Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Manfaat dan Tujuan ajaib dari berkebun



 Anda stress? Pusing? Cobalah meluangkan waktu untuk berkebun. Penelitian membuktikan bahwa berkebun bisa mengatasi kedua masalah itu. Selain itu, berikut beberapa manfaat lain yang bisa anda dapatkan :

Menguatkan tulang
Peneliti dari University of Arkansas menemukan, kerja sedang di kebun (seperti mendorong mesin pemotong rumput, mencabut gulma dll)mempunyai manfaat yangsama dengan angkat beban dalam meningkatkan kepadatan tulang. Kepadatan tulang tinggi merupakan kunci utama mencegah osteoporosis.

Kurangi resiko pentakit jantung
Pada tahun 2000, peneliti dari Denmark melaporkan bahwa aktivitas sedang seperti berkebun bisa menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Cobalah berkebun paling tidak 30 menit sehari.


Segarkan fikiran.
Melatih fikiran dan tubuh telah terbukti bisa mengurangi resiko kepikunan. Anda bisa mendapatkan kedua manfaat ini dengan berkebun. Berkebun, terang neuropsychologist Paul Nussbaum, merupakan latihan mental yang memerlukan perencanaan dan tinjauan ke masa depan serta mendorong pembelajaran.

Cegah diabetes.
Sebuah studi dari Belanda menemukan, tukang kebun cenderung memiliki kadar gula darah lebih rendah. Selain itu, studi dari University of Alabama menemukan, pasien diabetes tipe 2 yang aktif, termasuk mereka yang berkebun secara teratur, memerlukan waktu lebih sedikit obat atau tidak memerlukan sama sekali.

Bakar Kalori.
Seorang dengan berat badan 75 kg membakar 162 kalori dengan cara memangkas tanaman, menggali atau mencabut gulma selama 30 menit. Anak-anak juga mendapatkan manfaat yang sama. Sebuah studi pada 2003 menemukan, aktivitas yang tidak kompetitif seperti berkebun memancing anak-anak menjauhi aktivitas bermalas-malasan. 

0 komentar:

Poskan Komentar