Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Balanced Score Card


Balanced Scorecard merupakan alat manajemen kontemporer untuk menilai kinerja eksekutif perusahaan yang mencakup keuangan, pelanggan, proses bisnis, pembelajaran dan pertumbuhan.
Balanced Scorecard mengukur kinerja eksekutif perusahaan didalam empat aspek organisasi yang saling menunjang satu dengan yang lainnya, yaitu aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis dan pembelajaran dan pertumbuhan.
Empat Aspek dalam Balanced Scorecard
n  Keuangan
Aspek keuangan adalah ukuran kinerja manajemen yang terkait dengan hasil tertinggi  yang dapat diberikan kepada pemegang saham perusahaan yang mencakup: return on investment, assets turnover,revenue mix, dan berkurangnya biaya secara signifikan.
n  Pelanggan
Aspek pelanggan yaitu ukuran kinerja manajemen yang terkait dengan upaya untuk terus meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan termasuk pangsa pasarnya, yang mencakup jumlah pelanggan baru, jumlah costumer dan non customer, kecepatan layanan pelanggan.
n  Proses Bisnis
Aspek proses bisnis yaitu ukuran kinerja manajemen yang memfokuskan perhatian pada proses bisnis internal yang mendorong bisnis perusahaan. Yang mencakup cycle time, cycle delivery, cycle effectiveness.
n  Pembelajaran dan pertumbuhan
Aspek pembelajaran dan pertumbuhan adalah ukuran kinerja manajemen untuk menilai seluruh upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang dimiliki perusahaan dan infrastruktur pendukungnya yang mencakup skill coverege, quality work life index
Manajemen Strategi
Manajemen strategi adalah suatu proses yang digunakan oleh manajemen dan karyawan untuk merumuskan dan menimplementasikan strategi dalam penyediaan costumer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi atau perusahaan.
Didalam manajemen strategi, pembangunan masa depan perusahaan dibagi menjadi dua tahap pekerjaan yakni:
  1. Mental Creation atau pembangunan mental yang dilakukan melalui empat tahap yakni: meliputi perumusan strategi, perencanaan strategis, penyusunan program dan penyusunan anggaran
  2. Physical Creation adalah aktivitas fisik yang mencakup dua tahap, yaitu implementasi (implementation) dan pemantauan (monitoring)
BSC sebagai alat manajemen strategi
Sebagai alat perencanaan manajemen strategi, bsc dipergunakan sebagai indikator dari seluruh perencanaan beserta realisasi aktivitas usaha sebuah organisasi. BSC sebagai alat perencanaan manajemen strategik harus mampu menjawab empat pertanyaan utama yang berkaitan dengan aktivitas utama perusahan tersebut, yakni sebagai berikut:
  1. Bagaimana pandangan para pelanggan terhadap perusahaan? (perspektif pelanggan)
  2. Proses bisnis apa yang harus dilakukan ditingkatkan atau diperbaiki perusahaan? (perspektif proses bisnis internal)
  3. Apakah perusahaan dapat melakukan perbaikan dan menciptakan nilai secara berkesinambungan? (perspektif pertumbuhan dan pembelajaran)
  4. Bagaimana penampilan perusahaan dimata para pemegang saham? (perspektif keuangan)
Seluruh proses manajemen strategi dengan menggunakan BSC sebagai landasan pemikiran, dibagi menjadi dua aktivitas:
  1. Aktivitas yang berpusat pada proses, dan
Aktivitas yang berpusat pada manusia 

0 komentar:

Posting Komentar