pekerjaan sebagai rangkaian kegiatan atau
proses menghimpun dan mengolah informasi mengenai pekerjaan/suatu uraian
tertulis dari apa yang diperlukan oleh suatu pekerjaan.
•
Manfaat
deskripsi pekerjaan untuk menentukan:ringkasan pekerjaan dan tugas-tugas,
Situasi dan kondisi kerja, dan membuat persetujuan.
•
Deskripsi
Pekerjaan berisi uraian:
•
Nama Pekerjaan
•
Ringkasan, menggambarkan
pekerjaan dan output yang diharapkan dari karyawan
•
Peralatan, Pernyataan
singkat mengenai perkakas, peralatan, dan informasi yang diperlukan untuk untuk
melakukan pekerjaan tersebut secara efektif
•
Lingkungan, Deskripsi
kondisi lingkungan kerja, lokasi kerja, dan karakteristik lingkungan lain
•
Aktivitas, berisi
uraian tugas, tanggung jawab,dan tampilan perilaku dalam pekerjaan
•
Spesifikasi
Pekerjaan
•
Definisi,
Spesifikasi pekerjaan adalah karakteristik atau syarat-syarat kerja yang harus
dipenuhi, sehingga dapat melaksanakan suatu pekerjaan/jabatan
tertentu.Persyaratan tersebut dapat berupa: pengetahuan, ketrampilan atau
keahlian, kemampuan fisik, serta sifat-sifat kepribadian tertentu.
•
Karakteristik
dalam spesifikasi pekerjaan
•
Semua tugas
pekerjaan harus dikenali dan dinilai
•
Suatu panel
tenaga ahli, karyawan, atau para penyelia perlu menetapkan tingkat ketrampilan
yang diperlukan
•
Tingkat
ketrampilan masing-masing perlu dinilai
•
Karakteristik
lain yang penting untuk melakukan pekerjaan itu harus dikenali, meliputi
kondisi fisik dan sertifikasi profesional
•
Jenis
ketrampilan yang telah dikenali perlu secara rinci dikaitkan dengan
masing-masing tugas pekerjaan
•
Standar
Prestasi Kerja
•
Standar
prestasi kerja merupakan tolok ukur yang digunakan oleh atasan pekerja yang
bersangkutan dan alat pengendali perilaku para pekerja, khususnya dalam hal
terjadinya kesenjangan antara prestasi nyata dan standar yang ditetapkan
sebelumnya.
•
Manfaat Standar
Prestasi Kerja
•
Standar
berfungsi sebagai sasaran atau target bagi pelaksanaan kerja karyawan dalam
meningkatkan motivasi kerja
•
Standar sebagai
kriteria keberhasilan kerja yang akan diukur dan dinilai
•
Standar
berfungsi sebagai umpan balik bagi karyawan
•
Standar sebagai
sarana penetapan reward atau punishmen
•
Standar
berfungsi untuk membedakan antar satu karyawan dengan yang lainnya
•
Manfaat
Analisis Pekerjaan bagi Organisasi/Perusahaan
•
Membantu dalam
kegiatan Rekrutmen dan Seleksi, Informasi analisis pekerjaan membantu
petugas perekrutan untuk mencari dan menemukan para pelamar yang benar untuk
organisasi, termasuk dalam menentukan cara tes yang dipilih
•
Pelatihan dan
Pengembangan Karir, dengan sudah
diketahuinya ketrampilan untuk suatu pekerjaan adalah penting untuk merancang
program pelatihan yang efektif
•
Kompensasi, pada umumnya kompensasi terkait dengan tugas-tugas dan
tanggung jawab suatu pekerjaan, sehingga besarnya kompensasi menuntut penilaian
akurat dari berbagai jenis pekerjaan
•
Perencanaan
strategis, analisis pekerjaan yang
efektif dapat membantu organisasi untuk mengubah, mengurangi, atau mengatur
kembali pekerjaan dan alur pekerjaan sesuai dengan perubahan lingkungan.
0 komentar:
Posting Komentar