Dasar-dasar untuk membuat segmentasi pasar konsumen:
1. Segmentasi Geografi
Membagi pasar untuk beberapa unit secara geografik seperti negara, regional, negara
bagian, kota atau kompleks perumahan.
2. Segmentasi Demografi
Membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti umur, jenis kelamin,
ukuran keluarga, daur kehidupan keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan,
agama, ras dan kebangsaan.
3. Segmentasi Psikografi
Membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial,
gaya hidup atau kepribadian.
4. Segmentasi Tingkah Laku
Mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau
reaksi terhadap suatu produk.
Dasar-dasar untuk membuat segmentasi pada pasar bisnis:
1. Demografi
a. Industri: Industri mana yang harus menjadi fokus kita?
Segmentasi
Pasar
1. Mengidentifikasi variabel segmen dan segmenpasar
2. Mengembangkan bentuk segmen yang menghasilkan
Pentargetan
Pasar
3. Mengevaluasi
daya tarik masingmasing
segmen
4. Memilih segmen sasaran Pemposisian Pasar
5. Mengembangkan pemposisan untuk setiap segmen
6. Mengembangkan bauran pemasaran untuksetiap segmen sasaran
b. Ukuran perusahaan: Berapa besar perusahaan yang harus menjadi fokus kita?
c. Lokasi: Wilayah geografi mana yang harus menjadi fokus kita?
2. Variabel Operasi
a. Teknologi: taknologi pelnggan mana yang harus menjadi fokus kita?
b. Status pemakai/bukan pemakai: Apakah kita harus berfokus pada pemakai berat,
pemakai sedang atau pemakai ringan
c. Kemampuan pelanggan: Apakah kita harus berfokus pada pelanggan yang perlu banyak
pelayanan atau sedikit pelayanan
3. Pendekatan Pembelian
a. Organisasi fungsi pembelian: Apakah kita harus fokus pada perusahaan dengan organisasi
pembelian tersentralisasi atau desentralisasi
b. Struktur kekuatan: Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang didominasi rekayasa,
didominasi keuangan atau didominasi pemasaran
c. Sifat dari hubungan yang sudah ada: Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang
telah mempunyai hubungan baik atau mencari perusahaan yang diinginkan
d. Kebijakan pembelian umum: Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang lebih
menyukai leasing, kontrak servis, pembelian sistem, servis atau lelang tertutup.
e. Kriteria pembelian: Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang mencari mutu,
servis atau harga
4. Faktor-faktor Situasional
a. Urgensi: Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang memerlukan penyerahan
atau servis kilat.
b. Aplikasi spesifik: Apakah kita harus fokus pada aplikasi tertentu dari produk kita
ketimbang aplikasi yang lain.
c. Ukuran pesanan: Apakah kita harus fokus pada pesanan besar atau pesanan kecil.
5. Karakteristik Pribadi
a. Kesamaan pembeli-penjual: Apakah kita ha rus fokus pada perusahaan yang orang
dan nilainya serupa dengan milik kita
b. Sikap terhadap risiko: Apakah kita harus fokus pada pelanggan yang suka mengambil
risiko atau menghadapi risiko
c. Loyalitas: Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang menunjukkan loyalitas
tinggi pada pemasok mereka
Dasar untuk segmentasi Pasar Internasional:
1. Segmentasi Geografi
Mengelompokkan negara menurut regional
2. Faktor-faktor Ekonomi
Mengelompokkan negara menurut tingkat pendapatan penduduk atau menurut tingkat
perkembangan ekonomi secara keseluruhan
3. Faktor-faktor Politik dan Peraturan
Mengelompokkan negara menurut tipe dan stabilitas pemerintahan, penerimaan terhadap
perusahaan asing, peraturan moneter dan jumlah produksi.
4. Faktor-faktor Budaya
Mengelompokkan negara menurut bahasa, agama, nilai- nilai dan sikap, kebiasaan serta
pola tingkah laku bersama.
Selain keempat faktor tersebut, menentuan segmen di pasar internasional juga didasarkan
pada pendekatan yang berbeda, yaitu segmentasi antarpasar: membentuk segmen pelanggan
yang mempunyai kesamaan kebutuhan dan tingkah laku, walaupun mereka berada di negara
yang berbeda.
Persyaratan segmentasi yang efektif:
1. Dapat diukur: Ukuran, daya beli dan profil segmen dapat diukur
2. Dapat dijangkau: Segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif
3. Cukup besar: Segmen pasarnya besar atau cukup memberi laba, bila dilayani
4. Dapat dibedakan: Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan
tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan program-program bauran
pemasaran yang berbeda.
5. Dapat dilaksanakan: Program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani
segmen tersebut,
Category:
Manajemen Pemasaran
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar