Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

manfaat dan fungsi makanan mentah


Maksimalkan Manfaat Enam Makanan Mentah

Memasak bahan makanan, baik itu digoreng, dipanggang ataupun dikukus dapat mengurangi berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Ada beberapa jenis makanan yang bila dimakan dalam keadaan mentah justru memiliki nilai nutrisi lebih yang baik bagi kesehatan ketimbang yang telah diolah. Berikut beberapa diantaranya

·         Kacang Mentah melindungi Jantung
Kacang mentah mengandung lemak sehat yang penting bagi tubuh. Juga, membantu menurunkan LDL (low-Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam darah. Kacang mentah dapat menurunkan resiko pembekuan darah dan menyehatkan lapisan arteri. Apabila kacang dipanggang pada suhu lebih dari 170 derajat, semua lemak tersebut dapat pecah dan berbuah menjadi radikal bebas yang bersifat kebalikannya yakni menyerang sel sehat dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.


·         Brokoli mentah melawan kanker
Saat memakan brokoli mentah, kegiatan mengunyahnya dapat membantu enzim yang terdapat pada dinding sel tubuh bernama myrosinase yang meningkatkan kemampuan hati untuk mendetoksifikasi karsinogen, adapuun brokoli matang justru akan mematikan enzim tersebut. Orang yang memakan brokoli masak hanya akan memperoleh sepertiga manfaatnya.

·         Bawang Putih Mentah Melindungi DNA
Menguyah bawang putih mentah akan menghasilkan zat pelindung DNA yang bernama alicin. Namun bila bawang dimasak, meski hanya 1 menit, akan kehilangan zat pelindung itu. Dan, bila dimakan matang, anda tak akan mendapatkan kandungan zat alicin tersebut.

·         Jus Mentah kaya Vitamin
Tak ada minuman yang lebih menyehatkan daripada jus buah dan sayur segar. Bila anda membeli jus olahan di supermarket, buahnya pasti sudah mengalami pasteurisasi. Tidak hanya akan membunuh bakteri dan mengawetkan, tetapi proses pasteurisasi juga akan menghancurkan banyak vitamin, mineral dan enzim. Jus dalam kemasan terkadang juga telah ditambahkan bahan kimia, gula dan bahan-bahan yang tidak sehat lainnya.

·         Garam mentah jaya mineral
Garam mentah mengandung kandungan mineral yang penting bagi kesehatan. Adapun garam yang telah diolah, biasanya telah dipanaskan dengan suhu tinggi dan ditambahkan dengan bahan kimia. Pilihlan produk garam mentah yang memiliki kandungan mineral yang baik bagi keseimbangan tubuh. Namun, memang ada juga garam kemasan yang tidak sehat karena telah dicampur dengan banyak sodium.

·         Cokelat mentah sebagai makanan bagi otak
Cokelat mentah atau kakao mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamin dan mineral yang meningkatkan kinerja neurotransmintter pada otak dan bahan kimia nabati yang mengaktifkan emosi serta suasana hati yang baik. Maka itu, tak mengherankan bila cokelat sangat disukai. Sementara itu, cokelat yang telah dimasak, seperti yang biasa Anda temui pada produk cokelat batangan dan kue atau roti, telah kehilangan banyak nilai gizinya. Ketika minyak dan lemak pada kacang kakao dipanaskan, mereka bahkan bisa menjadi racun. Cokelat yang telah dicampur dengan bahan lainnya seperti gula dan susu sebenarnya hanya memiliki sedikit kandungan gizi. Maka itu, daripada memberikan hadiah cokelat kepada orang terkasih, mengapa kita tidak membuat cokelat sehat ala kita sendiri??
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar