Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Manfaat dan Fungsi Biogas dalam rumah tangga


Biogas yang Penuh Manfaat... Energi rumah tangga 
Sukamti (37) kini tak perlu lagi membeli isi ulang gas untuk menyalakan kompornya di dapur. Berkat kotoran dari sapi yang diternak di belakang rumahnya, kebutuhan gas untuk menyalakan kompor di rumahnya dapat terpenuhi setiap hari.
Tak hanya itu, limbah cair dari kotoran sapi yang diproses menjadi biogas itu dapat digunakan untuk pupuk organik. "Lumayan sejak mengolah biogas dari kotoran sapi ini. Kebutuhan bahan bakar dan pupuk dapat terpenuhi semuanya dari hasil pengolahan kotoran sapi itu menjadi biogas," jelasnya, Kamis (27/7).
Namun, daur ulang kotoran ternak menjadi biogas yang menghasilkan manfaat cukup banyak ini baru dijalankan oleh Slamet Supriyadi (43) dan istrinya, Sukamti, dari seluruh petani di Kabupaten Purworejo. Untuk pertama kalinya Slamet mengaku mengenal teknologi pengolahan kotoran sapi menjadi biogas ini dari seorang petani di Kulon Progo, DI Yogyakarta.
Dengan bantuan sejumlah lembaga swadaya masyarakat di Purworejo yang peduli terhadap pertanian, Slamet dapat mempelajari dan membangun sistem pengolahan kotoran sapi menjadi biogas. Meski untuk itu, ongkos yang dikeluarkan mencapai Rp 9 juta lebih. Dan sistem pengolahan biogas itu ia bangun di belakang rumahnya, berdekatan dengan kandang sapi.
Di bawah tanah seluas lebih dari 40 meter persegi, dibangun dua ruang berbentuk mangkuk terbalik. Ruang pertama dipergunakan sebagai ruang penampungan kotoran sapi dan ruang kedua dipergunakan sebagai ruang kontrol volume kotoran sapi dan volume limbah cair yang dihasilkan.
Slamet menjelaskan, setiap hari ruang penampungan kotoran sapi itu dapat menampung kotoran sapi sebanyak apa pun. Hal ini karena sistem pengolahan biogas dari kotoran sapi ini dibangun dengan sistem saling berhubungan antara ruang penampungan dengan ruang kontrol.

"Kalau sampai terjadi kelebihan volume, kotoran sapi itu akan mengalir ke ruang pengontrol. Dari situ ketahuan kalau volume di ruang penampung sudah penuh," ungkapnya.
Dari hasil pengolahan biogas ini, Slamet memang dapat mempergunakan limbah kotoran ternak semaksimal mungkin. Apalagi semua limbah organis dari rumah tangga juga dapat dimasukkan ke dalam pengolahan biogas ini.
Ia mengatakan, pengolahan biogas dari kotoran sapi ini sepenuhnya menguntungkan petani. Selain memberikan energi rumah tangga secara gratis, dapat memperoleh pupuk sekaligus. (Madina Nusrat)  

0 komentar:

Poskan Komentar